Film

JIRO DREAMS OF SUSHI Film Dokumenter Jiro Ono Tayang Di Netflix

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

SENI MEMBUAT SUSHI BINTANG MICHELIN HADIR DALAM FILM DOKUMENTER GARAPAN DAVID GELB – JIRO DREAMS OF SUSHI SEGERA TAYANG DI NETFLIX.

Jakarta, Layar.id – Jiro Dreams of Sushi adalah kisah Jiro Ono yang berusia 85 tahun, yang dianggap oleh banyak orang sebagai koki sushi terbesar di dunia.

Dia adalah pemilik Sukiyabashi Jiro, restoran 10-kursi, yang menyajikan khusus sushi yang terletak di stasiun kereta bawah tanah Tokyo.

Terlepas dari penampilannya yang sederhana, restoran ini adalah restoran pertama yang mendapat penghargaan bergengsi bintang tiga Michelin Guide.

Dengan menjadi restoran Michelin, maka para pecinta sushi dari seluruh dunia melakukan ziarah (kunjungan) berulang.

Mereka pun menelepon beberapa bulan sebelumnya dan menghabiskan beberapa dolar untuk mendapatkan tempat duduk di Bar sushi Jiro.

Film ini sukses disutradarai dan ditulis naskahnya oleh David Gelb, dan dirilis pada 9 Maret 2012. Disajikan dalam durasi 81 menit, dan diproduksi oleh Magnolia Pictures.

MEDITASI BIJAKSANA

JIRO DREAMS OF SUSHI Film Dokumenter Jiro Ono Tayang Di Netflix

Jiro Dream of Sushi adalah meditasi yang bijaksana dan elegan dalam pekerjaan, keluarga, dan seni kesempurnaan.

Ini semua menandakan kehidupan Jiro sebagai kesuksesan yang tak tertandingi di dunia kuliner sekaligus sebagai ayah yang penuh kasih namun rumit.

Di jantung dari cerita ini adalah hubungan Jiro dengan putra sulungnya, Yoshikazu.

Ia adalah pewaris yang layak untuk melanjutkan restoran warisan Jiro.

Namun, yang tidak dapat hidup sesuai dengan potensi penuh dalam bayangan ayahnya.

FILM DOKUMENTER YANG MENGGIURKAN

JIRO DREAMS OF SUSHI Film Dokumenter Jiro Ono Tayang Di Netflix

Film dokumenter David Gelb yang menggiurkan ini membawa para penontonnya ke lantai bawah di stasiun metro Tokyo. Disitulah seorang masterchef berusia 85 tahun Jiro Ono diam-diam mengabdikan hidupnya untuk sebuah kesempurnaan sushi.

Jiro Dreams of Sushi adalah salah satu film terbaik yang datang dari Jepang.

Film lainnya yang juga datang langsung dari Jepang adalah Tampopo, “noodle western”. Ini adalah film terlucu yang pernah dibuat tentang makanan. Dimana Tampopo adalah satiris paean untuk ramen.

Jiro Dreams of Sushi adalah sebuah film dokumenter yang menarik tentang restoran bintang tiga Michelin di Tokyo, yang disebut Jiro.

Restoran ini menyajikan sushi berkualitas tinggi – dan hanya sushi berkualitas tinggi – yang dibanderol dengan harga mulai dari 30.000 yen (£ 210) untuk kursus mencicipi 20 potong.

Seorang kritikus makanan mengatakan bahwa, karena makanan dapat disantap hanya dalam seperempat jam, Jiro adalah restoran mewah paling mahal di dunia.

Namun dengan 10 kursi, kurangnya dekorasi dan lokasi yang aneh di koridor tanpa lampu neon dengan penerobos di bawah tangga di stasiun metro Ginza.

Jiro sama tidak bermedannya dengan master chef-nya, Jiro Ono yang berusia 85 tahun.

Selama 75 tahun tanpa gangguan, sejak sebelum pecahnya perang dunia kedua.

Setiap hari kecuali hari libur nasional dan kadang-kadang hari Minggu, Jiro menghabiskan seluruh waktunya untuk melakukan satu hal yaitu membuat sushi.

SEORANG AYAH YANG BERDEDIKASI

JIRO DREAMS OF SUSHI Film Dokumenter Jiro Ono Tayang Di Netflix

“Aku bukan ayah yang baik,” kata Jiro. “Lebih dari orang asing.”

Dedikasinya pada pekerjaannya dijamin akan membuat penonton film ini dan semua orang yang Anda kenal menjadi malu.

Dalam rezim Jiro, peserta magang – salah satunya adalah putra tertuanya Yoshi, yang pada usia 50 tahun dianggap masih terlalu hijau untuk mengambil alih bisnis keluarga. Maka Yoshi – harus menghabiskan 10 tahun belajar menggunakan pisau mereka sebelum mereka diizinkan memasak telur sekalipun.

Target? Untuk menjadi shokunin.

Shokunin adalah seorang pengrajin yang terampil, yang melakukan hal yang sama setiap hari ke tingkat tertinggi yang mungkin dalam pengejaran kesempurnaan yang tiada akhir.

PENTING SECARA HISTORIS

JIRO DREAMS OF SUSHI Film Dokumenter Jiro Ono Tayang Di Netflix

Dalam pembuatan film ini, diceritakan bahwa pembuat film bertemu dengan sekelompok orang yang terobsesi – pria beras, pria udang – yang pada akhirnya menuju ke inti dari film ini.

Yaitu juru lelang tuna besar dari pasar ikan Tsukiji.

Dengan pasar yang akan dipindahkan ke tempat baru tanpa jiwa, bagian film ini menjadi film dokumenter yang penting secara historis.

PEKERJAAN SPEKTAKULER GELB

JIRO DREAMS OF SUSHI Film Dokumenter Jiro Ono Tayang Di Netflix

Gelb melakukan pekerjaan yang spektakuler dalam menyajikan pengetahuan dan keterampilan Jiro yang mendalam.

Ia mengamati bagaimana Jiro pergi ke pasar untuk mencium ikan segar dan belajar bagaimana dia bekerja sama dengan penyedia ikan yang berbagi kesempurnaannya sendiri.

Pada saat penonton kagum terhadap Jiro, maka penonton pun akan diajak untuk merasakan frustrasi Yoshikazu, meskipun dia terlalu patuh sebagai seorang putra untuk mengekspresikannya.

Gelb memberikan gambar-gambar cantik dan proses lamban dari sushi yang sedang dipersiapkan.

Sebuah kuas meluncur memberi lapisan tipis minyak di atas gulungan yang dibuat dengan sempurna – yang membuat penonton berharap dapat merasakan layar.

Ini hampir seperti 3D untuk pecinta makanan.

Pada satu titik penonton belajar tentang kata Jepang umami.

Ini menandakan perasaan mengalami sesuatu yang sangat luar biasa indah sehingga secara refleks mengatakan “aaaaaahhhhhhhh.”

Dalam waktu kurang dari 82 menit, Gelb melukis potret yang tak terhapuskan dari seorang pria yang menjulang tinggi.

Mengungkapkan lapisan dalam keluarganya yang mempesona, dan menciptakan sebuah ode untuk salah satu gaya makanan hebat dunia.

Hasil akhirnya bukan hanya salah satu film terbaik tahun 2012, dokumenter atau fiksi, tetapi film yang layak untuk Jiro sendiri. Itu penuh dengan umami.

Well.., supaya tidak penasaran, simak dulu trailernya di layar.id dan nantikan penayangannya di Netflix pada 22 November mendatang.

COMMENT
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top