Film

The Gift, Kisah Haru Percintaan Penyandang Tunanetra

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

Film The Gift akan menjadi film terbaru aktor kondang Reza Rahadian dan Ayushita. Dalam film yang disutradarai oleh Hanung Bramantyo, baik Reza maupun Ayu harus melakukan berbagai perjuangan demi film yang akan tayang pada 24 Mei 2018 mendatang.

Reza Rahadian mengaku bahwa dirinya merasa sangat tertantang dengan tokoh yang diperankannya dalam The Gift. Maklum saja, Reza berperan sebagai seorang tunanetra.

“Ini pertama kali peran dengan kondisi buta mata sebagai Harun. Buat saya secara esensi fisikal,” kata Reza.

Reza mengatakan bahwa esensi Harun adalah menutup diri dari segala sesuatu yang ada di sekelilingnya.

“Esensinya menutup diri dari hal-hal yang ada di sekitarnya. Sangat defensive. Lalu mengalami pertemuan dengan seseorang yang mengubah sudut pandang Harun.”

Reza Rahadian Mempelajari Kebiasaan Tunanetra

Tak mudah untuk berperan sebagai Harun. Reza mengaku jika dirinya belajar secara langsung bagaimana kebiasaan tunanetra langsung dari sembilan orang penyandang tunanetra.

“Aku selalu bingung membuat challenge. Peran itu untuk mengeksekusinya tidak mudah karena banyak banget streteotyping dari bagaimana seorang tunanetra dipotret dalam sebuah film atau produksi lainnya,” ungkap Reza.

Agar ia lebih mudah mendalami peran Harun dan sesuai dengan kenyataan yang ada di lapangan, ia terus mencoba belajar dan mencari segala hal mengenai tunanetra.

“Nah, aku mencoba untuk mencari detail-detail penting yang menurutku akan mendukung karakter ini. Maka aku mengajak ada sekitar sembilan orang tunanetra datang ke dapur film. Aku ngobrol banyak hal. Ketawa ketiwi, aku kaget melihat mereka bisa relaks itu dan sangat santai dalam menjalani kehidupannya seperti kita semua,” ungkap Reza.

Reza Rahadian sebagai Harun

Reza pun mengaku dirinya takjub melihat penyandang tunanetra yang mampu menghafal tata letak, meski tanpa bantuan tongkat sekalipun.

“Mereka ya kadang pakai tongkat, kadang nggak. Kadang sudah hafal tata letak dan bau karena indera penciuman dan pendengaran mereka sangat tajam. Jadi sangat sensitif sekali.”

Berkat bantuan mereka semua, Reza lebih mudah memahami dunia penyandang tunanetra. Bagaimana mereka dapat menjalani kehidupan sehari-hari tanpa kerepotan.

“Itu membuat aku mempelajari gerakan mata mereka ketika aku belajar dan mengajak mereka ngobrol. Aku perhatikan banget. Oh, ternyata ada alasan kenapa gestur itu bisa terjadi. Hal-hal yang sebetulnya teknis bisa dipelajari untuk karakter Harun.”

Perjuangan Ayushita Perankan Sosok Wanita dengan Masa Lalu Kelam

Selain Reza Rahadian, Ayushita pun bermain dalam film The Gift sebagai Tiana. Berbeda dari film Ayushita sebelumnya, dalam film The Gift ia digambarkan sebagai sosok yang memiliki masa lalu kelam.

Demi mendapatkan feel sebagai Tiana, Ayushita rela melakukan banyak cara, salah satunya dengan sering mengurung diri.

“Aku sering kayak harus mengurung diri sendiri gitu pas lagi proses workshop,” kata Ayushita.

Ia pun menyatakan bahwa dirinya sempat mengalami perubahan mood secara drastis ketika melakukan pencarian jati diri Tiana.

“Aku agak lumayan mood swing pas lagi pencarian karakter Tiana. Ya itu karena dia backgroundnya adalah orang yang penuh dengan kekelaman,” katanya.

Ayushita berperan sebagai Tiana

Tak hanya itu saja, karena karakter Tiana yang kelam, Ayushita mengalami rasa suntuk karena harus terus berpikir cara terbaik dalam memerankan karakter tersebut.

“Lumayan butuh pemikiran yang cukup rumit gitu. Kayak kadang pas pulang latihan tuh suka jadi kayak sumpek gitu karena mikirin background ceritanya Tiana.”

Kendati demikian, Ayushita merasa senang dan tertantang memerankan karakter Tiana apalagi ia bukan tipikal yang suka memilih peran.

I love surprised. Jadi kalau misalnya sudah terlalu ditentukan kan jadi ngoyo. Ya entar kalau nggak dapat jadi fokusnya ke situ aja terus.”

Bagi Anda yang penasaran bagaimana film The Gift, simak video trailer di bawah ini dan jangan lupa untuk menantikan filmnya pada akhir Mei 2018 mendatang. Pastikan untuk selalu updet berita terbaru mengenai film Indonesia hanya di layar.id!

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top