Connect with us

Hi, what are you looking for?

Film

Sisi Menarik dari Film Teka Teki Tika

Jakarta, Layar.idKarya menarik selalu hadir dari sutradara Ernest Prakasa, seperti luar biasanya setiap akhir tahun ada hal baru muncul di kancah layar lebar. Ernest menghadirkan “Teka-Teki Tika” sebagai langkah awal untuk keluar dari zona nyaman sehingga Ernest memilih genre misteri thriller.

Pemeran dalam ini adalah  Sheila Dara, Morgan Oey dan Dion Wiyoko dan berbagai pemain lainnya. Secara resmi, film ini sudah tayang di bioskop sejak 23 Desember 2021. Walaupun hadir dengan genre berbeda, tetapi masih ada sedikit unsur komedi.

teka teki tika

Secara garis besar, “Teka-Teki Tika” bercerita tentang keluarga Budiman yang harmonis. Namun semua berubah ketika sosok Tika muncul dan mengaku anak kandung Budiman. Sontak, Tika datang dengan menyimpan misteri bahkan diceritakan jika Tika mengetahui fakta dan rahasia rumah keluarga Budiman. Situasi pun makin kacau dan memicu perpecahan.

Inspirasi awal film “Teka-Teki Tika” sebenarnya terjadi tanpa sengaja saat Ernest merasa stres menghadapi pandemi Covid-19 yang tak berkesudahan. Dari situlah, ada jiwa manusiawinya muncul dengan semangat untuk menciptakan kebebasan.

Dari segi pemilihan peran tidak ada proses casting. Hal ini dilihat dari penunjukkan artis langsung bersama dengan casting director. Keunikan lainnya, syuting film “Teka-Teki Tika” dapat dikatakan singkat. Durasi dari pengambilan gambar berlangsung 2 minggu yakni mulai tanggal 27 Mei 2021 hingga 10 Juni 2021 yang berlokasi di Jawa Barat.

Namun ketika dikulik lebih dalam, Ernest menceritakan jika inspirasi  “Teka-Teki Tika” sebenarnya berasal dari kasus korupsi bantuan sosial Mantan Menteri Sosial, Juliari Batubara. Maka dari itu, tidak heran jika dalam film ini ada pesan cukup mencolok tentang ajakan membenci kasus korupsi. Bahkan dari situ, Ernest ini mengangkat tentang masalah terbesar pembangunan tidak maju-maju karena korupsi.

syuting teka teki tika

AKTOR TOKOH TEKA TEKI TIKA

Proses pemilihan Sheila Dara tanpa audisi dalam memerankan karakter Tika. Saat itu, Sheila habis kecelakaan patah tangan sehingga ketika dikontak sedang dalam proses pulih. Maka dari itu, proses latihan jadi lebih hati-hati.

Ernest menyampaikan jika pertama mengobrol dengan Sheila Dara, dia langsung klik. Kemudian mereka saling diskusi tentang karakter Tika harus semisterius dan semenyebalkan bahkan hingga sejahat apa ketika mengancam dan secair apa ketika bercanda.

Peran Morgan Oey sebagai anak orang kaya dan senang foya-foya karena asuhan keluarganya. Bahkan dari situ, dia memiliki koneksi dengan pejabat sehingga hidupnya bergelimang harta. Jika diibaratkan dengan kehidupan asli, sangat berbeda.

Morgan harus bekerja keras untuk menyambung hidup sebagai anak perantauan. Namun walaupun ada banyak perbedaan dengan kehidupan aslinya, hal itu bukanlah masalah karena ada pendekatan karakter dari Ernest Prakasa. 

Sukses dengan dua film bersama Ernest, Dion Wiyoko merasa dirinya ada dalam proses perkembangan diri Ernest dari aktor menjadi sutradara. Secara tidak langsung, Dio merasa bahwa menjadi saksi dan teman untuk karyanya luar biasa. Bahkan Dion mengakui jika Ernest semakin profesional.

Namun, tanpa dimengerti saat proses syuting, pinggang Dion Wiyoko encok pada adegan menggendong lawan mainnya, Eriska Rein, sebagai istrinya. Hal ini yang membuat hari pertama syuting sampai sebelas take, long take karena salah sedikit harus mengulang dari awal. Saat hari kedua, pinggang Dion terasa encok. Ada perasaan Eriska kurang nyaman dan tidak enak hati sehingga meminta Dion beristirahat terlebih dahulu sebelum mengambil adegan itu kembali hingga 11 kali. (Prs/Eve)

 

Sumber dan foto: berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi layar.id.

Baca Juga

Film Asia

Jakarta, Layar.id – Stephen Chow adalah aktor komedi legendaris dari Hong Kong. Film-filmnya sudah menemani masa muda orang tua dan juga masa kecil anak-anak....

Berita Hiburan

Last updated on 31 Desember, 2021 Jakarta, Layar.id – Beberapa di antara kita mungkin ada yang mengalami hal ini, kehabisan tiket menonton film Spider-Man:...

Film Asia

Last updated on 8 Januari, 2022 Jakarta, Layar.id – Advancing of ZQ adalah film komedi pertama yang disiapkan Mahua FunAge untuk penayangan saat Imlek....

Film Indonesia

Jakarta, Layar.id – Salah satu produksi dari Starvision Plus adalah sebuah film komedi dengan judul Mau Jadi Apa? yang ditulis dengan sutradarai Soleh Solihun....