Connect with us

Hi, what are you looking for?

Film Jepang

Oscar 2022 : ‘Drive My Car’ Jadi Film Internasional Terbaik

Director Ryusuke Hamaguchi of the film "Drive My Car" poses on the red carpet during the Oscars arrivals at the 94th Academy Awards in Hollywood, Los Angeles, California, U.S., March 27, 2022. REUTERS/Eric Gaillard

Last updated on 30 Maret, 2022

Jakarta, Layar.id – Film Jepang Drive My Car berhasil membawa pulang piala untuk kategori Film Internasional Terbaik di Academy Awards ke-94. Acara ini digelar di Los Angeles, California, pada Minggu (27/3) waktu setempat, dengan sutradara Ryusuke Hamaguchi maju menerima piala.

Film berdurasi hampir 3 jam tersebut merupakan adaptasi dari kumpulan cerita pendek Haruki Murakami yang berjudul Men Without Women. Menghadirkan cerita berbalut misteri, cinta, kehilangan, dan pada akhirnya penerimaan.

Film ini tayang perdana di Festival Film Cannes pada Juli tahun lalu, dan berhasil memenangkan tiga perhargaan termasuk skenario terbaik. Film tersebut juga dinobatkan sebagai film terbaik dalam kategori non-Inggris di penghargaan Golden Globe ke-79 pada Januari tahun ini.

Peringkatnya di situs agregator ulasan Rotten Tomatoes juga mencapai 97 persen berdasarkan 193 ulasan resmi. Hal ini menunjukkan pengakuan yang hampir universal atas film.

Baca juga: ‘Drive My Car’ Raih AACTA Award Untuk Film Asia Terbaik

Poster Drive My car

Drive My Car

Drive My Car berpusat pada Hidetoshi Nishijima yang berperan sebagai sutradara teater multibahasa. Rumah tangganya yang tampak sempurna mengalami keretakan besar akibat perselingkuhan istrinya. Tak sampai di situ, rasa sakit semakin menusuk ketika istrinya meninggal secara tiba-tiba.

Dua tahun sejak kejadian tersebut, ia melakukan perjalanan ke Hiroshima untuk menggelar teater multibahasa Uncle Vanya. Dalam dua bulan masa persiapan hingga pementasan, Misaki (Miura Toko) ditugaskan sebagai supir sang sutradara. Mereka pun mulai berbicara dengan kehilangan yang mereka alami.

Oscar 2022

Drive My Car adalah film Jepang kedua yang menang dalam kategori film fitur internasional terbaik. Satu-satunya film lainnya adalah Departures karya Yojiro Takita yang menang pada tahun 2009 lalu.

Dalam ajang piala Oscar 2022, Drive My Car sendiri masuk sebagai nominasi dalam empat kategori. Itu adalah film terbaik, sutradara terbaik untuk Ryusuke Hamaguchi, film fitur internasional terbaik dan adaptasi terbaik. Meskipun Hamaguchi tidak membawa piala untuk tiga kategori lainnya.

Drive My Car sekaligus menorehkan rekor sebagai film Jepang pertama yang masuk dalam kategori film terbaik. Selain itu, Hamaguchi menjadi sutradara Jepang ketiga yang masuk nominasi, mengikuti Hiroshi Teshigara pada 1965 dan Akira Kurosawa pada 1985.

Baca juga: Daftar Pemenang Oscar 2022

Ryusuke Hamaguchi

Ryusuke Hamaguchi

Ryusuke Hamaguchi

Selama pidato penerimaan piala, Hamaguchi berterimakasih kepada anggota akademi dan pemeran, termasuk aktor utama Hidetoshi Nishijima. Dia mengakhiri sambutannya dengan memuji keterampilan mengemudi aktris Miura Toko, yang berada di belakang kemudi Saab 900.

Saat menerima penghargaan sutradara Hamaguchi mengatakan, “Apa yang saya temukan menarik adalah bagaimana keintiman dibawa ke dalam mobil melalui percakapan panjang antar karakter.”

Jadi, tertarik untuk menontonnya?

 

Sumber : antaranews.com, japantimes.co.jp
Foto       : berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi layar.id.

Baca Juga

Film

Last updated on 11 Juli, 2022 Jakarta, Layar.id – Kaguya-sama : Love Is War mengakhiri musim terbarunya tahun ini, dan tentu saja, semua mata...

Film Animasi

Jakarta, Layar.id –  Film anime Yuru Camp: Movie dikabarkan akan segera rilis pada pertengahan tahun 2022 ini. Hal tersebut sebagaimana disampaikan oleh akun Twitter @yurucamp_anime...

Entertainment

Jakarta, Layar.id – Insiden Will Smith dalam Oscar yang menampar Chris Rock akibat melemparkan lelucon tentang G.I Jane ternyata berbuntut panjang. Hingga saat ini,...

Film Barat

Jakarta, Layar.id Piala Oscar 2022 yang berlangsung di California, Los Angeles pada Minggu (27/3) waktu setempat, masih hangat dalam ingatan. Salah satu film yang...