Connect with us

Hi, what are you looking for?

Film

The Damned United, Kisah Sial Pelatih Legendaris

Michael Sheen di The Damned United
Michael Sheen di The Damned United | foto: Left Bank Pictures

Layar.id – Penggemar sepakbola khususnya Liga Inggris tentu tidak asing dengan sosok Brian Clough. Pelatih legendaris yang berhasil membawa Nottingham Forest berjaya di Eropa pada akhir tahun 1970an merupakan salah satu pelatih ternama pada masanya. Bahkan, hingga saat ini sosok Clough masih dipandang sangat tinggi. Tidak hanya di Nottingham, tapi juga Inggris secara keseluruhan. Bahkan ia mendapat julukan ‘Pelatih Terhebat Yang Tidak Pernah Melatih Inggris’.

Kehebatan sosok Clough sendiri membuat ia diabadikan dalam sebuah novel berjudul The Damned United yang rilis pada 2006 karangan David Peace. Bukan tentang keberhasilannya, novel ini lebih bercerita tentang karir singkat Clough sebagai pelatih Leeds United. Ia hanya bertahan di klub tersebut selama 44 hari. Menurut Peace, novel karangannya itu mengundang kemarahan dari keluarga sang pelatih. Kemudian, dari kesuksesan novel tersebut berujung ke adaptasi layar lebar dengan judul sama.

Baca juga: Peran Dwayne Johnson Terbaik Versi Layar

Aktor asal Wales, Michael Sheen, menjadi nama yang memerankan Clough. Ada juga aktor ternama Timothy Spall, yang memerankan Wormtail pada serial Harry Potter, bermain sebagai Peter Taylor, asisten Clough di berbagai klub. Meskipun banyak mendapat dukungan sebagai film olahraga terbaik sepanjang masa, baik sutradara film maupun Peace tetap tidak bisa memenangkan hati keluarga Clough.

Sinopsis The Damned United

Alur film ini berpusat pada rivalitas Clough, yang saat itu melatih Derby County, dan Don Revie, pelatih Leeds. Hubungan antara Clough dan Revie tidak berjalan baik. Itu karena kritik pedas Clough atas gaya permainan Revie yang buruk ketika Derby bertemu Leeds di putaran ketiga Piala FA tahun 1968. Dari situlah rivalitas antara dua pelatih nih ini berawal.

Timothy Spall & Michael Sheen di The Damned United

Timothy Spall & Michael Sheen di The Damned United | foto: The Independent

Clough sendiri kemudian menggantikan Revie di Leeds, karena Revie memilih melatih tim nasional Inggris. Cerita kemudian berlanjut dengan perjalanan Clough di tim barunya di Elland Road. Dari keputusannya itulah yang kemudian membuat kisah naik-turun kepelatihannya bermula. Ada banyak intrik dari orang-orang yang setia pada Revie untuk membuat Clough gagal di Leeds. Pada momennya di Leeds inilah ia berpisah dengan Taylor yang memilih untuk melatih Brighton di divisi baeah

Bumbu pada alur cerita yang sangat menarik karena adanya flashback pada cerita tentang Clough dan Taylor. Diceritakan juga bagaimana mereka meraih kesuksesan pada karier di dunia sepakbola.

Baca juga: 5 Film Komedi Mark Wahlberg Dan Will Ferrell Terbaik

Puncak film ini adalah saat penonton melihat bahwa Revie gagal sebagai pelatih The Three Lions, dan setelah itu tidak pernah bekerja di sepakbola di negara asalnya lagi. Kemudian, Revie menghabiskan sisa karier dengan bekerja di Timur Tengah. Di sana, dia mendapat tuduhan atas kesalahan mengurus keuangan.

Sementara Clough dan Taylor bersatu kembali di klub kecil di Divisi II, Nottingham Forest. Mereka mengulangi pencapaian sebelumnya saat bersama Derby dengan membantu Nottingham promosi ke Divisi I (sekarang Premier League) dan kemudian memenangkan gelar. Meskipun lebih berfokus pada karirnya di Leeds, The Damned United membuktikan bahwa semua orang memiliki momen di bawah sebelum bisa sukses.

 

Sumber: Berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi layar.id.
Advertisement
Advertisement

Baca Juga

Film Barat

Layar.id– Film bertemakan journey atau perjalanan mencari arti hidup selalu menarik untuk disimak. Sayangnya, beberapa diantaranya lebih mengandalkan visual landscape yang indah dan megah...

Sinopsis

Jakarta, Layar.id – The Last Samurai merupakan film drama aksi yang dirilis pada 5 Desember 2003 dengan disutradarai Edward Zwick dengan penulis skenario John...

TV

Terakhir diperbarui 11 Mei, 2022 SEBUAH BENTUK PENGHORMATAN TERHADAP PERMINTAAN TERAKHIR PENULIS NOVEL TERRY PRATCHETT – MINISERI GOOD OMENS SEGERA DIPRODUKSI. Jakarta, Layar.id –...