Connect with us

Hi, what are you looking for?

Film Indonesia

Ngeri – Ngeri Sedap, Film Tentang Keluarga Batak Penuh Nilai Kehidupan!

ngeri-ngeri sedap
Ngeri-Ngeri Sedap (sumber: Imajinari)

Last updated on 8 Juni, 2022

Layar. id – Resmi rilis pada Juni 2022 Ngeri-Ngeri Sedap menjadi film keluarga Indonesia sudah tayang di bioskop. Cerita dari film ini mengenai konflik keluarga Batak dengan empat anak yang sedang merantau ke kota besar.

Sebuah karya layar lebar dengan genre drama komedi. Ngeri-ngeri Sedap merupakan karya dari sutradara dan penulis Bene Dion Rajagukguk. Sedangkan pemerannya adalah Arswendy Nasution, Tika Panggabean, Boris Bokir, Gita Bhebhita, Lolox, dan Indra Jegel.

Secara garis besar, film ini mengenai keluarga dari  suku Batak. Ngeri-Ngeri Sedap mengangkat cerita tentang  Pak Domu dan Mak Domu merindukan anak-anaknya yang sedang merantau di kota besar.

Baca juga: Sinopsis Ngeri-Ngeri Sedap: Pengorbanan Pak Domu Agar Anaknya Pulang Kampung

Sukses film ini memiliki fakta unik didalamnya, yaitu:

Berawal dari bercanda jadi karya

Awal mula ide dan pembuatan film Ngeri Ngeri Sedap cukup menarik. Pengakuan sang sutradara, Bene Dion Rajagukguk kemunculan ide film bersama aktor Batak berawal ketika  Bene, Gita, Boris, dan Lolox bermain di film Comic 8.

Saat tengah syuting,  mereka berandai-andai dan bercanda jika bermain film bersama akan seru. Namun, siapa sangka, setahun kemudian ada investor menawarkan untuk membuat film.

Bene menjadi tertarik dengan candaan waktu itu dan mengundang teman-temannya menggarap film bersama rumah produksi Imajinari dan Visionari Film Fund.

Baca juga: Sinopsis Satria Dewa: Gatotkaca, Upaya Yuda Mencari Benda Pusaka

(sumber: Imajinari/Cinepolis)

Karya Cerita yang sudah ada sejak lama

Skrip Ngeri-Ngeri Sedap merupakan karya dari sang sutradara Bene Dion. Nyatanya, jalan cerita dari film ini sudah ada sejak delapan tahun lalu sampai akhirnya berhasil diproduksi.

Produser Ngeri-Ngeri Sedap, Dipa Andika menyampaikan sempat ragu produksi, sampai akhirnya kondisi pandemi selama dua tahun yang menyakinkan mereka untuk memproduksi film ini.

Memang benar, Bene Dion sempat menulis novel berjudul Ngeri Ngeri Sedap pada 2014. Walaupun begitu, dia menegaskan bahwa ide cerita di film terbaru ini bukan adaptasi dari buku itu.

Hal menarik lainnya dari film Ngeri Ngeri Sedap, meski banyak dibintangi komedian dan komika, film ini nyatanya bukan film komedi.

Film Ngeri Ngeri Sedap sendiri merupakan film drama keluarga yang dibuat semirip mungkin dengan keluarga suku Batak.

(sumber: Imajinari/Cinepolis)

Terinspirasi dari Karya Ernest Prakasa

Jalan cerita yang menarik dari film Ngeri-Ngeri Sedap terinspirasi sang sutradara film Cek Toko Sebelah. Secara tidak langsung, film Ngeri-Ngeri Sedap adalah gaya lain dari film Cek Toko Sebelah garapan Ernest Prakasa dalam versi keluarga Batak.

Sama halnya dengan Ernest yang latar belakang kehidupan pribadinya menjadi sebuah film, Bene Dion melakukan hal serupa untuk menghibur penonton, khususnya mereka yang berasal dari keluarga Batak.

Film dengan target penonton untuk universal

Walaupun menggunakan latar belakang Batak, film berdurasi 114 menit ini bukan hanya untuk orang Batak. Harapan dari Bene Dion adalah penonton dari segala kalangan dapat menikmati film komedi keluarga ini.

Baginya, masalah keluarga yang diangkat dalam film, rasanya pernah dialami oleh keluarga manapun. Selain itu, Bene Dion ingin melalui film ini ada dampak positif yang muncul dalam menghadapi masalah keluarga.

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi layar.id.

Baca Juga

Film Indonesia

Jakarta, Layar.id –  Untuk Anda yang mencari tontonan pengisi waktu luang di akhir pekan, rekomendasi karya Tanah Air ‘Pulau Plastik’ kini tersedia di Netflix....

Film Indonesia

Jakarta, Layar.id – Ngeri-Ngeri Sedap merupakan film drama komedi Indonesia yang dirilis pada 2 Juni 2022 dengan disutrdarai Bene Dion Rajagukguk dan penulis skenarionya...

Film Indonesia

Layar.id – Dari judulnya saja kemungkinan kita merasa asing dengan maknanya. Film Twivortiare bercerita mengenai sepasang suami istri yang kembali menjalani pernikahan kedua kalinya....

Film

Jakarta, Layar.id – Kabar baik bagi Anda penggemar film pendek, karena Red Sky Entertainment baru saja merilis salah satu judul film pendeknya, bertajuk Savage...