Connect with us

Hi, what are you looking for?

Film Indonesia

Daftar Film Indonesia Bertemakan Islami Terbaik di 2023

Film Indonesia Islami Terbaik

Layar.id – Industri perfilman Indonesia telah banyak melahirkan genre dan alur cerita yang menarik dengan topik yang beragam. Sebagai contoh banyak film yang mengangkat tema Islami di dalamnya, dan biasanya mengangkat perjalanan tokoh tersebut dalam masa hijrahnya, dan memiliki kisah yang menyentuh serta hikmah di baliknya.

Saat ini tema Islami juga mulai diangkat dalam serial streaming online seperti Viu atau Video. Berikut ini adalah film dan serial Islami Indonesia pada tahun 2023.

1. Buya Hamka Vol. 1

Film Indonesia Islami Terbaik

Flm Buya Hamka Vol. I merupakan film biografi yang diangkat dari kisah nyata perjalanan tokoh Indonesia bernama Buya Hamka, dan tayang perdana pada April 2023 lalu. Sedangkan volume keduanya direncanakan akan tayang pada momen liburan Nataru 2023-2024.

Pada film ini menceritakan masa-masa Buya Hamka ketika menjadi pengurus Muhammadiyah di Makassar dan berhasil memajukan organisasi tersebut, bahkan karirnya sebagai pemimpin redaksi majalah sempat melejit. Sayangnya kehidupan Hamka mulai berbenturan dengan Jepang, dan semakin terguncang ketika salah satu anak mereka meninggal dunia.

2. Hati Suhita

Film Indonesia Islami Terbaik

Film yang diadaptasi dari nover berjudul sama karya Khilma Anis, Hati Suhita, rilis di bioskop Indonesia pada Mei 2023 lalu. Mengangkat tentang perjodohan yang terjadi di pesantren, film ini sukses menguras banyak emosi dan penuh haru di dalamnya.

Menceritakan seorang santriwati, Alina Suhita, yang resmi menjadi istri dari Gus Birru melalui perjodohan. Walaupun Suhita digambarkan sebagai erempuan yang tangguh dan pantang menyerah, ia menyembunyikan rasa sakit dan kesedihannya karena tidak diinginkan oleh suaminya.

3. Bidadari Bermata Bening

Film Indonesia Islami Terbaik

Merupakan adaptasi dari novel populer karya Habiburahman El Shirazy, Bidadari Bermata Bening tayang perdana di Viu pada akhir Maret 2023. Memperlihatkan seorang perempuan sholehah yatim piatu yang bimbang karena dihadapkan pada pilihan yang sulit.

Menceritakan kedua remaja, Ayna dan Gus Afif yang diperkenalkan oleh seseorang, saling merasa suka satu sama lain. Tetapi masalah dimulai ketika Ayna dihadapkan pada dua laki-laki yang datang untuk melamarnya, dengan latar belakang dan kepribadian yang berbeda. Walaupun Ayna tampak sudah memilih, tetapi ia harus erus berdoa agar mengetahui manakah pilihan yang tepat.

4. Di Bulan Suci Ini

Film Indonesia Islami Terbaik

Mini seri garapan Screenplay Films dan Vidio.com, Di Bulan Suci Ini, merupakan series yang rilis pada Maret 2023 lalu, menghadirkan nuansa toleransi dalam beragama, dengan bumbu komedi yang membuatnya terlihat berbeda.

Menceritakan tentang dua keluarga, yaitu adat Jawa dan adat Tionghoa, yang memiliki kebiasan dan keyakinan yang berbeda. Mereka harus melakukan perjalanan ke Banyuwangi, daerah paling ujung timur di Pulau Jawa, untuk merayakan lebaran sekaligus Ceng Beng bersama. Selama perjalanan, lambat laun kedua keluarga mulai menunjukkan warna asli mereka masing-masing, dan hal itu membuat toleransi mereka semakin erat.

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi layar.id.
Advertisement
Advertisement

Baca Juga

Film

Layar.id – Bagi para pecinta film di Tanah Air, perlu diketahui bahwa Dedy Arliansyah Siregar bersama Lima Sembilan Vision siap mempersemahkan film komedi Indonesia...

Film Indonesia

Layar.id – Siapa sih yang tidak tahu Film Kejar Mimpi Gaspol? Pasti tahu kan? Yaps! Film Kerja Mimpi Gaspol ini berkisah dari seorang single...

Film Indonesia

Layar.id – Sinopsis ini diadaptasi dari novel “Sarcophagus Onrust” yang dituli oleh Astryd Diana Savitri. Hadirnya film tersebut sebagai salah satu bentuk pengembangan bisnis...

Film Indonesia

Layar.id – Film Indonesia tidak kalah sukses dari film-film luar. Apalagi Netflix menjadi platform streaming yang banyak diminati oleh penonton. Nah, di awal minggu...