Connect with us

Hi, what are you looking for?

Film

“Free Guy” Dapat Kejutan Box Office $28.4 Juta

Free Guy
Free Guy (sumber colombia.com)

Last updated on 20 April, 2022

Jakarta, Layar.id – Film sci-fi komedi Ryan Reynolds Free Guy memberikan kejutan box office $28.4 juta dari 4.165 bioskop di Amerika. Angka ini jauh melebihi prediksi akhir pekan pertamanya sekitar $15 juta hingga $20 juta.

Untuk film dengan budget produksi lebih dari $100 juta, angka ini bukan sebuah selebrasi sebelum masa pandemi. Namun dengan adanya ancaman virus Covid-19 varian Delta, angka ini bukan prestasi yang buruk.

Di bioskop internasional sendiri, Free Guy mengumpulkan $22.5 juta. Jadi secara global, film baru sutradara Shawn Levy ini sudah mendapatkan penghasilan $51 juta.

Menanggapi hal ini, Ryan Reynolds selaku pemeran tokoh utama menerbitkan cuitan di Twitter. Ia menuliskan, “Reaksinya, dan sekarang kehadirannya, sudah mengejutkan saya. Terima kasih. Ini sangat mengharukan melihat ada banyak orang menerima (cerita) mengharukan.” Dalam cuitan ini, Ryan juga menautkan berita asal Deadline tentang kesuksesan filmnya.

Karena kesuksesan ini, Ryan Reynolds juga mengumumkan informasi penting baru. Disney memberikan lampu hijau untuk konfirmasi sequel Free Guy.  Free Guy bercerita tentang seorang NPC (Ryan Reynolds) yang tiba-tiba menyadari dunianya adalah gim dan berusaha menyelamatkannya dari penutupan oleh developer.

Baca juga: Box Office Debut The Suicide Squad Hanya $26.5 Juta

FAKTOR KESUKSESAN

Free Guy adalah salah satu dari sedikit film yang dirilis eksklusif di teater. Semenjak pandemi membawa pengaruh besar untuk industri pemutaran film, banyak film besar memilih strategi hibrid.

Misalnya Black Widow dari Marvel dan The Suicide Squad dari DC memilih untuk juga merilis di layanan streaming online pada hari yang sama dengan perilisan bioskopnya.

Beberapa film lain yang juga memakai strategi yang sama dengan Free Guy antara lain F9, A Quiet Place Part II, dan G.I. Joe Snake Eyes. Namun tetap ada hal yang membedakan film-film ini. Mereka semua adalah sequel yang sudah meraih kesuksesan bioskop sebelumnya. Sedangkan Free Guy adalah film baru dengan konsep yang original.

Penonton suka sequel – kalau mereka bagus – tetapi terkadang kamu ingin sesuatu yang unik,” kata Shawn Robbins, chief analyst dari Box Office Pro.

Salah satu pendukung meningkatnya box office Free Guy adalah respon positif para penonton. Para penonton kemudian memberikan promosi positif dari mulut ke mulut. Hal ini menjadi faktor utama naiknya penjualan tiket dari hari Jumat ke Sabtu hingga 24%.

Ryan Reynolds dan Jodie Comer dalam Free Guy

Ryan Reynolds dan Jodie Comer dalam Free Guy (sumber CNBC)

Baca juga: Film-Film Pilihan Untuk Mengisi Bulan Agustus

Free Guy juga memiliki review yang bagus dan mendapatkan CinemaScore “A” dari para penonton. Film PG-13 ini juga menarik penonton demografik pria yang lebih tua. Penonton kelompok ini lebih berani menonton di bioskop. Sekitar 59% pembeli tiket Free Guy di akhir pekan lalu adalah pria dan hampir 80% di antaranya berusia lebih dari 18 tahun.

David A. Gross, konsultan film dari Franchise Entertainment Research, mengatakan Free Guy memiliki “pembuka yang sangat baik di kondisi sulit.” Namun ia juga menekankan kepada Variety bahwa bisnis perfilman belum kembali ke kondisi normal karena kasus Covid masih meningkat dan usaha vaksinasi di Amerika menurun.

Bioskop menunjukkan sekilas kekuatan selama musim panas, tetapi varian delta sudah menurunkan berbagai peningkatan yang dipertahankan di atas 50%. Di pasar yang sehat, film akan memiliki pembukaan yang lebih tinggi dan mempertahankannya lebih baik,” kata David A. Gross dalam kutipan Variety.

 

Sumber dan foto: berbagai sumber.

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi layar.id.

Baca Juga

Jadwal Tayang

Jakarta, Layar.id – Penulis sekaligus sutradara Jordan Peele mencatat debut nomor satu untuk ketiga kalinya, lewat film terbaru, Nope. Film ini digambarkan sebagai mimpi...

Film

Jakarta, Layar.id – Film blockbuster supersonik Paramount, Top Gun: Maverick telah meraup $623,8 juta atau Rp9,37 triliun di Amerika Utara. Angka ini melampaui The...

Jadwal Tayang

Last updated on 27 Juli, 2022 Layar.id – Drama terbaru tvN berjudul Link: Eat, Love, Kill tayang perdana pada 6 Juni 2022. Untuk penonton...

Film Animasi

Jakarta, Layar.id – Live-action Aladdin telah menjadi topik paling banyak dibicarakan di awal 2022. Penerimaan film yang baik membuat rumor kedatangan sekuel bergema, namun...