Connect with us

Hi, what are you looking for?

Berita Hiburan

5 Film Blockbuster Yang Terseok di Box Office

The Last Stan
The Last Stan

Jakarta, Layar.id – Dahulu kala, sebuah film hanya menjadi blockbuster berdasarkan antusiasme penonton dari mulut ke mulut. Jadi ketika ada film baru maka itu akan dirilis secara bertahap, berdasarkan wilayah. Maka tak heran jika masyarakat yang tinggal di daerah pedesaan, butuh berbulan-bulan sebelum akhirnya bisa menyaksikan film seperti Gone with the Wind, atau Twister.

Sayangnya setelah Jaws dan Star Wars, studio film menemukan bahwa ternyata antusiasme masyarakat dapat membuat blockbuster pemasaran yang kuat. Namun itu tak bertahan lama, karena kemudian ada beberapa film dengan anggaran besar, namun dibuat dengan buruk dan akhirnya tak berhasil.

X-MEN: THE LAST STAN

X-men The Last Stan

X-men The Last Stan

Salah satu di antaranya adalah film X-Men: The Last Stan (2006). Sebagai sekuel superhero dari X-Men karya Bryan Singer ini dimaksudkan untuk menceritakan kembali kisah Dark Phoenix dari buku komik.

Rupanya kesempatan itu datang ketika Singer tak hanya menerima kesepakatan untuk menghidupkan kembali Superman untuk Warner Bros. Namun juga membawa penulisnya, Dan Harris dan Michael Dougherty, bersamanya.

Tiga tahun kemudian, 20th Century Fox menjatuhkan alur cerita yang setengah matang ini ke bioskop Sayangnya film itu mencoreng box office. Bahkan secara visual dan spiritual sangat jelek. Dan kini secara naratif, menemui jalan buntu sehingga waralaba itu sepenuhnya berada di tangan Hugh Jackman.

BATMAN V SUPERMAN

Batman v Superman Dawn of Justice

Batman v Superman Dawn of Justice

Film berikutnya yang tak berhasil di box office adalah Batman v. Superman: Dawn of Justice (2016). Anak laki-laki pasti suka Batman! Sedangkan Superman, bagaimanapun, dengan keyakinannya tentang kebaikan umat manusia, tidak begitu keren.

Maka tak heran jika kemudian Man of Steel, Zach Snyder yang cukup bagus itu pun ikutan berkinerja buruk di box office. Film blockbuster menumpuk, dan tak memberi jeda pada Warner Bros sebelum The Dark Knight. Sehingga setelah trilogi blockbuster Christopher Nolan, studio bergegas merilis Batman v. Superman: Dawn of Justice.

Akibatnya blockbuster ini pun terpuruk di box office. Akibat pertaruhan all-in yang dimaksudkan untuk mempercepat film Justice League. Meskipun penonton datang berbondong-bondong ($874 juta di seluruh dunia), namun film ini harus bekerja keras. Bahkan setelah kini Wonder Woman diterima dengan baik, Justice League Snyder tergagap di box office.

Sampai akhirnya sedikit kegembiraan penonton, ketika melihat potongan sutradara Snyder ditayangkan di HBO Max tahun ini. Sayangnya, itu masih tidak dapat menyelesaikan kekurangan bawaan dari film yang dibuat dengan tergesa-gesa.

Baca juga: Acara TV Seri Terbaik 2021: Dari Misteri Hingga Fantasi

STAR WARS: THE RISE OF SKYWALKER

STAR WARS THE RISE OF SKYWALKER

STAR WARS THE RISE OF SKYWALKER

Blockbuster berikutnya yang terseok di box office adalah Star Wars: Episode IX – The Rise of Skywalker (2019). JJ Abrams membawa kembali Star Wars masa kanak-kanak kita dengan perjalanan pahlawan konvensional The Force Awakens.

Menonton film ini, rasanya seperti anak kuliah yang tiba-tiba membaca pada halaman sepuluh selama dua jam sebelum waktu selesai. Keputusan untuk membawa kembali Palpatine adalah simbol dari kurangnya kepercayaan Abrams. Ketidakpercayaan tidak hanya pada audiensnya tetapi juga kemampuannya sebagai pendongeng.

Sutradara mengawali dengan Star Trek, dia bisa melakukan apa pun yang dia inginkan karena bercabang menjadi garis waktu yang sama sekali baru. Dan ia membuat ulang pada film The Wrath of Khan dengan The Rise of Skywalker. Rasanya ia telah memasukkan potongan puzzle ke tempat yang salah.

STAR TREK INTO DARKNESS

Star Trek Into Darkness

Star Trek Into Darkness

Film waralaba Star Trek into Darkness (2013) juga termasuk yang terpuruk di box office. Apa yang Anda pikirkan ketika reboot Star Trek yang sangat memuaskan itu menarik pemirsa generasi baru yang menganggapnya sebagai umpan kutu buku?

Satu ide yang tidak terlalu baik adalah membuat konsep ulang dari angsuran layar lebar yang paling dicintai. Pembuatan Star Trek into Darkness adalah ide yang buruk, khususnya casting Benedict Cumberbatch sebagai Khan.

Khan adalah karakter keturunan Asia, namun diperankan oleh aktor Meksiko-Amerika. Karakter ini membunuh Kirk bukannya Spock. Lebih buruk lagi karakter Kirk dihidupkan kembali hanya beberapa menit melalui darah Khan.

Secara tak langsung ini adalah film yang menghina kecerdasan setiap penonton terlepas dari apa yang mereka ketahui tentang Trek. Jadi, film ini adalah mahakarya yang buruk. Padahal kita tahu film Star Trek adalah film terlaris kedua sepanjang masa.

TRANSFORMERS: THE REVENGE OF THE FALLEN

TRANSFORMERS: THE REVENGE OF THE FALLEN

TRANSFORMERS: THE REVENGE OF THE FALLEN

Transformers: The Revenge of the Fallen (2009) masuk ke dalam lingkup film blockbuster yang buruk di box office. Dibuat di antara serangan Writers Guild of America dan ancaman serangan dari Directors Guild dan Screen Actors Guild.

Putaran kedua Michael Bay dengan robot yang menyamar adalah pekerjaan terburu-buru yang menghasilkan pengalaman membingungkan secara visual. Tayang selama 150 menit, Revenge of the Fallen menguras perhatian yang meninggalkan kebingungan. Film dengan pra-visualisasi ini berjuang untuk menghasilkan hampir $ 1 miliar di seluruh dunia. (Eli/Eve)

 

Sumber dan foto: berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi layar.id.

Baca Juga

Film

Jakarta, Layar.id – Aktor kenamaan Tom Cruise terbang tinggi dengan kesuksesan film terbarunya, Top Gun : Maverick. Film ini membawa proyeksi $151 juta atau...

Film India

Jakarta, Layar.id – Bhool Bhulaiyaa 2 mengejutkan semua orang, dirilis di bioskop pada 20 Mei 2022, film ini telah mencetak rekor mengejutkan di box...

Film Animasi

Jakarta, Layar.id – Pada hari Rabu, situs resmi adaptasi anime televisi Kinsou no Vermeil telah memperlihatkan video promosi terbarunya. Video tersebut mengungkap lagu tema,...

Berita Hiburan

Jakarta, Layar.id – Rasa penasaran penggemar semakin terbangun dengan rilisnya trailer resmi untuk Avatar : The Way of Water. Trailer film yang juga terkenal...