Connect with us

Hi, what are you looking for?

Film

“Ngeri-ngeri Sedap” Wakili Indonesia dalam Oscar 2023

ngeri ngeri sedap
Film Ngeri-ngeri Sedap (sumber: Imajinari/Visionari Film Fund)

Jakarta, Layar.id – Kabar baik bagi pecinta film Tanah Air, karena sebuah karya anak bangsa terpilih mewakili Indonesia untuk seleksi Piala Oscar ke-95. Film garapan Bene Dion Rajagukguk, Ngeri-ngeri Sedap, terdaftar untuk kategori Film Fitur Internasional atau The International Featured Film.

Komite Seleksi Oscar Indonesia 2022 yang beranggotakan 9 orang, melakukan diskusi panjang untuk memutuskan utusan dalam Oscar.

Deddy Mizwar selaku ketua Komite, dengan anggota Zairin Zain, Armantono, Cesa David Luckmansyah, Garin Nugroho, Ilham Bintang, Niniek L Karim, Slamet Rahardjo dan Yadi Sugandi.

Meski tanpa kehadiran Garin Nugroho dan Yadi Sugandi, para juri secara aklamasi memutuskan untuk memilih film Ngeri-Ngeri Sedap mewakili Indonesia di Piala Oscar.

Film tersebut ditetapkan mewakili Indonesia untuk seleksi Piala Oscar ke-95 dalam kategori Film Fitur Internasional atau The International Featured Film.

Hingga saat ini, Ngeri-ngeri Sedap hanya tercatat sebagai penerima nominasi Festival Film Bandung (FFB).

Dalam FFB 2022, film ini menuai banyak ulasan positif dan masuk lima nominasi, termasuk Film Bioskop Terpuji.

Baca juga: Sinopsis Ngeri-Ngeri Sedap: Pengorbanan Pak Domu Agar Anaknya Pulang Kampung

Komite Seleksi Oscar Indonesia 2022

Komite Seleksi Oscar Indonesia 2022

Komite Oscar

Untuk menentukan pilihan yang akan mengikuti Oscar, Komite memutar film-film hasil seleksi secara khusus di Studio XXI Plaza Senayan. Pemutaran berlangsung Senin (12/9) kemarin dan berlanjut dengan diskusi antar anggota.

Ketua Komite Oscar, Deddy Mizwar, mengatakan bahwa ada berbagai persyaratan sebuah film untuk dapat mengikuti Oscar. Termasuk sudah pernah tayang di bioskop selama seminggu dan belasan persyaratan teknis lainnya.

“Inilah maksimal yang dihasilkan Komite Seleksi Oscar Indonesia, selebihnya mari kita mendoakan bersama semoga tahun ini film itu bisa berjaya di ajang Oscar,” kata Deddy Mizwar pada Selasa (13/9).

Sementara itu, produser Ngeri-Ngeri Sedap Dipa Andika belum bisa memberi komentar lanjutan terkait hal ini. Ia masih menunggu surat resmi dari Komite.

Baca juga: Sinopsis Film Noktah Merah Perkawinan: Rumitnya Rumah Tangga Gilang dan Ambarwati

cuplikan ngeri-ngeri sedap

Cuplikan Ngeri-ngeri Sedap (sumber: Imajinari/Visionari Film Fund)

Perwakilan Indonesia

Sebelum Ngeri-Ngeri Sedap, Indonesia juga pernah mengirim perwakilan untuk kategori Film Fitur Internasional di Oscar.

Itu adalah Nagabonar (1986), film garapan MT Risyaf yang menampilkan Deddy Mizwar dan Nurul Arifin.

Film Indonesia pertama yang dikirim ke Academy Awards ini terdaftar dalam kategori Best Foreign Language Film.

“Namun sejauh ini belum pernah berhasil memboyong pulang piala Oscar dari kompetisi yang diikuti film di seluruh dunia,” kata Ilham Bintang selaku anggota Komite dalam pernyataan mereka.

Meski Indonesia belum berhasil membawa pulang piala, kita berharap industri perfilman Indonesia menjadi lebih baik dan lebih mampu bersaing di kompetisi dunia.

 

 

Sumber : kompas.com, cnnindonesia.com

Foto       : berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi layar.id.
Advertisement
Advertisement

Baca Juga

TV Series

Layar.id – Kawin Tangan, series indonesia terbaru 2024, resmi tayang di We TV mulai 14 Juni 2024. Series ini hadirkan kisah permasalahan rumah tangga...

Film Indonesia

Layar.id – Ipar Adalah Maut merupakan film Indonesia terbaru yang tayang mulai Kamis, 13 Juni 2024, di bioskop. Film Ipar Adalah Maut dibintangi oleh...

Film Indonesia

Terakhir diperbarui 9 Juni, 2024 Layar.id – Film Teori Cakrawala karya sutradara Ivan Oche sudah tayang di bioskop seluruh Indonesia dan mendapatkan review yang...

Sinopsis

Terakhir diperbarui 9 Juni, 2024 Layar.id – Bangsatnya Cinta Pertama merupakan film Indonesia yang sudah tayang di bioskop – bioskop pada Kamis, 5 Oktober...