Connect with us

Hi, what are you looking for?

Film

JAFF 2019 Putarkan 107 Film Lintas Asia

Layar.id – Jogja-NETPAC Asia Film Festival (JAFF) ke-14 akan kembali digelar tahun ini. Bertemakan “Revival”, festival film ini akan dihelat pada 19-23 November 2019 di Empire XXI Yogyakarta.

Menariknya, JAFF tahun ini akan memutarkan 107 film yang berasal dari 23 negara Asia, seperti Filipina, Cina, Kamboja, Iran, dan masih banyak lagi.

Baca: “Earthquake Bird” – Film Barat-Asia Dibintangi Alicia Vikander

Ifa Isfansyah

JAFF 2019

JAFF diselenggarakan sebagai peringatan perkembangan sinema Asia, yang kali ini diadakan di satu tempat yakni Empire XXI Yogyakarta.

“Tidak banyak bioskop single cinema, kalau di Jogja ada Empire XXI. Tahun ini, semua film diputar di situ. Ada lima screen yang akan disedikan, layar untuk penjurian, festival center, stage, semua berpusat di situ dan sekitar situ,” jelas Ifa Isfansyah selaku direktur JAFF pada Rabu (16/10).

Tak hanya pemutaran film, JAFF juga merupakan sarana edukasi film yang tahun ini menghadirkan Sean O’Neill. O’Neill diketahui terlibat dalam sinematografi film The Great Wall (2016) dan film Mulan (2020).

Film Humba Dreams

Baca: Festival Film ASEAN Bakal Digelar di Jeddah, Arab Saudi

Terkait tema “Revival” yang diusung JAFF, Ifa menjelaskannya sebagai bentuk kebangkitan film Asia di tengah kompleksitas tantangan abad ke-21.

“Sebenarnya kalau secara harfiah bisa diartikan sebagai kebangkitan. Kami melihat sekarang identitas Asia sudah mulai bangkit. Kami benar-benar ingin menggali lagi kekayaan identitas Asia,” jelasnya.

Baca: “Senior”, Film Adaptasi Novel yang Dibintangi Jerome Kurnia

FILM

JAFF 2019 tercatat bakal diikuti oleh 23 negara Asia dengan memutarkan 107 film, yang telah dikurasi dari 745 judul. Negara yang terlibat seperti Filipina, Kamboja, Cina, Iran, dan Korea Selatan. Juga ada Jepang, Sri Lanka, Bhutan, Jordan, Bangladesh, Tibet, dan masih banyak lagi.

“Konten Asia itu jadi kekuatan yang sangat diperhitungkan oleh budaya barat yang sebelumnya jadi kiblat kita. Dan semangat itu yang ingin sampai di kita,” kata Ifa.

Adapun film yang ditetapkan sebagai pembuka JAFF adalah film Abracadabra karya Faozan Rizal. Pemutarannya di JAFF akan jadi penglihatan perdana bagi penggemar, yang menampilkan aktor papan atas, Reza Rahardian. Selain itu, film Humba Dreams karya Riri Riza juga bakal diputar di festival ini.

Poster Film Abracadabra

Baca: Jennifer Aniston Jelaskan Serial “Friends” Tak Akan Jadi Film

Jadi, buat Anda penggemar film Asia, tandai kalender Anda untuk gelaran JAFF 2019 pada 19-23 November di Empire XXI, Yogyakarta.

 

Sumber: berbagai sumber
Foto: berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi layar.id.

Baca Juga

Film Barat

Jakarta, Layar.id – Jim Carrey memiliki tempat tersendiri di Hollywood sebagai seorang aktor dan komedian. Aktor kelahiran 17 Januari 1962 ini baru saja merayakan...

Film Asia

Jakarta, Layar.id – Hingga saat ini, setelah berbagai perubahan jadwal film yang akan tayang pada Imlek 2022, sudah ada 9 film China yang dipastikan...

Film Indonesia

Last updated on 18 Januari, 2022 Jakarta, Layar.id – Nama Jeihan Angga menjadi perbincangan publik setelah karya perdananya, Mekkah I’m Coming memborong 5 Piala...

Film Indonesia

Last updated on 18 Januari, 2022  Jakarta, Layar.id – Ben & Jody adalah lanjutan dari film Filosofi Kopi yang juga dibintangi oleh Chicco Jerikho dan Rio Dewanto....