Connect with us

Hi, what are you looking for?

Berita Hiburan

5 Musuh Batman Terkuat yang Hadir dalam Film-filmnya

Musuh Batman
sumber the ringer

Jakarta, Layar.id – Musuh Batman sangat banyak dan terus bermunculan dalam versi komiknya. Kekuatan dan kemampuan mereka juga bervariasi. Namun tidak banyak musuh Batman yang berhasil muncul dalam film-filmnya. Salah satu faktor yang memengaruhi adalah kepopulerannya.

Di antara mereka yang sudah muncul di layar kaca, siapakah musuh Batman terkuat?

1. Ra’s Al Ghul – Liam Neeson (Batman Begins)

Ra's Al Ghul salah satu mush terkuat batman

Liam Neeson – Ra’s Al Ghul (sumber CBR)

Ra’s Al Ghul adalah kepala dari salah satu fraksi paling mematikan di DC, League of Assassins. Tidak hanya pemimpin para pembunuh, ia juga sosok yang abadi. Hal ini karena ia memiliki Lazarus Pits yang bisa memperpanjang hidup dan menyembuhkan segala luka. Ra’s Al Ghul juga memiliki koneksi unik dengan si pahlawan kelelawar. Ia pernah menikahkan putrinya kepada Batman sebelum akhirnya pasangan ini bercerai.

Dalam film Batman Begins (2005), sang antagonis sudah tampil sejak awal sebagai Henri Ducard. Namun seiring cerita berjalan, ternyata ia bukanlah sekutu Batman, tetapi Ra’s Al Ghul yang jahat. Ia merupakan strategis yang pintar dan rela memakai semua bidak untuk mencapai tujuannya. Tokoh ini sangat penting dalam trilogi hingga putrinya hampir berhasil mengalahkan Batman.

Baca juga: Film DC Setelah The Batman yang Rilis Tahun ini

2. Bane – Tom Hardy (The Dark Knight Rises)

Bane, musuh batman terkuat

Tom Hardy – Bane (sumber cbr)

Bane adalah salah satu antagonis ikonik dari seluruh musuh Batman. Berasal dari cerita ikonik ‘Knightfall’ dan menjadi inti dari film The Dark Knight Rises (2012), Bane digambarkan berhasil menghancurkan Batman secara fisik dan mental. Tidak hanya memiliki fisik yang kuat, ia juga membuktikan diri bisa menyusun rencana pelik.

Dalam film, Tom Hardy menunjukkan kemampuan aktingnya dengan berhasil menampilkan Bane yang mematikan dengan dialog yang minim. Kata-katanya memang sulit dipahami, tetapi adegan saat Bane berhasil mematahkan punggung Batman masih ikonik hingga sekarang. Ia juga memiliki latar belakang yang tragis yang membuatnya ingin melindungi Talia Al ghul, putri Ra’s Al Ghul, dan rela menjadi bawahannya.

3. Two-Face – Aaron Eckhart (The Dark Knight)

Aaron Eckhart - Two-Face

Aaron Eckhart – Two-Face (sumber movieweb)

Kisah latar Two-Face juga tragis. Berawal sebagai teman baik dan sobat dekat Batman, hidup Harvey Dent mulai berubah setelah setengah wajah hancur oleh racun asam. Setelah itu, ia tidak lagi bisa berbalik dan terus berjalan menuju kegelapan. Two-Faced terkenal terobsesi dengan angka 2, pola simetrik, dan suka melempar koin untuk menentukan nasib korbannya.

Dalam The Dark Knight (2008), Aaron Eckhart menampilkan makna langsung kata-kata awal film, “Pahlawan meninggal sebagai pahlawan, atau mereka hidup cukup lama menjadi penjahat.” Harvey Dent dalam film berubah dari orang paling jujur dalam Gotham menjadi salah satu penjahat mematikan setelah setengah wajahnya hancur dan  kehilangan istri tercintanya.

4. Scarecrow – Cillian Murphy (Batman Begins)

Cillian Murphy - Scarecrow

Cillian Murphy – Scarecrow (sumber juksy)

Scarecrow adalah musuh Batman yang memakai racun sebagai senjatanya. Racun ini sudah meneror penduduk Gotham bertahun-tahun. Bahkan senjata biologis ini masih efektif sampai sekarang dan menjadikan Scarecrow salah satu musuh terkuat Batman hingga sekarang.

Dalam film, Cillian Murphy membawakan karakter Scarecrow sebagai antagonis utama kedua setelah Ra’s Al Ghul. Bisa dibilang, Scarecrow ternyata adalah tokoh uang menghubungkan para antagonis dalam trilogi. Ia memang bukan musuh utama, tetapi ia menampilkan bagaimana kekejaman dan kesenangan Scarecrow menyiksa korban.

5. Joker

Joker

Joker (sumber daily beast)

Joker adalah antagonis paling terkenal di Batman, bahkan dalam DCEU. Salah satu musuh Batman terkuat ini memiliki pikiran dan cara yang gila dalam menyebar teror di kota. Kegilaan ini membuatnya sulit diprediksi bahkan oleh detektif terhebat kota Gotham. Meski dalam film ada banyak versi, tetapi dalam komik, tidak ada hal dalam Joker yang membuatnya menarik simpati pembaca.

Joker sudah muncul berkali-kali dalam versi film dan banyak aktor yang sudah memerankannya. Mulai dari Cesar Romero dalam TV seri 1940, Jack Nicholson dalam film Batman (1989), Heath Ledger berperan di The Dark Knight (2008), Jared leto dalam film Zack Snyder di tahun 2016, hingga Joaquin Phoenix membawakan film khusus Joker tahun 2019.

Penampilan Joker mereka membawakan kegilaan khas masing-masing yang berbeda dari aktor-aktor lainnya. Namun tetap ada yang sama, yaitu make up badut di wajahnya, rambut berwarna hijau, dan jas resminya. Siapa Joker favorit Anda?

 

Itulah musuh- musuh Batman terkuat dan penampilannya dalam film-film Batman. Tiap musuh memiliki cara, kisah latar, dan tujuan mereka masing-masing, menjadikan mereka musuh yang unik dan membekas di benak para penggemar Batman. Siapa musuh Batman favorit Anda dalam film?

 

Sumber: ScreenRant, Collider
Foto: berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi layar.id.

Baca Juga

Film

Jakarta, Layar.id Kedatangan sekuel Joker bukan lagi rahasia, dengan Joaquin Phoenix kembali memerankan karakter tituler. Menariknya, ada perubahan signifikan untuk pemeran partner-in-madness Joker, oleh...

Film

Jakarta, Layar.id Dwayne Johnson sampaikan terima kasih kepada penggemar atas reaksi yang sangat positif terhadap trailer resmi pertama Black Adam. Video memberikan penggemar pandangan...

Film

Jakarta, Layar.id – Adaptasi buku komik menjadi film mungkin sudah terdengar biasa. Namun, anggaran kurang dari $60 juta (Rp866 miliar) mampu menghasilkan lebih dari...

Film

Jakarta, Layar.id – Kabar tak sedap belakangan ini menghampiri aktris cantik Amber Heard, yang hampir saja keluar dari Aquaman 2. Walter Hamada bersaksi bahwa...