Connect with us

Hi, what are you looking for?

Film Barat

Resensi Film Gold: Pencarian Emas di Pedalaman Kalimantan

Film Gold

Last updated on 12 Maret, 2017

Gold menceritakan seorang penambang ambisius dengan ahli geologi yang ingin mewujudkan mimpinya mencari emas di  Indonesia.

Di tengah maraknya pemberitaan Freeport di Indonesia, film Gold muncul sebagai film yang juga mengusung tema mengenai penambangan Emas di Indonesia. Dan dengan begitu, sekali lagi film Hollywood kembali mengambil lokasi syuting di Tanah Air tepatnya di bumi Kalimantan.

Film Gold yang disutradarai oleh Stephen Gaghan ini menceritakan tentang kisah seorang penambang yang terbilang cukup “gila” bernama Kenny Wells (Matthew McConaughey). Kenny Wells meneruskan perusahaan tambang turun temurun milik keluarganya, Washoe Mining Corporation.

“Film Gold yang disutradarai oleh Stephen Gaghan ini menceritakan tentang kisah seorang penambang yang terbilang cukup gila bernama Kenny Wells”

Sayangnya, nasib baik tidak berpihak padanya. Di ambang kebangkrutan dari perusahaannya, Kenny yang berambisi menemukan emas mendapatkan sebuah mimpi yang mengubah hidupnya.

Film Gold

Kenny dan Mike yang Berambisi untuk Menemukan Emas di Indonesia

Di mimpi itu, Kenny melihat alam Indonesia dengan potensi tambang emas di dalamnya. Kenny yang merasa mimpi tersebut merupakan sebuah panggilan alam untuk dirinya, langsung bersemangat dan segera menghubungi rekannya Michael Acosta (Edgar Ramirez) seorang geologis yang ia anggap dapat membantunya dalam proyek pencarian emas ini.

Mike awalnya meragukan rencana Kenny. Namun karena ambisi Kenny untuk menemukan emas sangat menggelora, Mike pun menyetujui rencana Kenny dan membawanya ke tanah Kalimantan. Sebelumnya Kenny membuat sebuah “surat kontrak” untuk Mike mengenai kesepakatan proyek penambangan emas ini di atas sebuah tisu.

Penambangan pun segera dimulai. Rintangan demi rintangan pun dihadapi oleh Kenny dan Mike. Mulai dari sulitnya mencari investor, pengujian sampel yang tidak membuahkan hasil prima, sampai ke penyakit malaria yang hampir merenggut nyawa Kenny.

Film Gold

Pencarian Emas di Bumi Kalimantan

Di tengah-tengah keputus asaan Kenny dalam pencarian emas juga penyakit malarianya yang kian ganas, akhirnya suatu hari Mike membawa kabar gembira bahwa mereka menemukan adanya emas di pertambangan mereka. Seketika Kenny kembali bangkit dan bersemangat mengembangkan hasil temuan mereka tersebut.

Sayangnya keberhasilan mereka ini kembali menemukan sekelumit hambatan. Kenny yang awalnya berada di atas angin pun mulai mengalami kejatuhan termasuk berpisah dengan istrinya Kaylene (Bryce Dallas Howard). Terlebih lagi di akhir cerita, Anda juga akan kembali dikejutkan dengan pengkhianatan yang dilakukan Mike kepada semua orang termasuk Kenny.

Film yang mengambil latar tahun 1980-an ini juga tambah menarik dikarenakan beberapa adegan yang menggunakan bahasa Indonesia. Selain itu, film ini juga terinspirasi dari kisah nyata, namun tetap dengan penyamaran nama-nama yang bersangkutan.

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi layar.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement

Baca Juga

Jadwal Tayang

Last updated on 5 Februari, 2023 Layar.id – Serial Mantan Tapi Menikah akhirnya tayang di layanan streaming  Viu mulai 31 Januari 2023. Simak ulasan...

Netflix

Last updated on 6 Februari, 2023 Layar.id – Netflix hadirkan drama komedi romantis dalam judul Crash Course in Romance, serial terbaru arahan Yoo Je...

Jadwal Tayang

Last updated on 31 Januari, 2023 Layar.id – Serial The Last of Us akhirnya rilis secara global. Telah tayang mulai 16 Januari lalu, simak...

Jadwal Tayang

Last updated on 6 Februari, 2023 Layar.id – Switchover merupakan series Vidio terbaru yang tayang sejak 7 Januari 2023, yang disutradarai oleh Angling Sagaran....