Connect with us

Hi, what are you looking for?

Netflix

Penyalin Cahaya: Bakal Tayang 13 Januari di Netflix

Penyalin Cahaya
Film Penyalin Cahaya (sumber: Rekata Studio/Kaninga Pictures)

Last updated on 19 November, 2022

Jakarta, Layar.id Penyalin Cahaya menjadi salah satu film yang ramai dibicarakan tahun 2021 melalui media sosial Instagram sampai Twitter. Film garapan sutradara Wregas Bhanuteja ini resmi dirilis pada tahun 2021 dan tayang perdana dalam Busan Internasional Film Festival.

Aktris Sheninna dan Sutradara Wregas mendapatkan kesempatan untuk mewakili film Penyalin Cahaya dalam Red Carpet pembukaan Busan International Film Festival.

Wregas Bhanuteja sendiri merupakan sutradara Indonesia pertama yang memenangkan penghargaan Cannes Film Festival untuk cerita pendeknya yang berjudul Prenjak.

Wregas Bhanuteja sebelumnya juga menggarap beberapa film pendek seperti Senyawa, Lemantun, Lembusura, The Floating Chopin, dan Tak Ada yang Gila di Kota Ini.

Film Penyalin Cahaya sendiri dibintangi aktor-aktor muda berbakat seperti Shenina Cinnamon sebagai Suryani, Jerome Kurnia sebagai Tariq, Dea Panendra sebagai Anggun, Chicco Kurniwan sebagai Amin, Lutesha sebagai Farah Natia, Lukman Sardi sebagai Ayah Sur, dan Ruth Marini sebagai Ibu Sur.

Baca juga: Netflix Remake The Raid, Gareth Evans Jadi Produser

SINOPSIS PENYALIN CAHAYA

penyalin cahaya

(sumber: Rekata Studio/Kaninga Pictures)

Film ini menceritakan tentang mahasiswa yang berprestasi bernama Sur. Diketahui sebelumnya Sur mengikuti pesta kemenangan teater kampusnya.

Setelah pesta itu, Sur tidak mengingat apa yang terjadi dan fotonya yang sedang mabuk sudah tersebar sampai ke pihak fakultas. Akibat kejadian itu, beasiswa Sur dicabut karena sudah mempermalukan nama fakultas.

Film ini berfokus pada tokoh utama Sur yang ingin mengungkapkan kebenaran tentang apa yang ia alami dalam pesta. Ia meminta bantuan kepada Amin, seorang petugas fotocopy kampus sekaligus teman masa kecil Sur untuk mencari identitas pelaku.

Film ini mengangkat isu tentang kekerasan dan pelecehan seksual, hal ini diungkapkan sutradara bisa menjadi media komunikasi paling efektif untuk menyuarakan isu-isu tentang kemanusiaan.

Penyalin Cahaya menjadi salah satu film yang mendapatkan banyak penghargaan dalam Piala Citra Festival Film Indonesia tahun 2021 dengan membawa 12 piala dari 17 nominasi. Beberapa penghargaan yang diraih kategori Film Cerita Panjang Terbaik, Pemeran Pendukung Pria Terbaik, dan Penulis Skenario Asli Terbaik.

Penyalin Cahaya membuat penasaran bagaimana perjuangan Sur mencari kebenaran atas dirinya.

Saksikan tayang secara global mulai 13 Januari 2022 di Netflix, ini sekaligus jadi film Indonesia original Netflix berikutnya yang bisa di tonton.

 

Sumber: berbagai sumber

Foto: Rekata Studio/Kaninga Pictures

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi layar.id.
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement

Baca Juga

Film Indonesia

Layar.id – Hanya tinggal menghitung hari, film Original Netflix Indonesia Dear David akan segera menghibur para penonton. Simak sinopsis dan pemeran Dear David berikut...

Viu Indonesia

Last updated on 5 Februari, 2023 Layar.id – Serial Mantan Tapi Menikah akhirnya tayang di layanan streaming  Viu mulai 31 Januari 2023. Simak ulasan...

Jadwal Tayang

Last updated on 6 Februari, 2023 Layar.id – Netflix hadirkan drama komedi romantis dalam judul Crash Course in Romance, serial terbaru arahan Yoo Je...

HBO Max

Last updated on 31 Januari, 2023 Layar.id – Serial The Last of Us akhirnya rilis secara global. Telah tayang mulai 16 Januari lalu, simak...