Connect with us

Hi, what are you looking for?

Film Indonesia

Hiiiy Seram! Ini Dia Kejadian Horor di Lokasi Syuting Film Pengabdi Setan

lokasi syuting pengabdi setan
Rumah tempat syuting Pengabdi Setan (2017)

Terakhir diperbarui 15 Maret, 2023

Layar.id Film horor remake yang disutradarai oleh Joko Anwar berjudul Pengabdi Setan tengah menjadi buah bibir masyarakat. Banyak penonton yang menilai bahwa film ini sangat menyeramkan dan bikin merinding.

Hal ini mengikuti film terdahulunya yang diluncurkan pada tahun 1980 yang juga dinobatkan sebagai film horror Indonesia terseram sepanjang sejarah.

Sudah umum, di mana ketika film horor dibuat, setting yang digunakan pun pastilah tempat-tempat yang memiliki tingkat keseraman yang tinggi.

Dalam film Pengabdi Setan ini, sebuah rumah tua di Pangalengan, Bandung, dipilih sebagai lokasi syutingnya. Warga sekitarpun jarang ada yang berani melewati rumah itu karena dikenal angker dan menakutkan.

Baca juga: Siap Go International, Pengabdi Setan Ikut 3 Festival Film Bergengsi

Poster Pengabdi Setan

Poster Pengabdi Setan (sumber: Rapi Films)

Selanjutnya sudah dapat ditebak, banyak hal ganjil yang sering terjadi ketika proses syuting berlangsung. Penasaran kejadian apa saja yang terjadi selama proses syuting Pengabdi Setan ini berlangsung? Yuk, cek artikel yang satu ini!

1. Daun pintu yang tiba-tiba membesar

Keanehan terjadi ketika para kru hendak menutup sebuah pintu namun tidak bisa karena daun pintu tiba-tiba membesar. Joko Anwar selaku sutradara juga mengaku melihat kejadian itu dan menyaksikan sendiri bagaimana pintu tersebut berusaha di gergaji tapi tetap gagal.

“Kita lagi mau syuting tiba-tiba, kan pakai rumah yang sudah ada. Pintunya enggak bisa ketutup, pintunya tiba-tiba jadi gede banget. Kan ada pintu, terus kusen, tiba-tiba ditutup enggak bisa. Ternyata pintunya lebih segini, memuai. Memuai sendiri. Pokoknya itu yang terjadi, terus coba digergaji 45 menit tapi enggak bisa-bisa,” ucap Joko Anwar

2. Ada suara ghaib yang terekam di Instagram salah satu kru

Berbarengan dengan kejadian daun pintu yang membesar, salah satu kru iseng membuat instagram story dan meng-upload nya ke Instagram. Tak disangka ada suara mistis juga yang terekam.

Baca juga: Laris Manis, Joko Anwar Puas Dengan Film Pengabdi Setan

3. Keangkeran rumah yang sudah di konfirmasi oleh GPC

(sumber: ghost photography community)

Ghost Photography Community (GPC) sendiri adalah komunitas fotografi yang memiliki ketertarikan berfoto di lokasi-lokasi yang angker. Kebetulan rumah yang digunakan untuk syuting Pengabdi Setan ini juga menjadi salah satu lokasi yang mereka datangi. Berbagai foto ‘ganjil’ berhasil mereka abadikan dari rumah ataupun sekitar rumah tersebut.

Namun, GPC ini juga menyebutkan bahwa mereka tidak ada sangkut pautnya dengan promosi ataupun terlibat dalam proses produksi film, mereka murni komunitas yang hobi mencari lokasi berhantu. Dan, lokasi syuting film Pengabdi Setan ini mereka akui sebagai salah satu yang paling angker.

Kalau kalian penasaran, kalian bisa nih liat interview Joko Anwar dan Endy Arfian selaku aktornya bersama Raditya Dika soal keganjilan yang terjadi di lokasi syutingnya.

Hmm, jadi makin penasaran buat nonton filmnya, ya!

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi layar.id.
Advertisement
Advertisement

Baca Juga

Netflix

layar.id – Serial terbaru dari Netflix Nightmares and Daydreams merupakan hasil karya terbaru Joko Anwar. Memang ini karya terbaik? Dari Joko Anwar selama ini....

TV Series

Layar.id – Joko Anwar kembali mengeluarkan karya serial terbarunya, Nightmares and Daydreams, dengan tujuh episode. Serial ini bakal tayang di Netflix mulai 14 Juli...

Netflix

Layar.id – Serial Joko Anwar’s Nightmares and Daydreams akan tayang mulai 14 Juni 2024 mendatang. Kolaborasi pertama Netflix dan Joko Anwar ini hadir dalam...

Netflix

Layar.id – Netflix Indonesia bersama Joko Anwar akan menghadirkan kolaborasi pertama berupa serial Joko Anwar’s Nightmares and Daydreams. Kisah yang hadir dalam serial ini...