Connect with us

Hi, what are you looking for?

Film

7 Rekomendasi Film Tema Ramadhan

7 Rekomendasi Film Tema Ramadhan
7 Rekomendasi Film Tema Ramadhan

Layar.id – Ramadhan merupakan bulan suci bagi umat muslim di seluruh dunia. Selain berpuasa dan memperbanyak ibadah, ada juga orang yang memanfaatkan waktu luangnya untuk menonton film yang bertemakan ramadhan.

Hal tersebut bertujuan untuk mendapatkan inspirasi dan motivasi dalam menjalankan ibadah puasa dengan menjalankan kehidupan sehari-hari.

Film yang bertemakan ramadhan juga mengandung banyak moral yang baik bagi para penonton untuk bisa menambah wawasan dan pengetahuan.

Berikut ini 7 rekomendasi film yang bertemakan ramadhan, Yuk disimak!

1. Mencari Hilal (2015)

  • Sutradara: Ismail Basbeth
  • Pemeran: Deddy Sutomo, Oka Antara, Torro Margens, dan Rukman Rosadi

Film ini mengisahkan tentang Mahmud (Deddy Sutomo) yang memiliki prinsip tidak ada yang lebih mulia selain tulus berjuang menerapkan perintah Islam secara kaffah dalam semua aspek hidup.

Sayangnya semangat Mahmud tercederai saat mendengar isu sidang Isbat Kementrian Agama yang menelan dana sembilan milyar untuk menentukan hilal.

2. Mudik (2019)

  • Sutradara: Andriyanto Dewo
  • Pemeran: Asmara Abigail, Putri Ayudya, Ibnu Jamil, dan Yoga Pratama

Mudik bercerita tentang Aida (Putri Ayudya) yang memutuskan untuk melakukan perjalanan mudik bersama sang suami, Firman (Ibnu Jamil) ke kampung halaman. kemudian, mereka juga sekaligus menemukan solusi atas konflik rumah tangga yang sedang dihadapi.

Baca Lagi: 5 Pilihan Drama Korea Friendzone Buat Penggemar Romance!

3. Sang Pencerah (2010)

  • Sutradara: Hanung Bramantyo
  • Pemeran: Lukman Sardi, Muhammad Ihsan Tarore, dan Zaskia Adya Mecca

Seorang pemuda usia 21 tahun yang gelisah atas pelaksanaan syariat Islam yang melenceng ke arah sesat, Syirik dan Bid’ah.

Dengan sebuah kompas, dia menunjukkan arah kiblat di Masjid Besar Kauman yang selama ini diyakini ke barat ternyata bukan menghadap ke Ka’bah di Mekah, melainkan ke Afrika.

4. Jilbab Traveler: Love Sparks in Korea (2016)

  • Sutradara: Guntur Soeharjanto
  • Pemeran: Bunga Citra Lestari, Morgan Oey, dan Giring Ganesha

Rania Samudra (Bunga Citra Lestari) yang berusia 24 tahun merupakan seorang penulis yang gemar traveling, dijuluki Jilbab Traveler oleh para pembacanya. Ketika ayahnya sakit, Rania memutuskan pulang.

Namun sang ayah malah memberikan misi pada Rania mengunjungi balura alam yang luar biasa indah di timur pulau Jawa, tempat dimana ayah dan ibunya dulu menemukan cinta.

5. Surga yang Tak Dirindukan (2015)

  • Sutradara: Kuntz Agus
  • Pemeran: Laudya Chintya Bella, Fedi Nuril, Raline Shah, dan Tanta Ginting

Kisah cinta pada pandangan pertama Arini (Laudya Cynthia Bella) dan Pras (Fedi Nuril) begitu indah. Pernikahan yang kemudian terwujud mendatangkan kebahagiaan lain dengan hadirnya Nadia.

Demi mewujudkan rumah agar senantiasa menjadi surga cintanya dan Pras, Arini pun berusaha mengabdikan diri sepenuh hati sebagai Ibu dan Istri.

6. Perempuan Berkalung Sorban (2009)

  • Sutradara: Hanung Bramantyo
  • Pemeran: Francine Roosenda, Reza Rahadian, Revalina Sayuthi Temat, dan Oka Antara

Anissa adalah seorang anak kyai sekaligus ibu dan istri yang tinggal di lingkungan pesantren. Hingga suatu saat, peristiwa demi peristiwa membuatnya mempertanyakan akan kebenaran ajaran agamanya.

7. Negeri 5 Menara (2012)

  • Sutradara: Affandi Abdul Rachman
  • Pemeran: Jiofani Lubis, D. Syamrizal Ardiwinata, Ahmad Dhahnial, dan Donny Alamsyah

Alif lahir di pinggir Danau Maninjau dan tidak pernah menginjak tanah di luar ranah Minangkabau. Masa kecilnya adalah berburu durian runtuh di rimba Bukit Barisan, bermain bola di sawah berlumpur dan tentu mandi berkecipak di air biru Danau Maninjau.

Tiba-tiba saja dia harus naik bus tiga hari tiga malam melintasi punggung Sumatera dan Jawa menuju sebuah desa di pelosok Jawa Timur. Ibunya ingin dia menjadi Buya Hamka walau Alif ingin menjadi Habibie.

 

Sumber dan Foto: Berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi layar.id.
Advertisement
Advertisement

Baca Juga

Film

Layar.id – Tidak ingin kehabisan banyak ide, Indonesia seringkali memproduksi film yang mengangkat cerita tentang pesantren. Berbagai genre film ternyata bisa masuk dan menciptakan...