Connect with us

Hi, what are you looking for?

Film

Hadirkan Tabib Tradisional, Promosi The Curse of La Llorona Tuai Kontroversi

Terakhir diperbarui 25 Agustus, 2023

Layar.id – Menjelang peluncuran film The Curse of La Llorona pada Jumat (19/04/2019) lalu, Warner Bros mengundang tabib tradisional untuk melakukan ‘pembersihan’ penonton, yang disebut limpias. Mengangkat cerita rakyat Meksiko, maka prosesi tersebut pun dilakukan oleh tabib tradisional Meksiko, yang dikenal sebagai curandero.  Hal ini menuai kritik keras dari para tabib dan cendekiawan.

Promosi La Llrona

Baca : James Bond Bakalan Menghibur Berkat Phoebe Waller-Bridge

KONTROVERSI

Grace Sesma, seorang curandero yang berbasis di San Diego mengaku dikirimkan email oleh juru bicara La Llorona. “Saya sedang mengerjakan film La Llorona dan saya sedang mencari curandero untuk melakukan limpias sebelum pemutaran film saya. Beritahu saya jika Anda bersedia melakukannya,” tulis juru bicara Nahir Wold kepada Grace Sesma.

Sesma mengabaikan undangan tersebut sampai akhirnya ia melihat foto para tabib saat melakukan pembersihan spiritual. Alih-alih tampak melakukan prosesi, para tabib malah terlihat sedang merayakannya, seolah-olah menghadiri pesta. Hal ini membuat Sesma marah dan mengungkapkan hal tersebut lewat akun media sosial miliknya.

Tonita Gonzales

Ada pula curandero yang berbasis di Albuquerque, Tonita Gonzales, yang juga tidak setuju dengan cara Warner Bros. Gonzales menjelaskan, limpias adalah pembersihan untuk membantu orang melihat hal-hal suci atau kudus di dalam diri mereka. “Bagi kami, promosi film seperti ini apalagi selama pekan Paskah, sangatlah mengganggu,” kata Gonzales.

Prof.Eliseo “Cheo” Torres dari University of New Mexico juga menyatakan bahwa kisah La Llorona tidak ada hubungannya dengan pembersihan spiritual. Hal ini malah menyinggung para curandero dan menurutnya, pihak yang melakukan promosi ini mungkin tidak mengerti apa yang mereka lakukan.

Baca : Film The Minecraft Umumkan Jadwal Rilis Baru

THE CURSE OF LLORONA

Prosesi pembersihan spiritual yang dilakukan ini dikenal dengan istilah limpias. Tabib tradisional melakukan pembersihan tersebut sebelum penonton menyaksikan film The Curse of La Llorona. Ternyata ini bukan kali pertama, sebab sebelumnya Warner Bros juga mendatangkan tabib kelahiran Kuba, Los Gata, untuk memberkati penonton pada gelaran SXSW 15 Maret lalu.

Rumah produksi mengaku menyewa curandero sebagai konsultan untuk memastikan film tersebut digambarkan secara akurat. Film ini dibintangi oleh Linda Cardellini dan Raymond Cruz, yang berpusat pada roh perempuan yang mengambil anak-anak.

Untuk Anda yang penasaran dengan kisah film ini, The Curse of Llorona sudah mendarat di bioskop sejak hari Jumat, 14 April lalu.

Baca : Film Musikal Broadway ‘In The Heights’ Umumkan Pemeran

Sumber: berbagai sumber

Foto: berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi layar.id.
Advertisement
Advertisement
Advertisement

Baca Juga

Film

Layar.id – Sebenarnya Film Indonesia nanti yang terbaru bakalan berbeda sekali. Kebetulan banget Sinopsis Sehidup Semati, Karya Upi dengan bintangnya adalah Laura Basuki dan...

Sinopsis

Layar.id – Bagi Pelayar yang menikmati genre film horor, tentu serial film The Conjuring menjadi salah satu tontonan wajib. Sempat menjadi salah satu film...

Film

Layar.id – Saw adalah film yang bergenre horor thriller karya debut dari  James Wan sebagai sutradara. Wan tidak menulis karya ini sendirian. Dia menciptakan...

Film

Layar.id – Sinopsis dan Review AIR, Film fenomenal satu ini memang juara sekali dari segi apapun. Bahkan ceritanya sendiri begitu kuat dan sangat enak...