Connect with us

Hi, what are you looking for?

Film Barat

Sinopsis Interstellar: Perjuangan Cooper Dalam Menemukan Planet Pengganti Bumi

Interstellar
(sumber: Warner Bros.)

Last updated on 14 April, 2022

Jakarta, Layar.id Interstellar merupakan film fiksi ilmiah yang dirilis pada 5 November 2014 di Amerika Serikat yang disutradarai oleh Christopher Nolan.

Christoper Nolan juga sekaligus sebagai penulis skenarionya bersama dengan adiknya Jonathan Nolan.

Film Interstellar dibintangi oleh Matthew McConaughey, Anne Hathaway, Matt Damon, Jessica Chastain, Bill Irwin, Ellen Burstyn, Michael Caine.

Film berdurasi 169 menit ini mengambil latar masa depan distopia yang mengisahkan umat manusia yang diambang kepunahan. Menceritakan tentang Cooper bersama sekelompok astronot melakukan perjalanan luar angkasa melintasi Lubang Cacing yang berada di dekat planet Saturnus untuk menemukan planet yang layak menjadi pengganti bumi. Namun, Cooper harus terjebak dalam dimensi waktu luar angkasa.

Untuk menonton film Interstellar bisa melalui stasiun televisi, seperti TransTV yang menayangkan pada pukul 21.30 WIB dalam acara Bioskop TransTV.

Berikut ulasan lengkap sinopsis dan nama pemeran yang sudah dirangkum.

Baca juga: Film Skiptrace: Misi Bennei Chan Untuk Mencari Mafia Hongkong

SINOPSIS INTERSTELLAR

Interstellar

(sumber: Warner Bros.)

Keadaan bumi pada 2067 akan semakin buruk hingga tidak layak untuk dihuni karena badai debu dan hawar yang menyerang tanaman pangan. Kondisi tersebut membuat Cooper, seorang mantan pilot NASA yang menjadi petani sangat khawatir dengan kehidupan anak-anaknya, Tom dan Murphy.

Hingga pada suatu hari, tiba-tiba ada sebuah pola misterius yang ditemukan di debu yang menutupi tempat tidur Murphy. Cooper mengatakan jika pola tersebut disebabkan karena adanya variasi gravitasi yang menunjukkan titik kordinat dengan kode biner.

Kemudian, Cooper mulai mencari titik kordinat tersebut, ternyata pencariannya mengantarkan ke markas rahasia NASA yang dipimpin oleh Profesor John Brand. Di markas tersebut, Cooper mengetahui bahwa 48 tahun silam ada Lubang Cacing yang tiba-tiba muncul di dekat Saturnus sebagai jalan perjalanan luar angkasa melintasi galaksi untuk sampai ke planet-planet yang berpotensi layak huni. Sebanyak 12 planet di sebuah galaksi jauh yang dekat dengan super masive black hole bernama Gargantua. Dari 12 orang relawan yang dikirim melintasi Lubang cacing itu, 3 diantaranya mengirimkan berita baik yakni Dr. Mann, Laura Miller, dan Wolf Edmunds.

Sehingga NASA membuat dua rencana untuk menyelamatkan umat manusia, yakni Rencana A pengembangan teknologi pendorong antigravitasi dan Rencana B meluncurkan pesawat luar angkasa Endurance yang membawa 5.000 embrio manusia yang dibekukan untuk menghuni planet pengganti bumi.

Cooper diminta menjadi pilot Endurance untuk melakukan perjalanan melalui Lubang Cacing tersebut bersama Dr. Amelia Brand, Dr. Doyle, dan Romilly. Sebelum pergi Cooper memberikan jam tangan pada Murphy dan berjanji akan kembali.

Setelah melewati Lubang Cacing, Cooper dan krunya menuju planet dimana Miller berada, namun karena jaraknya yang dekat dengan Gargantua terjadi dilatasi waktu. Satu jam di planet tersebut sama dengan 7 tahun waktu di bumi. Romilly berjaga di Endurance dan menunggu Cooper, Doyle, dan Brand yang ingin menemui Miller di planet air tersebut.

Sayangnya ketika mendarat, mereka hanya menemukan kapal milik Miller yang hancur sebelum ombak raksasa datang yang kemudian menewaskan Doyle. Kejadian tersebut membuat Cooper dan Brand menghabiskan waktu terlalu lama di planet air sehingga saat kembali ke Endurance mereka telah melewatkan waktu 23 tahun di bumi meski perjalanan mereka hanya beberapa jam saja.

Ketiga orang itu kemudian menuju planet tempat Dr. Mann berada dan membangunkannya dari cryostatis. Sementara itu Murphy yang kini dewasa telah menjadi seorang ilmuwan NASA. Ia mengirimkan pesan bahwa kakeknya Donald telah meninggal, ia juga kecewa pada Cooper karena ternyata Rencana A hanyalah sebuah kebohongan.

Mendapat pesan itu Cooper ingin segera kembali ke bumi  dan meninggalkan Brand dan Romilly untuk melanjutkan Rencana B. Sayangnya, Dr. Mann mengungkap kalau data yang ia kirim semua palsu dan planet itu tak layak huni. Dr. Mann berniat untuk membunuh Cooper dan mencuri kapal menuju Endurance, sementara itu Romilly akibat jebakan yang dibuat Dr. Mann. Akhirnya, Cooper dan Bran mengejar Dr. Mann dan berhasil mengendalikan Endurance yang hilang kendali setelah Dr. Mann gagal melakukan pendaratan yang menewaskannya.

Karena tak cukup bahan bakar, Cooper dan Brand terpaksa memilih manuver dengan bantuan gravitasi gargantua untuk mencapai planet dimana Edemunds berada meski ada dilatasi waktu selama 51 tahun. Demi mengurangi beban Cooper dan robot TARS melepaskan diri dari Endurance agar Brand dapat sampai ketujuan.

Melewati Event Horizon lubang hitam Gargantua Cooper sampai pada sebuah struktur empat dimensi yang berada jauh dari titik singularity. Melalui dimensi waktu yang berbeda Cooper dapat melihat isi kamar Murphy melalui rak buku dan dapat berinteraksi dengan bantuan gravitasi. Setelah itu Cooper menyadari bahwa dia adalah “hantu” yang sering disebut Murphy kecil.

Dengan bantuan gelombang gravitasi Cooper memberikan koordinat markas NASA pada debu dikamar Murphy. Ia juga memasukkan kode Morse pada bagian detik jam tangan Murphy untuk meneruskan informasi mengenai Gargantua yang dikumpulkan TARS. Akhirnya Murphy dewasa pun menyadari bahwa jam yang dimilikinya adalah kode morse dan berhasil menguraikan pesan yang dikirim Cooper.

Dapatkah Murphy dewasa menggunakan informasi tersebut untuk menyelamatkan umat manusia? Apa yang akan terjadi pada Cooper? Lalu siapa yang menempatkan struktur empat dimensi dalam lubang hitam tersebut?

Baca juga: Sinopsis Catwoman: Misi Patience Dalam Mengungkap Kejahatan Laurel

Pemeran Interstellar

Matthew McConaughey sebagai Cooper

Anne Hathaway sebagai Amelia Brand

David Gyasi sebagai Romilly

Wes Bentley sebagai Doyle

Bill Irwin sebagai TARS

Jose Stewart sebagai CASE

Jessica Chastain sebagai Murphy

Mackenzie Foy sebagai Murphy kecil

Ellen Burstyn sebagai Murphy tua

Michael Caine sebagai Profesor Brand

Casey Affleck sebagai Tom

Timothée Chalamet sebagai Tom kecil

John Lithgow sebagai Donald

Topher Grace sebagai Getty

David Oyelowo sebagai kepala sekolah

Matt Damon sebagai Dr. Mann

Trailer

 

Sumber dan Foto: Berbagai Sumber 

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi layar.id.

Baca Juga

Drama Jepang

Last updated on 26 November, 2022 Layar.id – Serial drama Jepang terbaru First Love tayang di Netflix pada 24 November 2022. Kisah cinta lintas...

TV Series

Layar.id – Serial komedi horor supranatural dari Netflix berjudul Wednesday tayang, sesuai dengan judulnya, pada hari Rabu 23 November 2022. Berjumlah 8 episode, mengikuti...

sinopsis

Layar.id – Melodrama buat yang butuh healing baru saja rilis di ENA berjudul Summer Strike, tayang pada 21 November 2022. Hong Moon Pyo dan...

sinopsis

Last updated on 27 November, 2022 Layar.id – Drama Korea Reborn Rich tayang perdana di JTBC pada 18 November 2022, yang dibuat sebanyak 16...