Connect with us

Hi, what are you looking for?

Film

Film Indonesia ‘Nana’ Dapat Sambutan Hangat Berlinale

Film Nana
Film Before, Now & Then (Nana) (sumber: Fourcolour Films)

Terakhir diperbarui 20 Oktober, 2022

Layar.id Festival Film Berlinale adalah salah satu ajang tahunan yang menjadi wadah pemutaran perdana bagi sebagian besar film, sebelum memasuki pasar. Tahun ini, film Indonesia berjudul Nana turut meramaikan festival tersebut.

Dari sekitar 600 kursi yang tersedia untuk tiket premier film ini, semuanya terjual habis. Lantas, seperti apakah film Nana? Simak ulasan selengkapnya.

Menarik mengetahui bahwa Nana adalah film berlatar 1960-an yang dikemas dalam bahasa Sunda. Film ini menceritakan kisah Raden Sunani yang mencoba menjalani kehidupan baru usai kehilangan keluarganya akibat konflik di daerah.

Film berfokus pada cinta dan ketangguhan seorang wanita, meski terus dihantui masa lalunya. Meski membawa kisah lebih dari 50 tahun lalu, pesan yang diangkat masih relevan dalam kehidupan nyata sekarang ini.

Selain menggunakan bahasa Sunda, film ini memang kental dengan nuansa tradisional. Hal ini pula yang menjadi salah satu daya tarik penonton menyaksikan Nana.

Baca juga: Film Bernuansa Sunda, Nana Tayang di Bandung

Nana dan Berlinale

Nana terpilih sebagai salah satu nominasi film unggulan untuk kategori Competition pada Festival Film Berlinale ke-72. Film adaptasi novel ‘Jais Darga Namaku’ karya Ahda Imran tersebut akan terus tayang selama periode festival, yang berlangsung dari tanggal 10 – 20 Februari 2022.

Film ini mendapat antusiasme tinggi dari penonton, terbukti dengan tiket premier film yang terjual habis sebanyak 600 kursi. Nana merupakan garapan sutradara Kamila Andini yang ditayangkan perdana di hari Sabtu (12/2) di Berlinale Palast, yang merupakan lokasi utama penyelenggaraan festival.

Setelah penayangan perdana, Nana dijadwalkan di tujuh teater lainnya di Berlin, yakni pada 14, 17, 18, dan 20 Februari 2022. Dari pantauan KBRI Berlin pada situs resmi Berlinale, tiket untuk semua tayangan film ini juga telah habis terjual.

Baca juga: 5 Film Kamila Andini, Sutradara Yang Sukses di Dalam & Luar Negeri

Nana

Nana (Before, Now & Then) (sumber: fourcolours films)

Kategori Competition di Berlinale

Kategori Competition di Berlinale sendiri merupakan kategori utama dan paling bergengsi dari sembilan kategori yang diperlombakan di Berlinale 2022. Masuknya Nana atau dalam bahasa Inggris berjudul Before, Now, and Then, dalam kategori ini seolah memberi semangat dan harapan baru bagi sineas Tanah Air.

Pemenang film terbaik pada kategori ini berkesempatan memenangkan hadiah utama Festival Berlinale, yaitu The Golden Bear. Juga terdapat enam Silver Bear yang disiapkan sebagai penghargaan untuk nominasi kategori ini.

Film Nana menampilkan sederet bintang kenamaan Tanah Air, seperti Kamila Andini, Laura Basuki, Ibu Jamil, dan Happy Salma. Juga ada Rieke Diah Hapsari, Arswendy Bening Swara dan Chempa Puteri.

Melihat respon yang begitu baik, rasa penasaran untuk menyaksikan Nana tentu semakin tinggi, bukan? Namun Pelayar harus sabar menanti hingga film ini tiba di bioskop Tanah Air. Kita tunggu saja.

 

Sumber  : suara.com, republika.co.id,
Foto       : berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi layar.id.
Advertisement
Advertisement
Advertisement

Baca Juga

Film

Terakhir diperbarui 15 Januari, 2024 Layar.ID – Jika sebelumnya kita sudah melihat Review drama Korea terbaru My Man Is Cupid Eps 1-5, kali ini...

Film

Layar.id – Film horor Indonesia terbaru berjudul “Diwe: Hutan Larangan” akan segera menggebrak layar bioskop pada tanggal 4 Januari 2024. Disutradai oleh Bram Ferino...

Amazon Prime Video

Terakhir diperbarui 15 Januari, 2024 Layar.Id – Drama Korea terbaru yang berjudul My Man Is Cupid telah rilis sejak 1 Desember 2023. Untuk itu...

Film Indonesia

Layar.id – Membicarakan film Indonesia memang tidak akan pernah ada habisnya karena tema ini akan selalu jadi tema yang menarik. Tak hanya jalan ceritanya...