Connect with us

Hi, what are you looking for?

Film

No One Killed Jessica Berdasarkan Kisah Nyata

poster no one killed jessica
(foto: UTV Spotboy)

Last updated on 31 Oktober, 2021

Jakarta, Layar.id – “No One Killed Jessica”, adalah sebuah film yang menghibur sekaligus ‘memukul’ dengan keras dan amat memabukkan.

Dibuat dengan budget rendah namun dibintangi oleh dua aktris besar Bollywood, yaitu Vidya Balan dan Rani Mukherjee.

Film ini berdasarkan sebuah kisah nyata, tentang kasus pembunuhan Jessica Lal yang amat menggemparkan dunia.

Sutradara Rajkumar Gupta yang yang piawai dengan filmnya “Aamir”, terinspirasi oleh kasus Jessica yang menjadi headline koran nasional India dan mengangkatnya menjadi film.

Dia yakin persidangan mengenai kasus itu adalah sebuah kejadian penting untuk India di masa modern ini.

Ditambah lagi dengan keteguhan masyarakat yang menginginkan keadilan bagi Jessica yang ditembak mati oleh putra seorang politisi kaya.

Dan film arahan sutradara Rajkumar Gupta ini menjadi sebuah interpretasi dramatis dari keseluruhan kasus Jessica Lal.

KARAKTER

Rani Mukherjee sebagai Meera

Rani Mukherjee

Rani Mukherjee memerankan seorang reporter penuh hasrat bernama Meera dalam film tersebut.

Sementara Vidya Balan memerankan Sabrina, kakak Jessica, yang terus berjuang mencari keadilan bagi adiknya yang tewas tanpa kenal lelah.

Sedangkan Myra Karn memerankan tokoh utama dalam cerita film ini, yaitu Jessica Lal.

Neil Bhoopalam memerankan Vikram Jai Singh, teman kerja Jessica, sekaligus saksi mata.

Rajesh Sharma memerankan N.K. seorang petugas kepolisian. Sedangkan Mohammed Zeeshan Ayyub memerankan karakter Manish Bharadwaj.

Baca Juga : THE BIG SICK – Kisah Cinta Sejati di Balik Film Oscar-Nominated Tayang di Amazon

SINOPSIS

Vidya Balan

Vidya Balan

Adalah Jessica Lal (Myra Karn) tewas terbunuh dengan luka tembakan saat dia bekerja di Manali Guest House sebagai bartender.

Sabrina Lal (Vidya Balan) kakak kandung Jessica mengunjungi rumah sakit dan bertemu dengan Vikram Jai Singh (Neil Bhoopalam) teman kerja Jessica. Vikram menjadi saksi mata kasus penembakan tersebut.

Petugas Polisi Sabrian dan N.K. (Rajesh Sharma) berusaha meminta keterangan Vikram.

Sebelumnya, Manish Bharadwaj (Mohammed Zeeshan Ayyub) dan kedua temannya meminta minuman kepada Jessica dan Vikram, tetapi mereka berdua tidak ingin memberinya sehingga membuat Manish marah.

Dia menembakkan peringatan lalu menembak Jessica.

Meera (Rani Mukerji) seorang jurnalis telah selesai meliput pertempuran yang terjadi di daerah Tiger Hill selama satu setengah bulan lamanya dan dia kembali menuju Delhi.

Di dalam pesawat dia membaca koran berita mengenai pembunuhan Jessica.

Pramod Bhardwaj  menteri Kabinet Haryana mulai risau atas pembunuhan yang dilakukan anaknya dan istrinya meminta kepada Pramod agar melakukan apapun untuk menyelamatkan Manish.

Gaurav meminta Meera untuk meliput berita mengenai kematian Jessica. Hanya saja dia menolak sebab dia menganggap kasus tersebut akan tuntas.

Di hari berikutnya berita Manish menyerahkan diri menyebar, sementara ayahnya mengatakan kepada para jurnalis bahwa ada yang menjebak Manish.

Dalam persidangan Manish pun mengaku dia telah menembak sebanyak dua kali menggunakan pistol caliber 22, Bareta Italia.

Dia memperoleh senjata tersebut empat bulan lalu di Ambala. Setelah melakukan penembakan, Manish kabur menggunakan ojek lalu menguburkan senjata tersebut tidak jauh dari tempat kejadian.

Based on True Story NO ONE KILLED JESSICA Tayang di Netflix

Hingga tiba akhirnya Vikram muncul sebagai saksi akan tetapi dia menyampaikan keterangan yang berbeda.

Dia menjelaskan bahwa Manish dan keduanya bukan pelakunya, bahkan mengkau tidak bisa berbicara Hindi yang membuat kesal N.K. atas kebohongan Vikram.

Sampai tahun 2006 persidangan kematian Jessica terus berlanjut dan hakim memutuskan Manish dan kedua rekannya tidak terbukti bersalah sehingga membuat keluarga Jessica merasa terpukul.

Kejadian berdampak buruk bagi keluarga bagi Jessica, Ibu Jessica mengalami depresi lalu meninggal.

Baca juga: Kisah Pelacur Yang Memperjuangkan Kebebasan Di Film Begum Jaan

LANJUTAN SINOPSIS – BERITA MENCUAT KEMBALI

Sementara itu, Meera sang jurnalis menerima berita mengenai kasus pembunuhan Jessica yang belum tuntas.

Sehingga dia bekerja sama dengan Aditi rekannya memutuskan untuk mengangkat berita pembunuhan tersebut.

Aditi menemui Vikram dan memintanya berbicara dialog bahasa Hindi untuk membuktikan pada publik bahwa Vikram bisa berbicara bahasa Hindi dan telah berbohong di persidangan. Hal ini disiarkan langsung di televisi.

Setelah Vikram saksi berikutnya Pak Shankar, mereka menyiarkan pembicaraan dengan Pak Shankar yang mengatakan bahwa dia merasa takut karena ancaman.

N.K yang melihat pemberitaan tersebut di TV mengirimkan rekaman saat dia menginterogasi Manish.

Pemeran No One Killed Jessica

Hari demi hari pemberitaan pembunuhan Jessica diangkat dan Meera menjelaskan kepada publik bahwa kasus ini memiliki tanda tanya besar sebab keadilan tidak ditegakkan dengan benar dalam kasus pembunuhan Jessica.

Uang dan kekuasaan sangat instrumental dalam membeli kebenaran dan mempengaruhi barang bukti.

Kasus ini layak untuk dibuka kembali dan keadilan harus ditegakkan. Para masyarakat India pun merasa simpatik dan menghubungi  Meera.

Beberapa hari kemudian Meera mendapatkan surat dari Pengadilan Tertinggi yang akan mengeluarkan pernyataannya besok. Mereka menyatakan peringatan ‘Suo Moto’ kepada Polisi untuk mencari penjelasan kenapa terdakwa bebas.

Beberapa hari kemudian setelah aksi tersebut, Meera bersama dengan pimpinannya menemui Presiden, hingga akhirnya Pengadilan membuka kembali kasus tersebut.

Pada akhirnya, Pengadilan memutuskan Manish Bhardwaj  bersalah dan mendapat hukuman penjara seumur hidup. Vishal dan Lucky pun mendapat hukuman 4 tahun.

Baca Juga : BADHAAI HO – Bagaimana Tentang Menyayangi Ibu Dalam Berbagai Situasi

FILM GARAPAN SUTRADARA GUPTA

Based on True Story NO ONE KILLED JESSICA Tayang di Netflix

Ini adalah drama yang berdasarkan pada kisah nyata pembunuhan seorang model berusia 23 tahun di New Delhi pada tahun 1999.

Dalam drama ini, pembuat film-penulis Raj Kumar Gupta menggambarkan perbedaan yang mendalam antara kelas-kelas di ibu kota India.

Ia juga membuat cerita yang menarik tentang kekuatan suara publik untuk membawa seorang pembunuh ke pengadilan yang sesungguhnya.

Film pertama Gupta, “Aamir” (2008), membentuk kekuatannya dalam genre film thriller kontemporer.

Meskipun putusan akhir dari kasus pembunuhan Jessica sekarang adalah pengetahuan publik, ia dengan terampil mempertahankan suasana ketegangan.

Membuat “No One Killed Jessica” menggambarkan dengan tajam apa yang salah – dan benar – di dalam kehidupan masyarakat India kontemporer.

Jadi, kesimpulannya adalah bahwa film ini layak untuk disimak di Netflix.

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi layar.id.
Advertisement
Advertisement

Baca Juga

Film

Jakarta, Layar.id – Emergency Declaration adalah proyek garapan Han Jae Rim, sebuah film bencana ketika ancaman teroris dilakukan terhadap penerbangan yang rilis perdana pada...

Berita Hiburan

Layar.id – Idol group Girls’ Generation atau dikenal juga dengan nama SNSD secara resmi merilis mini album baru mereka pada Jumat (5/8). Para SONE...

Film

Layar.id – Sebuah film animasi yang menggunakan latar waktu masa lampau di daerah perdalaman. Pada masa itu,,  raja dan ratu memberi perintah pada pelaut...

Disney+

Layar.id – Serial yang sudah heboh sejak trailernya muncul di berbagai media. Yang Hilang dalam Cinta merupakan tontonan menarik yang tersedia di Disney+ Hotstar,...