Connect with us

Hi, what are you looking for?

Film Asia

5 Rekomendasi Film Stephen Chow dengan Rating Tertinggi

Stephen Chow
sumber hollywood reporter

Jakarta, Layar.id – Stephen Chow adalah aktor komedi legendaris dari Hong Kong. Film-filmnya sudah menemani masa muda orang tua dan juga masa kecil anak-anak. Tidak heran, beberapa film komedi memiliki konten ramah anak-anak. Namun ada juga yang mengandung konten dewasa dengan humor yang hanya bisa dimengerti setelah akil balik. 

Stephen Chow memiliki prestasi legendaris di kancah perfilman Hong Kong. Menurut Sohu, film Hong Kong pertama yang menembus box office 40 juta yuan adalah miliknya. Begitu pula dengan yang kedua dan ketiga. Antara tahun 1990 hingga 1003, Stephen Chow adalah jawara box office Hong Kong dan terus memecah rekor box office.

Hal ini dikarenakan aktor yang dihormati dengan panggilan Tuan Xing (Xing Ye) ini memiliki gaya humor yang unik. Ia juga suka mengeluarkan percakapan yang aneh dan plot yang dipelintir sejadi-jadinya. Tidak heran, banyak orang yang menjuluki aktor dengan nama asli Chiau Sing-chi ini sebagai Raja Komedi di Hong Kong, bahkan di China.

Di Indonesia sendiri, Stephen Chow lebih dikenal lewat filmnya Kung Fu Hustle. Namun ternyata ia memiliki banyak film ikonik setelah terkenal dengan seri God of Gamblers. Berikut adalah 5 film Stephen Chow dengan rating tertinggi di IMDb selain Kung Fu Hustle.

Baca juga: 5 Drama Terbaik Kim Mi Soo untuk Mengenangnya

Shaolin Soccer (2001)

Shaolin Soccer

sumber NME

Sekitar 20 tahun sebelum cerita dimulai, seorang pemain bintang Fung (Man-Tat Ng) mendapat julukan Kaki Emas karena kemampuan sepak bolanya. Namun setelah dijebak oleh temannya, ia tidak pernah lagi ke lapangan. Setelah 20 tahun, ia tidak sengaja bertemu dengan Sing (Stephen Chow) yang memiliki kaki yang kuat.

Berdasarkan pengalamannya, ia tahu pria ini bisa menjadi bintang lapangan baru. Ia pun mulai membujuk Sing untuk mau bermain sepak bola dan Sing akhirnya menerima. Ia juga menyarankan untuk mengumpulkan semua saudara seperguruan Shaolin-nya untuk membentuk tim sepak bola.

Dimulailah kisah sebuah tim sepak bola yang memadukan kemampuan kung fu dalam permainan mereka. Tim ini berhasil terus menang hingga bertemu dengan lawan yang sangat kuat. Namun jangan khawatir, orang tidak terduga akan hadir dan membantu mereka memenangkan pertandingan.

All for the Winner (1990)

all for the winner

sumber naver

All for the Winner adalah seri pertama dalam serial 3 film God of Gamblers. Dalam film ini, Stephen berperan sebagai pemuda bernama A Sing yang bisa menembus kertas. Jadi ia bisa melihat isi kartu atau kertas yang diletakkan terbalik. Pamannya (Man-Tat Ng) mengetahui hal ini dan mereka pun mulai mencari nafkah dengan berjudi di Hong Kong.

Di sana, ada seorang pemimpin mafia bernama Hong Ye (Paul Chun Pui) yang merupakan Raja Judi. Ia memusuhi A Sing yang mengancam merebut posisinya ini. Namun A Sing sendiri justru jatuh cinta dengan pembunuh bawahannya, wanita bernama Qi Meng (Sharla Cheung). Ini adalah kisah di dunia bawah tanah dengan judi, aksi, romansa, kebencian, dan balas dendam dalam balutan komedi.

A Chinese Odyssey (2 film, 1995)

A Chinese Odyssey Cinderella

A Chinese Odyssey Cinderella (sumber mubi)

A Chinese Odyssey merupakan adaptasi dari kisah klasik Kera Sakti Sun Go Kong ke Barat untuk mengambil kitab Sutra Buddha. Namun di sini, Sun Go Kong justru mengkhianati gurunya Tong Sam Cong. Guan Yin yang mengetahui hal ini menghukum si Kera Sakti dan ia pun terlahir kembali sebagai manusia 500 tahun kemudian.

Di film pertama Pandora’s Box, Joker (Stephen Chow)yang merupakan reinkarnasi Sun Go Kong tiba-tiba bertemu dengan siluman-siluman yang mengincar gurunya. Ia dan temannya (Man-Tat Ng) pun mulai berusaha menyelamatkan diri. Guan Yin bahkan sampai turun untuk memberitahu Joker tentang identitas aslinya.

Di film kedua Cinderella, Joker kembali ke 500 tahun lalu. Ia berencana menghentikan kesalahannya dan mengembalikan barang yang ia curi ke pemilik sebenarnya, Zi Xia. Tanpa terduga, dewi ini justru jatuh cinta dengannya. Kembali dimulailah kisah plot twist antara Joker, Zi Xia, dan para siluman yang ada saat itu.

King of Comedy (1999)

king of comedy

sumber asianwiki

Dalam film kali ini, Stephen Chow berperan sebagai Wan Tin Sau, pria yang bercita-cita menjadi aktor terkenal. Ia mencari peran sambil membuka kelas akting sebagai penghasilan sampingan. Lau Piu Piu (Cecilia Cheung), seorang gadis bar kemudian belajar dengannya untuk bisa menjadi karyawan terbaik di tempatnya bekerja. Lama kelamaan mereka pun saling jatuh hati.

Di sisi lain, kemampuan akting Wan Tin Sau akhirnya terlihat oleh aktris terkenal Sister Cuckoo (Karen Mok). Ia senang akhirnya mendapatkan peran utama. Namun saat tiba di lokasi syuting, ia baru tahu perannya telah digantikan oleh orang lain. Sebagai gantinya, ia malah membantu seorang polisi penyusup (Man-Tat Ng) memecahkan kasus di kru produksi tersebut.

Fight Back to School (1991)

fight back to school

sumber SCMP

Serial Fight Back to School juga terdiri dari 3 film. Film pertamanya ini bercerita tentang anggota SWAT terhebat Star Chow (Stephen Show) yang mendapatkan tugas dari kaptennya. Ia harus menyusup ke sekolah untuk menemukan pistol kapternya yang hilang. Star Chow sangat tidak suka dengan tugas ini hingga bertemu dengan guru Miss Ho (Man Cheung).

Selama ia menjadi siswa, ia dan temannya (Man-Tat Ng) mengetahui ada siswa yang berhubungan dengan mafia. Dari situ, ternyata ada sebuah transaksi besar penjualan senjata api yang sedang berjalan. Mereka pun mulai menjalankan tugas sebagai polisi dan berusaha menghentikannya.

 

Tentunya tidak hanya kelima film ini, masih ada banyak film lain yang menjadi film klasik di kalangan penonton. Misalnya Royal Tramp, Flirting Scholar, Hail the Judge, The Mad Monk, Forbidden City Cop, dan lain-lain. Anda bisa mencari judul-judul ini bila ingin lebih banyak tertawa dengan film Stephen Chow.

 

Sumber: IMDb, Sohu, Baidu
Foto: berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi layar.id.

Baca Juga

Film Asia

Jakarta, Layar.id – Film komedi terbaru Mahua FunAge, Advancing of ZQ ditunda dari jadwal awalnya. Film yang sebelumnya dijadwalkan pada Imlek, 1 Februari ini...

Film

Jakarta, Layar.id – Karya menarik selalu hadir dari sutradara Ernest Prakasa, seperti luar biasanya setiap akhir tahun ada hal baru muncul di kancah layar...

Film Asia

Last updated on 8 Januari, 2022 Jakarta, Layar.id – Advancing of ZQ adalah film komedi pertama yang disiapkan Mahua FunAge untuk penayangan saat Imlek....

Film Asia

Jakarta, Layar.id – Hi Mom adalah judul film dengan pendapatan terbesar dari sutradara wanita. Film ini berhasil mengungguli Wonder Woman 1984 karya Patty Jenkins....