Connect with us

Hi, what are you looking for?

Aktor/ Aktris

Profil Choi Min Sik, Film dan Serial Aktor Senior Korea Selatan

Choi Min Sik_1a
Choi Min Sik.

Layar.id – Sosok aktor satu ini berhasil mencuri perhatian di Exhuma kemarin. Bahkan sosok ini bisa jadi pemain penting dalam kehadirannya. Inilah profil Choi Min sik yang lahir pada  30 Mei 1962, ia merupakan seorang aktor Korea Selatan. Ia juga dikenal sebagai aktor dalam film No. 3 (1997), Shiri (1999), Oldboy (2003), Lady Vengeance (2005), I Saw the Devil (2010), Nameless Gangster: Rules of the Time (2012) dan The Admiral: Roaring Currents (2014). Ia dianggap sebagai salah satu aktor paling produktif di Korea Selatan setelah Song Kang-ho dan Sol Kyung-gu.

Latar Belakang Kehidupannya

Choi Min Sik_2b

Choi Min Sik.

Choi Min Sik lahir di Seoul, Korea Selatan. Ketika ia masih bersekolah di kelas tiga, ia didiagnosis menderita tuberculosis dan diberitahu bahwa penyakitnya tidak dapat disembuhkan. Kemudian, ia mengaku telah mendapatkan kesehatannya kembali dengan tinggal selama sebulan di pegunungan.

Perjalanan Karier Yang Dimilikinya

Karier Choi Min Sik semakin cemerlang di umurnya yang mencapai 16 tahun, ia masih aktif berkarya. Di umurnya yang sekarang, ia bahkan masih bisa membintangi film hits yang meraih box office. Sebelum film Exuma, ia turun gunung ke layar televisi dengan berperan dalam drama Big Bet pada tahun 2020 lalu.

Sebelum dikenal sebagai aktor film, ia adalah aktor teater. Kemudian ia mengikuti audisi dan akhirnya membintangi film Kuro Arirang pada tahun 1989. Setelah itu, semakin banyak film yang diperankannya. Puncak popularitasnya Cho Min Sik adalah saat bermain peran dalam film Oldboy, inilah pertama kalinya mendapatkan box office.

Setelah Oldboy (2003), banyak film yang diperankan Min Sik yang meraih box office, seperti Saw the Devil, New World, The Admiral: Roaring Currents, The Mayor dan lain sebagainya. Tidak hanya sukses di Korea Selatan, namun karier Choi Min Sik di dunia internasional juga terbilang mulus.

Apalagi, film Lucy yang dibintanginya bersama Scarlett Johansson juga meraih film box office. Aktor chungmuro ini memang mengagumkan!

Penghargaan Yang Telah Didapatkannya

Choi Min Sik_3c

Choi Min Sik.

Jumlah penghargaan yang diperoleh olehnya mencapai 32 lebih. Hal yang paling mengejutkan adalah Choi Min Sik sering kali panen penghargaan hampir setiap tahun di berbagai ajang penghargaan sekaligus.

Ia sering menerima penghargaan sebagai Aktor Terbaik, seperti dari Blue Dragon Award, Grand Bell Award, Baeksang Award, Penghargaan Film KOFRA, Festival Filem Asia Pasifik dan Director’s Cut Award. Berikut ini beberapa contohnya:

  • Aktor Pendatang Baru Terbaik dalam KBS Drama Award.
  • Aktor Pendukung Terbaik dalam Festival Film Asia Pasifik- 38.
  • Aktor Terbaik dalam Festival Teater Seoul ke 21.
  • Aktor Terbaik dalam Baeksang Award ke 35.
  • Aktor Terbaik dalam Blue Dragon Award ke 20.
  • Actor Terbaik dalam Critics Choice Award ke 34.
  • Aktor Terbaik dalam Grand Bell ke 59.
  • Penghargaan Bintang Teratas dalam Penghargaan Asosiasi Aktor Film Korea ke 6.

Baca juga: Biodata dan Para Pemeran di Film Drama Korea My Name is Loh Kiwan

Intip Fakta Terbaru Tentang Choi Min Sik

Choi Min Sik_4d

Choi Min Sik.

Setelah sempat hiatus sejak tahun 2019, sosok aktor yang satu ini baru memulai proyek baru lagi di tahun 2022. Akan tetapi, ia tidak terlihat aktif di layar kaca pada tahun 2023. Nah, baru di tahun 2023 ia membuat comeback sukses dengan membintangi film Exhuma.

Film tentang dukun, ahli feng shui dan petugas pemakaman ini mendapatkan 5 juta penonton dalam waktu kurang dari 10 hari saja di Korea Selatan. Tidak heran apabila Exhume menambah panjang daftar film Choi Min Sik yang masuk ke box office.

Uniknya, dalam film horor misteri berbalut okultisme merupakan genre yang baru dimainkannya. Nah, ternyata dia juga takut menonton film horor. Meskipun takut dengan genre film seperti ini, akting dari Choi Min Sim tidak pernah gagal membuat penonton terkesima. Jangan lupa nonton, ya!

 

 

Sumber & Foto: Dari berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi layar.id.

Baca Juga

Film

Layar.id – Dari sinopsis The Crown Has Disappeared ini berhasil membawa artis dan actor ternama di dunia hiburan termasuk di dalam dunia acting. Bahkan...

Aktor/ Aktris

Layar.id – Film Exhuma menjadi film layar lebar pertama bagi Kim Go Eun dan Lee Do Hyun di tahun 2024 ini. Banyak penggemar yang...

Film Korea

Layar.id – Film Exhuma yang telah lama penggemar nantikan akhirnya bakal segera tayang di bioskop. Showbox selaku distributor filmnya pun mulai gencar untuk mempromosikan...

Drama Korea

Layar.id – Kang Dong Won atau yang juga dikenal Gang Dong Won, merupakan aktor film dan drama asal Korea Selatan. Ia lahir di Busan...