Connect with us

Hi, what are you looking for?

Film

THE MAN FROM THE SEA (LAUT) Fiksi Fantasi Kolaborasi Tiga Negara Berlatar Tsunami Aceh

THE MAN FROM THE SEA (LAUT) Fiksi Fantasi Kolaborasi Tiga Negara Berlatar Tsunami Aceh

SAJIAN FILM KOLABORASI TIGA NEGARA TENTANG TSUNAMI ACEH TERANGKUM DALAM FILM FIKSI FANTASI THE MAN FROM THE SEA SIAP TAYANG DI INDONESIA.

Jakarta, Layar.id Film The Man From The Sea (Laut) merupakan hasil kolaborasi rumah produksi dari tiga negara, yakni Kaninga Pictures (Indonesia), Nikkatsu (Jepang), dan Comme Des Cinemas (Prancis).

Film ini mengusung genre fantasi dan disutradarai oleh sutradara dari Jepang, Koji Fukada.

Menandai hubungan persahabatan antara dua negara, yakni Indonesia dan Jepang yang tahun 2018 ini merayakan peringatan yang ke-60, The Man From The Sea siap dirilis.

PARA PEMERAN

THE MAN FROM THE SEA (LAUT) Fiksi Fantasi Kolaborasi Tiga Negara Berlatar Tsunami Aceh

The Man From The Sea, adalah film yang bercerita tentang seorang lelaki misterius yang muncul dan terdampar di pesisir pantai sekitar Banda Aceh.

Lelaki misterius yang menunjukan gejala amnesia ini dapat memahami berbagai bahasa, lelaki yang bernama Laut itu diperankan oleh Dean Fujioka.

“Awalnya saya baca skripnya, saya tidak tahu Laut ini sosok seperti apa. Jadi saya sering berbincang dengan Koji Fukada untuk mendalami peran ini,” ujar Dean.

Selain beberapa pemain yang berasal dari Jepang, film ini juga diisi oleh para pemain yang berasal dari Indonesia seperti Adipati Dolken dan Sekar Sari.

SUTRADARA DARI JEPANG

 

THE MAN FROM THE SEA (LAUT) Fiksi Fantasi Kolaborasi Tiga Negara Berlatar Tsunami Aceh

Sang sutradara Koji Fukada merasa ada sesuatu yang menarik dalam film kolaborasi tiga negara ini.

Ia juga merasa tidak memiliki kesulitan selama syuting di Indonesia.

“Saya sama sekali tidak merasa kesulitan yang berarti saat syuting film ini bersama kru dari Indonesia. Suasana syuting sangat hangat membuat saya sangat menikmati syuting di Banda Aceh,” kata Koji Fukada.

Film kolaborasi tiga negara berdurasi 107 menit ini akan dirilis di Indonesia pada 2019.

Dirilis di Jepang pada bulan Mei 2018 yang lalu rupanya berhasil mendapat tanggapan yang baik.

Selain itu, film ini juga kembali ditayangkan di beberapa festival film dunia, seperti di Busan Internasional Film Festival, Hongkong Asian Film Festival, Kaohsiung Film Festival.

Kemudian juga di ajang Jogja-Netpac Asian Film Festival, dan terakhir menjadi film penutup dalam rangkaian Pekan Sinema Jepang (Desember 2018).

PLOT CERITA

THE MAN FROM THE SEA (LAUT) Fiksi Fantasi Kolaborasi Tiga Negara Berlatar Tsunami Aceh

Film mengambil latar di Banda Aceh dan bercerita tentang seorang lelaki misterius yang muncul dan terdampar di pesisir pantai sekitar Banda Aceh.

Penemuan lelaki mesterius berwajah Jepang itu bernama Takako (Mayu Tsuruta).

Ia adalah seorang warga Jepang yang bekerja untuk organisasi nirlaba yang terlibat dalam pemulihan bencana dan tinggal di Aceh dengan putranya Takashi (Taiga).

Ia bermaksud untuk mencari tahu asal usul pria misterius tersebut.

Takako dan Takashi pun ternyata juga dibantu oleh dua sosok remaja asli Aceh, yakni Ilma (Sekar Sari) dan Kris (Adipati Dolken).

Tak hanya itu, sepupu dari Takashi, yakni Sachiko (Junko Abe) pun ikut bergabung mengungkap siapa sosok pria misterius tersebut.

Selama proses pencarian asal usul sosok pria tersebut, ternyata terungkap beberapa fakta mengejutkan dan juga magis. Pria misterius itu juga diberi nama Laut.

Penasaran? Sepertinya penonton Indonesia harus bersabar karena film ini baru mulai dirilis di Indonesia pada 2019 mendatang.

IDE CERITA

THE MAN FROM THE SEA (LAUT) Fiksi Fantasi Kolaborasi Tiga Negara Berlatar Tsunami Aceh

Meski sudah banyak film tentang bencana Tsunami di Banda Aceh beberapa waktu lalu, namun film The Man From The Sea ini menjanjikan cerita yang berbeda.

“Cerita ini fiksi, fantasi,” kata Koji sang sutradara dalam jumpa pers film tersebut di CGV Cinemas, Grand Indonesia, Jakarta Pusat.

Hal ini tampak pada alur kisahnya yang menceritakan tentang seorang pria misterius (Dean Fujioka) yang ditemukan terdampar di pesisir pantai sekitar Banda Aceh.

Ia kemudian diberi nama Laut oleh orang-orang yang menemukannya.

Laut kemudian melakukan berbagai keajaiban hingga berujung pada sebuah insiden yang kemudian membuat orang-orang curiga padanya.

Koji mengatakan, ide cerita yang ia garap berawal dari kunjungannya ke Banda Aceh pada 2011 lalu dalam rangka simposium bertema Joint Disaster Recovery.

Jepang dan Aceh ketika itu sama-sama pernah dihantam tsunami.

THE MAN FROM THE SEA (LAUT) Fiksi Fantasi Kolaborasi Tiga Negara Berlatar Tsunami Aceh

“Pada saat itu saya cukup mendapatkan culture shock karena mengetahui bagaimana fasilitas-fasilitas menghadapi musibah bencana alam di sana beda dengan Jepang,” ujarnya.

Cara pandangnya terhadap alam pun berubah. Ia menyadari bahwa alam yang di satu sisi indah, rupanya menyimpan kekuatan yang bisa menghancurkan dan memusnahkan manusia.

Dengan hasil yang dilihatnya itu kemudian sutradara pemenang Cannes Film Festival itu mulai membangun sebuah kisah drama-fantasi tentang laut dan sosok pria misterius bernama Laut.

Meski sudah ditayangkan terlebih dahulu di Jepang, film ini belum mendapatkan layar untuk penayangan di Indonesia.

The Man from the Sea baru masuk Indonesia dalam Pekan Sinema Jepang pekan lalu.

Jadi, harap bersabar untuk bisa menyaksikan film ini di tahun 2019 mendatang.

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi layar.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Baca Juga

Film Animasi

Jakarta, Layar.id – Pada hari Rabu, situs resmi adaptasi anime televisi Kinsou no Vermeil telah memperlihatkan video promosi terbarunya. Video tersebut mengungkap lagu tema,...

Film

Last updated on 14 Mei, 2022 Perhatian: Artikel ini memiliki SPOILER film Doctor Strange in the Multiverse of Madness Layar.id – Bila Pelayar sudah...

Berita Hiburan

Layar.id – Sebelum nonton Doctor strange 2 baiknya cek dulu daftar film dan serial Marvel Cinematic Universe (MCU) berikut ini, untuk mengingatkan kembali sampai...

Berita Hiburan

Jakarta, Layar.id – Beberapa film Korea Selatan bakal tayang di Festival Film Internasional Cannes ke-75. Diantaranya adalah film besutan sutradara Park Chan Wook dan...