Connect with us

Film

‘Jack’, Film Bertema Toleransi, Angkat Budaya Lokal Surabaya

JACK - Persahabatan Yang Ditentang, Angkat Budaya Lokal Surabaya
Poster Film Jack

MEMBANGGAKAN! FILM ‘JACK’ KARYA SINEAS ASAL SURABAYA MENGUSUNG BUDAYA LOKAL BAKAL SEGERA TAYANG DI LAYAR LEBAR

Layar.id – Film Jack garapan sineas Indonesia M. Ainun Ridho dengan Haikal Damara sebagai penulis skenarionya ini kental dengan nuansa Surabaya. Tak mengherankan karena film ini melibatkan banyak sineas dan para pemeran, termasuk lokasi shooting di kota Pahlawan.

Menceritakan Jack (Arief Wibhisono), keturunan Arab, yang dipaksa untuk meneruskan usaha toko milik Abinya, Wak Dollah (Eko Tralala).

Demi mengikuti keinginan Abinya, Jack pun rela kuliah di jurusan yang tidak sejalan dengan dunia seni yang ia cintai. Bahkan sudah hampir tujuh tahun kuliahnya tak kunjung usai.

Suasana makin tidak harmonis, ketika Wak Dollah mengetahui kedekatan Jack dengan gadis keturunan Tionghoa, Meyling (Grace Tie), anak tunggal Koh Halim (Hengky Kusuma), juragan toko obat China ternama di Surabaya.

Baca Juga : Pariban: Idola Dari Tanah Jawa, Film Komedi Romantis Sarat Budaya Batak

SUMBER DAYA DAERAH

JACK - Persahabatan Yang Ditentang, Angkat Budaya Lokal Surabaya

Arief Wibhisono dan Grace Tie

Jack adalah film garapan arek Suroboyo yang menggandeng siswa SMK dr. Soetomo yang resmi akan tayang di bioskop se-Jatim pada 16 Mei 2019.

Film ini sangat kental dengan nuansa Surabaya, mulai dari kru, bintang film, hingga bahasa yang menjadi dialog dalam film itu. Tak hanya itu, film ini pun melibatkan 35 siswa kelas 2 dan 1 SMK dr. Soetomo jurusan Film dan Multimedia sebagai kru produksi.

Jualiantono Hadi mengatakan, “Kru film inti atau tetap terdiri dari siswa kelas dua. Misalnya, bagian clapper dan asisten lighting. Tapi, kami pakai sistem bergilir. Karena juga untuk pembelajaran bagi siswa.”

JACK - Persahabatan Yang Ditentang, Angkat Budaya Lokal Surabaya

Siswa siswi SMK dr.Soetomo Surabaya

Sebagai eksekutif produser ia juga mengungkapkan bahwa mulai dari kru film dan pemeran menggunakan orang asli Surabaya. Setting lokasinya berada di kampung Maspati, cafe di Peneleh, Hotel Majapahit, Tugu Bambu Runcing dan Gedung Balai Kota.

“Meski menggunakan dialog khas Surabaya, penonton tidak perlu khawatir karena telah dilengkapi subtitle bahasa Indonesia,” ungkap kepala SMK dr.Soetomo.

Anton mengungkapkan film ini bekerjasama dengan sebuah production house yaitu Air Films.

Baca Juga : ‘Arthdal Chronicles’, Sajian Drama Korea Fantasi Zaman Kuno

SARANA BELAJAR DAN TOLERANSI

JACK - Persahabatan Yang Ditentang, Angkat Budaya Lokal Surabaya

Kru dan Pemeran Film Jack

Secara garis besar film ini berkisah tentang anak kuliahan etnis Arab bernama Jack yang diperankan oleh Arief Wibhisono, yang bersahabat dengan gadis keturunan Tionghoa bernama Meyling yang diperankan oleh Grace Tie. Namun kedekatan di antara keduanya ditentang oleh kedua keluarga mereka.

Sutradara M Ainun Ridho mengungkapkan tema dasar dari film ini adalah tentang toleransi. Dengan segala etnis di Surabaya dan sikap toleransi warganya, menurutnya dapat menjadi contoh kecil tentang toleransi di Indonesia.

“Film yang secara lengkap menonjolkan Surabaya bisa saya klaim ini yang pertama. Nanti setelah ini pasti banyak yang tertarik untuk mengambil film dengan latar Suroboyoan,” ujarnya.

Itu sebabnya ia tak ragu menggandeng anak-anak muda dari Surabaya dalam penggarapan film ini.

Well, seperti apa hasil akhir dari film ini? Simak saja penayangannya langsung di bioskop pada 16 Mei 2019.

 

Sumber: berbagai sumber
Foto: berbagai sumber

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Popular

Simak Tampilan Perdana 'The Dark Crystal: Age of Resistance' Simak Tampilan Perdana 'The Dark Crystal: Age of Resistance'

Simak Tampilan Perdana “The Dark Crystal: Age of Resistance”

Film

'Minions 2: The Rise of Gru', Resmi Hadir di Musim Panas 2020 'Minions 2: The Rise of Gru', Resmi Hadir di Musim Panas 2020

“Minions 2: The Rise of Gru”, Resmi Hadir di Musim Panas 2020

Film

The Art of Racing in the Rain, Film Adaptasi Novel Terlaris Garth Stein The Art of Racing in the Rain, Film Adaptasi Novel Terlaris Garth Stein

“The Art of Racing in The Rain”, Film Adaptasi Novel Terlaris Garth Stein

Film

‘Down Swan’ Film Keluarga Ajarkan Kasih Sayang Tak Terhingga ‘Down Swan’ Film Keluarga Ajarkan Kasih Sayang Tak Terhingga

‘Down Swan’ Film Keluarga Ajarkan Kasih Sayang Tak Terhingga

Film

Advertisement
Connect
Newsletter Signup