Connect with us

Hi, what are you looking for?

Film Korea

Sinopsis film 2037, Korban yang Menjadi Narapidana

Yoon-Young 2037
Hong Ye-Ji sebagai Yoon-Young dalam 2037 (sumber: HanCinema)

Layar.id – Bagi anda yang kurang nyaman mengikuti drama korea yang episodenya terlalu panjang, film korea 2037 yang rilis perdana pada 8 Juni 2022, bisa menjadi pilihan.

Sama seperti film produksi Korea umumnya, 2037 berdurasi sekitar 126 menit. Durasi yang cukup untuk membuat bertahan menonton sampai akhir.

Film 2037 merupakan salah satu rekomendasi film Korea yang sedang booming, ada banyak teaser yang berseliweran di media sosial.

Film arahan sutradara Mo Hong-Jin berjudul 2037 ini bukan menunjukkan sebuah tahun. Namun sebuah nomor panggil si tokoh utama di sebuah rumah tahanan. Sang sutradara juga menulis skenario film bersama dengan Yoo Da Young.

Baca juga: Film Baru Kim Tae Ri, Alienoid Rilis 27 Juli

Sinopsis 2037

Tokoh utama ini bernama Yoon-Young, seorang gadis yang berumur 19 tahun. Ia tinggal hanya dengan ibunya, seorang penyandang tuna rungu. Di awal cerita, Yoon-Young sedang bersiap-siap untuk ujian pegawai negeri. Sambil menunggu ujian ia melakoni pekerjaan paruh waktu.

Suatu malam, terjadi suatu pada Yoon-Young saat dalam perjalanan pulang dari kerja paruh waktunya. Kejadian itu membuatnya harus membela diri dan berakhir menjadi seorang terdakwa dalam persidangan.

Setelah kejadian tersebut hidupnya menjadi berubah. Waktu yang harusnya ia habiskan untuk mempersiapkan diri menjadi pegawai negeri, kini ia habiskan di balik jeruji besi. Nomor 2037 adalah nomor panggilan tahanannya.

film 2037

Rekan satu sel Yoon-Young (sumber: HanCinema)

Di penjara Yoon-Young berada di sel nomor 12, bersama 4 rekan sepenjaranya perjuangannya dimulai. Sebagai anggota termuda dan terbaru, Yoon-Young harus beradaptasi dengan kebiasaan dan kepribadian rekan satu selnya.

Hari-hari pertamanya di penjara membuat Yoon-Young merasa putus asa. Yoon-Young merasakan ketidakadilan sebagai korban, yang dalam persidangan membuatnya menjadi terdakwa. Seiring berjalannya waktu ia dan 4 anggota sekamar di sel 12 menjalin persahabatan.

Mendekam di penjara bukan satu-satunya penderitaan setelah Yoon-Young. Ada hal lainnya yang membuatnya semakin terpuruk ketika berada di penjara.

Mengetahui fakta tragis yang terjadi padanya, hubungan Yoon-Young dengan teman-teman satu selnya semakin kuat. Mereka berusaha melindungi Yoon-Young. Yoon-Young menjadi lebih tegar dalam mengahadapi kenyataannya.

Yang paling mengesankan  dalam film ini adalah bagian ending nya. Sutradara Mo-Hong memilih ‘jalur’ open ending untuk film 2037. Artinya cerita akhir film ini tergantung pada interpretasi penonton

Di akhir cerita ditampilkan Yoon-Young sedang berjuang untuk mendapatkan hidupnya kembali. Kemudian adegan berganti menampilkan Ibu Yoon-Young yang sedang menyetrika sambil tersenyum. Di atas meja terlihat secarik kertas yang menunjukkan kartu wawancara ujian Pegawai Negeri miliknya.

Kemudian adegan berganti, menampilkan adegan seorang anak balita bersama salah satu rekan sekamar dipenjara dulu. Siapakah anak balita ini?

Pemain

Tokoh utama Yoon-Young diperankan oleh Hong Ye-Ji. Aktris yang berusia 20 tahun ini merupakan seorang penyanyi juga. Ia pernah tampil di acara audisi Produce 48 pada tahun 2018, namun harus tereliminasi. Film 2037 ini lah debut aktingnya sebagai pemeran utama.

Film ini juga didukung oleh aktris-aktris senior. Tentunya bagi anda penggemar drama korea pasti tidak asing lagi dengan wajah-wajah mereka. Pemain pendukung di 2037 antara lain:

Jeon So-min sebagai Jang Mi

Shin Eun Jung sebagai Seon-su

Kim Ji-Young sebagai Kyung sook

Hwang Seok-Jeong sebagai Li-ra

Jung In-gi sebagai penjaga tahanan

Kim Mi Hwa Sebagai Soon-je

(Ari/Crs)

 

Sumber: dari berbagai sumber

Foto: Hancinema

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi layar.id.

Baca Juga

Film Korea

Layar.id – Film Korea Decibel kini tayang di seluruh bioskop di Indonesia mulai tanggal 30 November 2022. Decibel disutradarai oleh Hwang In-ho. Film ini...

Film Barat

Last updated on 3 Desember, 2022 Layar.id – Netflix Norwegia menggarap film Troll yang tayang perdana pada 1 Desember 2022. Diarahkan oleh Roar Uthaug,...

sinopsis

Layar.id – Bioskop kembali diramaikan dengan film bergenre thriller. The Menu (2022) yang sedang tayang di seluruh sinema Indonesia sejak 18 November 2022, membawa...

Film Barat

Layar.id – Film superhero Venom: Let There Be Carnage yang tayang pada tahun 2021 ini merupakan sekuel film sebelumnya, Venom (2018). Sony Entertainment menyebutkan...