Connect with us

Hi, what are you looking for?

Film

Miky Lee, Tokoh Penting Dibalik Kesuksesan Film Korea

Miky Lee

Last updated on 3 Juni, 2022

Layar.id – Film asal Korea Selatan mendadak jadi sorotan dunia, setelah keberhasilan Parasite memboyong empat piala Oscar beberapa waktu lalu. Mungkin bagi sebagian orang, ini tampak seperti rezeki dadakan. Tetapi bila ditelusuri kembali, nyatanya ada sederetan tokoh yang berperan banyak dalam memajukan industri film Korea.

Salah satunya adalah Miky Lee, wakil direktur dari grup konglomerat CJ Group. Wanita yang bernama lengkap Mie Kyung Lee ini berhasil membawa Parasite di pasar global dan mengukir prestasi mengagumkan.

Baca: Ketika Lara Jean Harus Memilih dalam “To All The Boys 2”

Miky Lee bersama pemeran Parasite menerima Oscar 2020

MIKY LEE

Bicara tentang memajukan industri film, ini merupakan usaha bersama antara pegiat perfilman, pemerintah dan pengusaha.

Salah satu yang cukup menonjol adalah Miky Lee, seorang pengusaha yang punya peran kunci memajukan industri layar lebar di Korea Selatan. Diketahui bahwa ayah Miky Lee mendapat salah satu anak perusahaan Samsung dari kakeknya yang bernama Cheil Jedang (CJ).

Baca: Peduli Wabah Corona, Dara Arafah Ikut Karaoke Charity di JOOX

Gedung CJ Group

Dengan kerja kerasnya, CJ yang awalnya bergerak di bisnis bahan makanan mengembangkan sayap menjadi CJ Entertainment & Media. Ini menjadikannya sebagai pemilik jaringan bioskop pertama dan terbesar di Korea, yang kini sedang menyasar pasar global.

CNN bahkan menjuluki Miky Lee sebagai ‘The Godmother of Korean Cinema’, karena kontribusinya yang begitu besar. Ia membawahi sejumlah bisnis hiburan seperti studio film, layar sinema, produksi film dan drama layar kaca, industri musik, hingga kuliner.

Baca:  Petenis Jepang, Naomi Osaka, Jadi Subjek Dokumenter Baru di Netflix

Sutradara Parasite, Bong Joon-Ho

CJ

Dilansir dari Hollywood Reporter, pergeseran bidang usaha ke ranah media disebabkan Miky Lee adalah penggemar hiburan. Dia pun menyadari bahwa film atau musik yang diproduksi di negaranya, jarang menembus kancah internasional.

“Vice Chairman Miky Lee sendiri adalah penggemar berat film, TV, dan musik. Dia benar-benar seorang penggemar hiburan sejati yang telah menonton begitu banyak fim dan berhasil membawa gairah fanatik itu ke dunia bisnis,” ujar Bong Joon-Ho, sutradara Parasite.

Baca: “Snake White” – Film Cina dengan Genre Baru Meluas di AS

Miky Lee berada di CGV

Dengan kecintaan yang begitu besar terhadap industri ini, CJ Group terlibat dalam produksi, pembiayaan, perizinan, distribusi, pemeran, hingga penayangan film. Miky Lee berupaya menciptakan infrastruktur hiburan secara keseluruhan.

Di Indonesia sendiri, gurita bisnis Miky Lee cukup terkenal, yakni bioskop CGV dan toko roti Tous Le Jours. Benar-benar sosok yang menginspirasi yaa Pelayar.

 

Isi dan foto: berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi layar.id.

Baca Juga

Berita Hiburan

Jakarta, Layar.id  – Baru beberapa minggu yang lalu, presiden Lucasfilm Kathleen Kenndey mengkonfirmasi bahwa Star Wars akan rilis sekitar akhir tahun 2023. Namun, kabar...

Film

Jakarta, Layar.id – Anda tentu sudah tak asing dengan District 9, salah satu film fiksi ilmiah paling terkenal dalam dekade ini. Film rilisan tahun...

Berita Hiburan

Jakarta, Layar.id – Film waralaba aksi yang diproduksi secara lokal, The Roundup, terus merangkak naik di box office Korea Selatan. Dalam pekan kedua pemutarannya,...

Berita Hiburan

Jakarta, Layar.id – Beberapa drama Korea yang saat ini sedang berlangsung akan segera berakhir. Drama tersebut antara lain Our Blues, Love All Play, dan...