Connect with us

Film

Kritik Negatif Bikin Film “Mulan” Syuting Ulang

Poster film Mulan

Layar.id  –  Salah satu judul yang paling dinanti dari Disney adalah proyek live-action Mulan. Sejak perilisan teaser trailer perdana Mulan pada Juli lalu, banyak yang menyoroti ketidakakuratan sejarah yang diusung film tersebut.

Beragam kritik negatif yang diterima, bahkan sebelum film dirilis, jadi pertimbangan panjang rumah produksi. Syuting ulang menjadi langkah yang diambil studio untuk mengatasi persoalan ini.

Baca: “Earthquake Bird” – Film Barat-Asia Dibintangi Alicia Vikander

RESHOOT

Banyak yang menyebut bahwa cerita yang diusung Disney dalam Mulan, tidak sesuai dengan fakta sejarah yang ada. Untuk mengantisipasi gelombang negatif yang menggulung, studio pun mengambil langkah reshoot atau syuting ulang besar-besaran.

Adegan film Mulan

Laporan ini pertama kali muncul dari The DisInsider pada 18 Oktober lalu. Dalam laporan tersebut dijelaskan bahwa Mulan akan lakukan pengambilan gambar ulang secara besar-besaran, yang diperkirakan akan berlangsung selama berbulan-bulan.

Baca: Aktris 12M, Michelle Yeoh, Bakal Tampil di Film “Anak Badjo”

Sejak teaser dirilis pada Juli lalu, beragam tanggapan bermunculan. Sebagian penggemar tampak begitu antusias untuk proyek live-action ini, tetapi tidak dengan sebagian penggemar lainnya.

Mereka menganggap ketidakakuratan fakta sejarah dengan film, menyiratkan sikap tidak menghormati budaya Tiongkok.

Baca: Permintaan Peta Cina Dihapus dari Film “Abominable” Menggema

Bentuk tulou

MULAN

Sebagaimana diketahui, Mulan berlatar pada periode Dinasti Utara dan Selatan, yakni sekitar abad ke-5 Masehi. Karakter Mulan dikisahkan lahir di utara, akan tetapi teaser menampilkan Mulan lahir di sebuah rumah bundar yang disebut tulou.

Sedangkan sejarah menyebut bahwa tulou sendiri baru dikenal masyarakat Tiongkok saat Dinasti Ming, sekitar 1000 tahun kemudian.

Meski mendapat anggukan dari pengisi suara seri asli Mulan, Ming-Na Wen, penggemar sepertinya melihat absennya karakter Mulan di teaser tersebut.

Selain itu, kritik juga datang di segi musik. Bila live-action Disney umumnya mengadaptasi musik asli dengan dinyanyikan oleh pemeran yang terlibat, maka kebiasaan tersebut hilang di proyek ini.

Mulan live-action dan animasi

Baca: “Hush” – Film Netflix Pilihan Saat Halloween

FILM

Bila kita melihat mundur ke belakang, film Mulan awalnya direncanakan untuk rilis di tahun lalu. Akan tetapi, perilisan ditunda lebih dari satu setengah tahun, hingga ke 2020. Kesibukan studio dengan syuting ulang pun menimbulkan anggapan bahwa perilisan Mulan akan tertunda lagi.

Tetapi, itu masih spekulasi semata. Mengingat hingga kini belum ada informasi resmi dari pihak terkait, studio tampaknya tetap pada bidikan 27 Maret 2020.

Film live-action Mulan berada di bawah komando Niki Caro dengan dibintangi sederet artis peran Asia ternama. Ada Liu Yifei, Gong Li, Donnie Yen dan juga Jet Li.

 

Sumber: berbagai sumber
Foto: berbagai sumber

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Popular

Nicholas Saputra Dinobatkan Jadi Duta Unicef

Film

Aris Nugraha Gandeng Orang Sunda Asli dalam “Bike Boyz”

Film

Tak Diduga! “Midway” Berhasil Lampaui “Doctor Sleep”

Film

“Eggnoid” – Drama Adaptasi Webtoon Menuju Layar

Film

Advertisement
Connect
Newsletter Signup