Connect with us

Hi, what are you looking for?

Film

Marvel Gencar Kampanyekan BLACK PANTHER Masuk Nominasi Best Picture Oscar 2019

Marvel Gencar Kampanyekan BLACK PANTHER Masuk Nominasi Best Picture Oscar 2019

Last updated on 24 September, 2018

MENUAI BANYAK RESPON POSITIF, BLACK PANTHER DIGADANG-GADANG MARVEL STUDIOS UNTUK MASUK AJANG OSCAR 2019 KATEGORI BEST PICTURE.

Jakarta, Layar.id – Academy Awards alias Penghargaan Oscar baru akan diselenggarakan tahun 2019 mendatang. Meski begitu, Marvel Studios sudah gencar mempromosikan Black Panther untuk masuk nominasi Best Picture dalam perhelatan Academy Awards mendatang.

Bukan hal yang baru jika film-film yang kisahnya berdasarkan cerita komik berjuang untuk dapat diakui di ajang penghargaan kelas dunia. Itu sebabnya, Marvel gencar melakukan kampanye untuk Black Panther untuk masuk nominasi Oscar 2019.

Kini, banyak yang meyakini ‘Black Panther’ memiliki daya tarik untuk sampai ke sana.

Film yang menjadikan debut bagi sutradara Ryan Coogler memasuki Marvel Cinematic Universe ini menuai banyak pujian sejak dirilis Februari lalu.

Baru-baru ini para pimpinan Marvel Studios dikabarkan tengah sibuk melakukan kampanye agar Black Panther bisa merebut piala di kategori Best Pictures pada Piala Oscar mendatang.

Seperti dilansir Ace Showbiz, pihak Marvel sendiri disebut telah menunjuk Cynthia Schwartz yang biasa dikenal sebagai ahli strategi untuk memimpin kampanye tersebut. Selain itu, Cynthia juga ditugaskan untuk mempromosikan Black Panther dalam hal prestasi serta pengaruhnya secara global.

Film ini mengisahkan tentang pertempuran T’Challa (Chadwick Boseman) dan Eric Killmonger (Michael B. Jordan). Juga melibatkan aktris Letitia Wright, Lupita Nyong’o, Angela Basett, ini menjadi satu-satunya film rilisan Marvel yang mendapat nilai A+ dari Cinema Score selain The Avengers (2012).

DISNEY TURUT KAMPANYE UNTUK BLACK PANTHER

Marvel Gencar Kampanyekan BLACK PANTHER Masuk Nominasi Best Picture Oscar 2019

Kini memasuki musim ajang penghargaan yang bermunculan di jelang akhir 2018, Disney pun turut mengkampanyekan ‘Black Panther’. Tujuannya adalah agar bisa ambil bagian di sejumlah nominasi, tak terkecuali untuk Oscar.

Di situs resmi Disney, studio ini mendaftarkan ‘Black Panther’ dalam banyak nominasi, termasuk nominasi-nominasi yang bergengsi. Sebut saja nominasi untuk Best Picture dan Best Director.

Kabarnya, hingga saat ini pendapatan dari ‘Black Panther’ sudah mencapai 1 milliar dollar Amerika Serikat di seluruh dunia. Selain itu, ‘Black Panther’ juga diunggulkan Disney untuk terselip di beberapa nominasi lainnya. Salah satunya nominasi Best Supporting Actor yang menempatkan Michael B Jordan.

Jordan dianggap berhasil menghidupkan karakter Killmonger dengan begitu apik. Karakter ini pun masuk dalam daftar villain terbaik di MCU selain Thanos.

GAGASAN MEMASUKKAN OSCAR

Marvel Gencar Kampanyekan BLACK PANTHER Masuk Nominasi Best Picture Oscar 2019

Sejak kemunculannya, ‘Black Panther’ tak hanya menjadi kisah superhero baru di layar lebar, namun juga berhasil menyedot perhatian dan menjadi favorit banyak orang. Raja asal Wakanda ini dinilai mewakili kebangkitan sebagian kaum terutama bagi publik AS.

Gagasan untuk memasukkan film ini ke dalam ajang Oscar layak ‘diusahakan’. Karena Marvel menilai bahwa penghagraan itu akan menjadi sesuatu yang penting bagi banyak tim di belakang layar.

“Ada pertunjukan luar biasa. Sisi seni yang luar biasa juga, saya ingin melihat mereka dikenal, dan saya ingin melihat genre ini diakui,” ujar Kevin Feige bos Marvel.

Ia pun menambahkan, “Ada ratusan kostum yang dibuat khusus. Efek yang digunakan juga luar biasa, aku rasa hal-hal itu layak diakui.”

Namun demikian, Marvel melihat penghargaan bukanlah segalanya.

“(Alfred) Hitchcock tidak pernah memenangkan sutradara terbaik, memang sangat bagus, tetapi itu tidak berarti segalanya. Saya lebih suka berada di ruangan yang penuh dengan penggemar yang terlibat,” ungkap Feige.

MENUAI RESPON POSITIF

Marvel Gencar Kampanyekan BLACK PANTHER Masuk Nominasi Best Picture Oscar 2019

‘Black Panther’ memang sukses secara finansial dan mendapatkan respons positif. Namun, apakah itu cukup buat mengantar film arahan Ryan Coogler ini masuk nominasi Oscar?

Sejak dirilis ke seluruh dunia pada Februari lalu, film yang disutradarai oleh Ryan Coogler ini memang dengan cepat mendapatkan respons positif dari fans dan kritikus film.

‘Black Panther’ pun langsung disebut-sebut layak untuk masuk ke dalam nominasi Oscar.

Di balik berbagai respon positif yang diperoleh ‘Black Panther’ sayangnya sampai saat ini comic book movies belum memiliki track record yang bagus di Academy Awards.

Satu-satunya aktor yang pernah meraih Oscar kategori Aktor Pendukung Terbaik adalah almarhum Heath Ledger. Ia memperoleh penghargaannya, setelah berperan dalam The Dark Knight. Setelah itu, belum ada lagi film comic book movies yang pernah mendapatkan Oscar.

Di tahun 2017, pernah ada Suicide Squad yang mendapatkan penghargaan Tata Rias dan Tata Rambut Terbaik.

Baru-baru ini, penyelenggara Piala Oscar, Academy of Motion Picture Arts and Sciences memperkenalkan kategori baru pada Piala Oscar mendatang. Kategori tersebut adalah Popular Film yang dikhususkan untuk film-film box office.

MELIBATKAN AHLI STRATEGI

Marvel Gencar Kampanyekan BLACK PANTHER Masuk Nominasi Best Picture Oscar 2019

Menjadi film solo superhero terlaris sepanjang masa, membuat Marvel Studios gregetan untuk mendorong ‘Black Panther’ bisa sabet piala Oscar!

Sukses bertengger di tangga box office, membuat Marvel Studios menggenjot ‘Black Panther’ yang dibintangi oleh Chadwick Boseman bisa bersaing di penghargaan Oscar. Kategori yang diincar adalah nominasi Best Picture!

Film garapan Ryan Coogler ini telah mendapatkan keuntungan sebesar 1,34 miliar USD atau kisaran Rp13,7 triliun dari seluruh dunia.

Kini pimpinan Marvel Studios tengah menggerakkan kampanye untuk bisa membawa ‘Black Panther’ sebagai pemenang kategori Best Picture di Piala Oscar.

Mengutip situs Ace Showbiz, Marvel mengatakan bahwa mereka telah mempekerjakan Cynthia Schwartz, ahli strategi pemasaran veteran. Sehingga diharapkan ‘Black Panther’ memiliki peluang besar untuk meraih penghargaan bergengsi itu.

Sementara itu, voting untuk nominasi Piala Oscar akan dimulai pada 7 Januari 2019 dan berakhir pada 14 Januari. Nominasi-nominasi untuk semua kategori, baru akan diumumkan pada  22 Januari 2019.

Kira-kira, ‘Black Panther’ bakalan masuk nominasi Film Terbaik atau lebih cocok masuk ke kategori baru untuk film populer?

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi layar.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Baca Juga

Berita Hiburan

Jakarta, Layar.id –  Detail baru telah terungkap tentang fitur dan acara TV Star Wars yang akan datang. Proyek Lucasfilm untuk Disney+ tersebut, termasuk Ahsoka,...

Film Animasi

Jakarta, Layar.id – Pada hari Rabu, situs resmi adaptasi anime televisi Kinsou no Vermeil telah memperlihatkan video promosi terbarunya. Video tersebut mengungkap lagu tema,...

Film

Last updated on 14 Mei, 2022 Perhatian: Artikel ini memiliki SPOILER film Doctor Strange in the Multiverse of Madness Layar.id – Bila Pelayar sudah...

Berita Hiburan

Jakarta, Layar.id – Kabar baik bagi Anda penggemar Star Wars karena film akhirnya mendapatkan pembaruan terbaru. Penulis yang berada di balik Loki season 1...