Connect with us

Hi, what are you looking for?

Film

List Film Bertema Pesantren, Dari Genre Romantis Hingga Horror Yang Wajib Ditonton!

Layar.id – Tidak ingin kehabisan banyak ide, Indonesia seringkali memproduksi film yang mengangkat cerita tentang pesantren. Berbagai genre film ternyata bisa masuk dan menciptakan keseruannya tersendiri dalam film bertema pesantren. berikut beberapa film tentang pesantren yang bagus di tonton:

1. 3 Doa 3 Cinta (2008)

Foto 3 Doa 3 Cinta (imbd)

Film yang menjadi awal debut Nurman Hakim ini kembali mempertemukan Dian Sastrowardoyo dan Nicolas Saputra sebagai pemeran utama. Menceritakan tentang 3 sahabat yang tinggal di pesantren bernama Huda, Rian dan Syahid yang sama-sama ingin mewujudkan harapan mereka setelah lulus dari pesantren.

Huda yang ingin mencari ibunya di suatu tempat di Jakarta bertemu dengan Dona Satelit seorang penyanyi dangdut pemula yang sangat seksi ketika di panggung dan terobsesi menjadi bintang terkenal di Jakarta. Keduanya ternyata memiliki benih-benih asmara. Rian santri dari suatu kota besar mendapatkan sebuah kado handycam dari ibunya. Rombongan pasar malam terutama layar tancap yang kebetulan sedang singgah di desa itu membuat Rian semakin obsesif terhadap kamera. Rian ingin melanjutkan usaha ayahnya.

Syahid yang berasal dari keluarga miskin dan Ayahnya sakit keras. Syahid merencanakan sesuatu yang besar dalam hidupnya yang akan memberikan dampak bagi kedua temannya.

 

2. Perempuan Berkalung Sorban (2009)

Film drama romantis yang bertemakan islam ini dirilis pada tahun 2009 dan disutradarai oleh Hanung Bramantyo. Film ini dibintangi olej Revalina S Temat, Joshua Pandelaki, Nasya Abigail, Widyawati, Oka Anatara, Reza Rahardian, dan Ida Leman. Di adaptasi dari Novel berjudul sama milik Abidah El Khalieqy, penulis wanita asal Jombang, Jawa Timur.

Film yang menceritakan tentang kehidupan Anisa di lingkungan santri di sebuah pesantren di kawasan bogor. Lingkungan dan keluarga Anisa menggunakan nilai-nilai agama sebagai cara untuk mengekang kebebasan perempuan.

Di usianya yang masih muda Anisa di paksa menikah dengan seorang laki-laki yang tak dikenalnya bernama Samsudin. Alih-alih mencintai Anisa, sang suami justru memperlakukannya dengan buruk dan kekerasan fisik. Annisa juga dituduh berzina dengan seorang pria bernama Khudori dan menjadi bahan perbincangan di lingkungannya.

Memutuskan bercerai dengan samsudin dan harus menikah dengan khudori karena rumor zina yang menyebar. Cerita berlanjut dengan kisah Anisa yang berusaha memperjuangkan kebebasan perempuan di Pesantren Al Huda.

 

3. Negeri 5 Menara (2012)

Film adaptasi dari novel karya Ahmad Fuadi yang digarap oleh Kompas Gramedia Production bersama Milion Pictures ini dibintangi oleh Ikang Fawzi, Lulu Tobing, David Chalik, Donny Alamsyah dan Andika Pratama. Film yang menceritakan tentang Alif seorang anak sederhana yang baru lulus SMP di Maninjau, bersama sahabatnya Randai ingin melanjutkan SMA di Bukittinggi dan masuk kampus idamannya, ITB. Namun, ibu Alif menginginkan Alif masuk ke Pondok Madani, sebuah pesantren di Ponorogo Jawa Timur.

Sempat menolak, Alif akhirnya mau menuruti permintaan sang ibu dengan setengah hati. Bersama sang ayah menuju pondok tersebut, Alif dibuat semakin bersedih dikarenakan tempat yang terlihat kampungan dan penjara di matanya, ditambah lagi dengan keharusan mundur setahun untuk kelas adaptasi.

Awalnya, Alif lebih sering menyendiri. Namun seiring berjalannya waktu, Alif mulai bersahabat dengan teman-teman satu kamarnya. Mereka selalu berkumpul di meara masjid dan menamakan diri mereka Sahibul Menara alias para pemilik menara. Mereka sama-sama memiliki impian besar yang ingin dikejar.

4. 99 Nama Cinta (2019)

Film ini disturadarai oleh Danial Rifki dan ditulis oleh Garin Nugroho. Pemeran di film ini adalah Acha Septriasa, Deva Mahenra, Ira Wibow dan Donny Damara. Film yang menceritakan tentang karier Talia sebagai presenter sekaligus produser acara gosip yang sedang melejit di dunia infotainment mendadak berubah drastis saat bertemu Kiblat. Kiblat adalah ustad muda yang muncul di kantornya untuk memberikan pelajaran agama kepada Talia atas kehendak almarhum ayah Talia sebagai hutang budi kepada Kiblat.

Sejak saat itu, karier Talia merosot dikarenakan kesalahan kecil, tidak disangka Kiblat lah yang membantunya. Kedekatannya dengan kiblat menimbulkan getar-getar cinta dalam hati Talia. Namun, semuanya buyar ketika mendengar gosip bahwa kiblat hendak dijodohkan dengan Husna, pengajar baru di pesantren milik keluarga Kiblat.

5. Qorin (2022)

List Film Bertemakan Pesantren

 

Film Horor yang mengangkat kisah tentang pesantren ini disutradarai oleh Ginanti Rona dan di produksi IDN Pictures yang ditayangkan di bioskop pada 1 Desember 2022. Film horor religi ini dibintangi oleh Zulfa Maharani, Omar Daniel dan Ghniny Haque.

Mengisahkan tentang Zahra, siswa tingkat tiga sekolah asrama Rodiatul Jannah yang merupakan siswi tealadan yang memiliki segudang prestasi di sekolah. Zahra rela menuruti apapun perintah Ustad Jaelani, gurunya, demi mendapatkan nilai. Termasuk tugas untuk menjaga seorang siswi baru yang terkenal nakal bernama Yolanda dan mengajak para siswi untuk melakukan ritual Qorin.

Setelah menjalani kedua tugas itu, Zahra mulai mendapatkan terror dan hal-hal mistis. Zahra dan para siswi lainnya yang melakukan ritual tersebut mulai dihantui sosok jin yang menyerupai diri mereka masing-masing. Kedatangan jin Qorin membuat mereka melakukan perbuatan dosa yang tak terbayangkan dan perlahan kehidupan mereka mulai diambil alih oleh Jin Qorin.

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi layar.id.
Advertisement
Advertisement

Baca Juga

Film

Layar.id – Siapa tidak kenal aktor tampan yang sukses mencuri perhatian penggemar lewat aktingnya yang luar biasa. Ya, Omar Daniel salah satu aktor Indonesia...

Entertainment

Layar.id – Profil Yusuf Mahardika, siapa yang tidak tahu sinetron Tendangan Si Madun, Sinetron yang membawa nama Yusuf Mahardika melambung tinggi. Sinetrom yang tayang perdana pada...

Film

Layar.id – Ramadhan merupakan bulan suci bagi umat muslim di seluruh dunia. Selain berpuasa dan memperbanyak ibadah, ada juga orang yang memanfaatkan waktu luangnya untuk menonton...

Sinopsis

Layar.id – Film lokal Indonesia kembali diramaikan oleh nuansa mistis dan horor di awal bulan. Film Qorin resmi tayang di bioskop mulai tanggal 1 Desember...