Film

Dua Wanita Dengan Ambisi Sama Di Dunia Masak JULIE AND JULIA Tayang Di Netflix

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
21

MENGUSUNG TEMA FEMINISME KISAH PERJUANGAN JULIE AND JULIA DI DUNIA MASAK LAYAK DISIMAK KAUM HAWA.

Jakarta, Layar.id – Julie and Julia adalah sebuah film manis ini yang akan membuat para penonton merasa kelaparan! Ini adalah sebuah sajian film yang sempurna untuk hari-hari yang dipenuhi hujan di bulan November.

Ketika semuanya terasa agak biru…, dan dingin, maka film ini akan menjadi sebuah tontonan apik bagi para penggemar film yang diadaptasi dari sebuah buku dengan judul yang sama.

Julie and Julia menceritakan dua orang dalam satu cerita secara bersamaan.

Dimulai dari Julia Childs saat dia belajar memasak di Paris, dan dari blogger Julie Powell, ketika dia beralih ke proyek memasak untuk mengubah hidupnya.

Menarik dan menyemangati, film ini memiliki saat-saat sedih, tetapi secara keseluruhan adalah film ringan yang bagus untuk dinikmati siapa pun.

SIAPA JULIA?

Dua Wanita Dengan Ambisi Sama Di Dunia Masak JULIE AND JULIA Tayang Di Netflix

Para penonton akan bisa memetik banyak pelajaran dari film yang mengisahkan perjuangan dua orang yang mirip dengan ambisi yang sama di dunia makanan dan tulisan.

Julia Child adalah istri seorang diplomat bernama Paul (Stanley Tucci) yang ditugaskan di Perancis di tahun 40-an.

Julia Child diperankan oleh Meryl Streep yang memiliki kegemaran memasak. Sehingga membuat nama Julia Child dikenal sebagai pakar masakan Perancis.

Julia pun sempat menerbitkan sebuah buku yang berjudul Mastering the Art of French Cooking.

SIAPA JULIE?

Dua Wanita Dengan Ambisi Sama Di Dunia Masak JULIE AND JULIA Tayang Di Netflix

Berpuluh tahun kemudian, seorang wanita bernama Julie Powell diperankan oleh Amy Adams, adalah seorang wanita yang terobsesi untuk mencoba semua resep yang ditulis Julia dalam bukunya.

Julie bertekad memasak 524 resep Julia dalam kurun waktu satu tahun. Maka mulailah Julie mencoba semua resep yang ada dalam buku itu.

Awalnya Julie menganggap pekerjaan itu tidak terlalu sulit.

Namun seiring perkembangan, Julie lantas sadar bahwa untuk bisa memasak masakan Perancis dengan baik dan benar tidaklah semudah apa yang ditulis di buku itu.

Namun karena tekad yang sudah bulat, Julie tak mau menyerah dan tetap pada niatnya semula, mencoba 524 resep masakan dalam waktu 365 hari.

PLOT CERITA

Dua Wanita Dengan Ambisi Sama Di Dunia Masak JULIE AND JULIA Tayang Di Netflix

Julie and julia, mengisahkan tentang kedua wanita bernama Julie dan Julia yang sama-sama memiliki hasrat di dunia memasak dan berusaha mencapai mimpi masing-masing.

Namun dalam film ini dikisahkan pada waktu dan latar tempat yang berbeda.

Kisah berawal di tahun 2002, di mana Julie Powell (Amy Adams) adalah seorang penulis muda.

Namun memiliki pekerjaan yang tak menyenangkan di Lower Manhattan Development Corporation sebagai Operator Call Center.

Di sana ia harus menjawab berbagai telepon dari korban serangan 11 September serta anggota dari komunitas publik yang mengecam rencana IMDC untuk membangun kembali World Trade Center.

Untuk melakukan sesuatu yang dapat ia nikmati, ia memutuskan untuk memasak semua resep yang ada di dalam buku mastering the art of french cooking di tahun 1961.

Buku resep itu ditulis oleh Julia Child (Meryl Streep) dalam waktu satu tahun.

Julie lalu memutuskan untuk menulis sebuah blog agar dapat memotivasi dirinya serta mendokumentasikan perkembangannya.

Bersamaan dengan kisah Julie Powell di Queens di awal tahun 2000-an, terungkap pula kisah tentang Julia pada tahun 1950-an di Paris, saat ia bersekolah di Le Cordon Bleu.

Ia bersekolah disana untuk mempelajari masakan Perancis dan mulai berkolaborasi pada buku resep tentang masakan Perancis untuk para ibu rumah tangga Amerika.

Mereka mendapat dukungan dari suami masing-masing. Meski suami Julie akhirnya muak dengan obsesi Julie dan meninggalkannya sementara waktu.

Namun, pada akhirnya, blog Julie dimuat dalam sebuah kisah di The New York Times.

Sejak saat itu, ia mulai menerima perhatian dari para jurnalis, agen penulis, penerbit buku, bahkan timbal balik dari Julia sendiri.

Walaupun buku resep Julia awalnya ditolak oleh Houghton Mifflin, namun bukunya diterima dan diterbitkan oleh Alfred A. Knopf.

Kisah dari film ini berakhir saat Julie bersama suaminya mengunjungi dapur Julia di Smithsonian Institution.

Sementara Julia yang berada di dapur yang sama dikisahkan baru saja menerima salinan buku pertamanya dan merayakannya bersama suaminya.

PESAN MORAL

Dua Wanita Dengan Ambisi Sama Di Dunia Masak JULIE AND JULIA Tayang Di Netflix

Film ini memuat banyak pesan moral yang bisa diaplikasikan oleh para penontonnya.

Memperjuangkan apa pun yang sudah dimulai, harus diselesaikan, dan pantang menyerah.

Kisah ini juga menggarisbawahi tentang tantangan yang harus dihadapi oleh masing-masing Julie dan Julia.

Keduanya sama-sama menerima banyak dukungan dari suami masing-masing. Sehingga, peran orang-orang terdekat adalah sumber kekuatan lain untuk melanjutkan sebuah perjuangan.

Tulisan itu menjadi hal yang sangat penting, karena Julia Child ingin membuat buku tentang resep, sedangkan Julie Powell ingin membuat blog tentang Julia Child.

Kedua orang ini saling menginspirasi.

Julie Powell menantang dirinya sendiri untuk menulis selama satu tahun di blognya tentang resep masak yang dibuat Julia Child.

Jadi inti film ini adalah menggambarkan dengan baik segala perjuangan mereka tentang makanan dan tulisan.

Dengan berbagai macam hal yang dilewati, perjuangan panjangnya pun bisa diselesaikan.

FILM BERTEMA FEMINIS

Dua Wanita Dengan Ambisi Sama Di Dunia Masak JULIE AND JULIA Tayang Di Netflix

Film ini adalah karya dari penulis sekaligus sutradara Nora Ephron, setelah terakhir kalinya ia mengarahkan Nicole Kidman sebagai penyihir pada tahun 2005.

Bagi penggemar film-film bertema feminis, tentu akan sangat akrab dengan nama Ephron yang telah menelurkan karya-karya penuh kenangan.

Sebut saja, Slepless in Seattle dan tentu saja karya fenomenalnya sebagai penulis, When Harry met Sally.

Dalam film ini Ephron kembali menjadi sutradara merangkap penulis skenario dan produser.

Ephron mengarahkan aktris senior Meryl Streep dan juniornya Amy Adams dalam satu film dengan setting 2 masa (tahun 1950-an dan 2002) serta 2 lokasi (Perancis dan Amerika).

FAKTA MENARIK

Dua Wanita Dengan Ambisi Sama Di Dunia Masak JULIE AND JULIA Tayang Di Netflix

Beberapa fakta yang menarik untuk disimak adalah dalam film ini, Nora Ephron menggabungkan dua buah kisah nyata adaptasi novel ke dalam satu film.

Yang satu berdasarkan buku My Life in France, autobiografi tentang kisah Julia Child, ahli masak yang pertama kali memperkenalkan cara memasak France cuisine kepada publik Amerika.

Sedangkan yang lain adalah tulisan Julie Powell dalam blognya The Julie/Julia Project.

Yaitu blog tentang perjuangan Julie mencoba memasak seluruh 524 resep dalam waktu 365 hari dari buku masak paling populer di masanya Mastering the Art of French Cooking karangan Julia Child.

Film ini disajikan dengan berjalan di alur mereka masing-masing.

Pengalaman hidup Julia dan suaminya Paul Child di Perancis pada tahun 1950-an dan usaha Julie Powell beserta suaminya Eric dalam mewujudkan ambisinya memasak 524 resep Julia Child dalam satu tahun.

Penyambung cerita dari kedua seting film ini adalah buku masak karya Julia Child yaitu Mastering the Art of French Cooking itu sendiri.

Isi blog tentang pengalaman Julie selama setahun akhirnya dibukukan dengan judul Julie & Julia: 365 Days, 524 Recipes, 1 Tiny Apartment Kitchen.

Jadi, yuk…simak saja filmnya di Netflix.

COMMENT
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
21
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top