Connect with us

Hi, what are you looking for?

Film

Review: Film GIRL Kisah Gadis Transgender Menggapai Mimpi Menjadi Ballerina

Review: Film GIRL Kisah Gadis Transgender Menggapai Mimpi Menjadi Ballerina

Terakhir diperbarui 15 Mei, 2022

FILM GIRL MENCARI JATI DIRI UNTUK MENJADI GADIS YANG SESUNGGUHNYA DENGAN MENJADI SEORANG BALLERINA, ADALAH PERJUANGAN YANG HARUS DILALUI.

Jakarta, Layar.id – Film Girl adalah fitur film pertama dari sutradara Flemish, Lukas Dhont memberi kesempatan pada bintang Victor Polster.

Film ini adalah arahan dari sutradara Lukas Dhont merupakan debut film tentang perjuangan emosional dan fisik seorang gadis transgender muda di puncak transformasi.

Film ini mengangkat kisah perjuangan dan mungkin bisa disebut sebagai ‘pelarian’ dalam mencari jati diri dari seorang gadis transgender untuk menjadi ballerina.

PLOT CERITA

Review: Film GIRL Kisah Gadis Transgender Menggapai Mimpi Menjadi Ballerina

Lara, adalah seorang gadis remaja yang sedang mempersiapkan untuk merayakan ulang tahun sebagai kunci yang akan menandai transformasinya.

Lara bermimpi menari dalam sebuah opera, dan dia bersedia melakukan segala jenis pertarungan yang diperlukan untuk mewujudkan mimpinya.

Dia melatih tubuhnya, membuatnya lebih luwes, menghukumnya dan mencoba yang terbaik untuk membuatnya bisa meliuk-liuk membungkuk.

Tapi dia merasa bahwa tubuhnya adalah musuhnya. Karena, Lara terlahir sebagai laki-laki.

Sehari-hari ia melakukan latihan – ia terus berjuang untuk menjadi seorang penari, dan menjalani proses perjuangan menjadi seorang wanita muda. Ia berada di titik awal untuk memulai perawatannya.

Review: Film GIRL Kisah Gadis Transgender Menggapai Mimpi Menjadi Ballerina

Tetapi belajar bagaimana menari di pointe adalah sebuah jalan panjang yang harus ditempuhnya.

Ia merasakan itu seperti sebuah cobaan yang panjang dan melelahkan, apalagi untuk mengubah tubuh seseorang.

Selama masa transisi ini, Lara didukung oleh ayahnya yang sangat menyayangi dan penuh perhatian, dan diawasi oleh tim medis yang siap dipanggil dan yang benar-benar peduli tentang kesehatannya.

Dia telah bergabung dengan sekolah tari yang sangat menuntut, di mana staf pengajar sepenuhnya menerima dan mendukung impiannya untuk masa depan.

PESAN MORAL

Review: Film GIRL Kisah Gadis Transgender Menggapai Mimpi Menjadi Ballerina

Perjuangan Lara untuk mewujudkan impiannya tentu patut menjadi contoh bagi generasi muda saat ini.

Ia memilih untuk berkonsentrasi menumbuhkan potensinya, bukan memikirkan hambatan eksternal yang mungkin menghalangi transisi Lara.

Ia melakukan perjalanan pribadinya sendiri.

Lukas Dhont lebih memilih untuk secara berani dan bergerak memeriksa siksaan batin yang menghantui Lara.

Bukan berfokus pada apa yang menghambat transformasi Lara, atau tatapan orang-orang di sekitarnya.

Lukas justru lebih fokus pada bagaimana Lara melalui rasa sakit psikologis yang ditimbulkan oleh pertarungan tangan-ke-tangan melawan dirinya sendiri.

Di sini, hanya waktu yang menjadi kendala – tetapi betapa sulitnya hal itu.

Bagaimana, Lara bertumbuh menjadi seorang remaja? Dapatkah ia menerima prospek perubahannya secara bertahap meski sangat lambat, bahkan tampak tak pernah dapat dicapai?

NARASI YANG LUAS

Review: Film GIRL Kisah Gadis Transgender Menggapai Mimpi Menjadi Ballerina

Ini semua sangat relevan, karena film ini menuturkan kehidupan keluarga yang harmonis, di mana ada ambisi wanita muda dan masa depannya sebagai penari.

Namun ketika kisah ini berkembang, karena pelatihan menjadi lebih ketat, dan ketika tubuh Lara mulai semakin menderita, seperti halnya kakinya yang tersiksa, film inipun semakin menohok.

Justru ini adalah salah satu kekuatan utama film tersebut, karena memberikan narasi yang sangat luas.

Lara memiliki dorongan kuat untuk memaksa setetes stamina terakhir dari tubuh laki-lakinya, tidak hanya dengan membuatnya lebih feminin.

Review: Film GIRL Kisah Gadis Transgender Menggapai Mimpi Menjadi Ballerina

Tetapi di atas itu, dia ingin mengubahnya menjadi tubuh wanita sesungguhnya – sebagai balerina.

Jelas, Dhont menemukan permata langka untuk menemukan pemeran yang bisa membawakan film itu.

Dia memiliki keberuntungan yang luar biasa sampai akhirnya bertemu dengan Victor Polster.

Pria muda ini, seorang siswa tari, yang meniupkan hidup ke dalam karakter Lara dengan hasrat lembut, menawarkan ekspresi bercahaya.

Dia adalah detak jantung dari film ini, di hampir setiap bidikan, dan dibantu dengan tekun oleh pertunjukan langsung yang diarahkan oleh Arieh Worthalter sebagai ayahnya.

Topik yang sangat sensasional, dan menyertai perjalanan pribadi seorang wanita transgender muda yang berangkat mencari tubuhnya dengan empati yang mencengangkan.

FILM PRODUKSI TERAKHIR

Review: Film GIRL Kisah Gadis Transgender Menggapai Mimpi Menjadi Ballerina

Girl ini akan menjadi film terakhir yang dipentaskan oleh Dirk Impens dan Menuet, karena ia telah mengumumkan keinginannya untuk berhenti berproduksi.

Setelah memfasilitasi munculnya bakat seperti Felix Van Groeningen dan Lukas Dhont.

Film ini diproduksi bersama oleh Frakas Productions di Belgia dan oleh Topkapi di Belanda. Kemudian dijual ke luar negeri oleh The Match Factory, dan akan diluncurkan di Belgia pada musim gugur dan di Prancis pada 10 Oktober.

Film ini diarahkan oleh Sutradara: Lukas Dhont bersama dengan Victor Polster, Arieh Worthalter, Oliver Bodart, Tijmen Govaerts, Katelijne Damen, Valentijn Dhaenens.

Ini adalah kisah Girl [+], yang menjadi fitur debut filmnya Lukas Dhont dari Belgia, yang baru saja diresmikan dalam program Un Certain Regard yang kompetitif di Festival Film Cannes ke-71.

Rumah produksi dari film Girl ini adalah Menuet, Frakas Productions, dan Topkapi Films.

Para pemeran yang membintangi adalah Victor Polster, Arieh Worthalter, Oliver Bodart, Tijmen Govaerts, Katelijne Damen, Valentijn Dhaenens, Magali Elali, dan Alice de Broqueville.

Bertindak sebagai penulis naskah skenario adalah Lukas Dhont, dan Angelo Tijssens. Dibantu dengan produser adalah Dirk Impens.

Supaya tidak penasaran, film ini bisa disimak di Netflix, dan trailernya ada di layar.id

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi layar.id.
Advertisement
Advertisement
Advertisement

Baca Juga

Film Barat

Layar.id – Netflix siap luncurkan film komedi keluarga meksiko, Down The Rabbit Hole, bulan Mei 2024. Film ini mengisahkan anak berusia 10 tahun, Tochtli...

TV Series

Layar.id – A Man in Full menjadi salah satu serial barat yang rilis di Netflix bulan Mei 2024. serial ini menceritakan tentang seorang pengusaha...

Film Jepang

Layar.id – City Hunter merupakan manga ciptaan Tsukasa Hojo yang menjadi bagian budaya populer dekade 80 hingga 90-an silam. Manga ini terjual lebih dari...

TV Series

Layar.id – Serial Anna Karenina sangat dinantikan tayangannya di tahun 2024 ini. Kabar baik, Netflix telah mengumumkan jadwal tayangnya. Serial ini tampilkan kisah cinta...