Connect with us

Hi, what are you looking for?

Film Indonesia

Sinopsis Onde Mande, Film Budaya Minangkabau

Foto Onde Mande! (Visinema)

Layar.id – Onde Mande! film bernuansa budaya Minangkabau yang diproduksi oleh Visinema, Gandeng Ceneng Film, dan Visionari Capital  ini berhasil menarik perhatian publik. Film yang akan rilis pada tanggal 22 Juni 2023 ini akan hadir dengan genre drama keluarga dan komedi. Onde Mande! (The Prize!) sendiri merupakan bahasa Minang yang berarti “astaga” atau “ya ampun”.

Pada trailer yang dirilis Visinema 5 Mei 2023 di Youtube mereka terlihat Shenina Cinnamon, Emir Mahira dan Jajang C Noer akan beradu akting. Trailer berdurasi 55 detik ini Diawali dengan lagu Kampuang Nan Jauh di Mato. Terlihat dengan Shenina Cinnamon, Jajang C Noer dan beberapa warga desa asri lainnya berdiskusi menggunakan bahasa Minang. Emir Mahira yang berusaha memahami percakapan mereka pun terlihat kebingungan dan mengucapkan “Onde Mande!”.

Sinopsis Onde Mande

Film yang belum rilis ini ternyata sudah berhasil menciptakan prestasi dengan masuk kategori Far East in Progress 2023. Far East in Progress sendiri bertujuan memperkenalkan film-film populer asia kepada penonton Eropa. Di kategori Far East in Progress, onde mande! bersaing dengan beberapa film di negara asia lainnya yakni Doi Boy dari Filipina, Fruitcake dari Filipina, serta Blue Imagine dari Jepang dan Filipina. Selain itu Onde Mande! juga bersaing dengan Last Shadow at First Light dari Singapura, Jepang dan Slovenia, Pierce dari Singapura, Salli dari Taiwan dan The Imaginary dari Jepang.

Paul Fauzan mengungkapkan suatu penghormatan bisa membawa nama Indonesia dan Sumatra Barat ke Italia, ia juga berharap lewat Onde Mande! akan semakin banyak film-film Indonesia yang dikenal oleh Mancanegara. Paul Fauzan juga menyampaikan bahwa ia ingin memperkenalkan kehidupan masyarakat, kuliner, budaya serta keindahan danau Maninjau milik Sumatra Barat dalam film tersebut.

 

SINOPSIS ONDE MANDE!

 

Sinopsis Onde Mande! menceritakan serorang pensiunan guru bernama Angku Wan yang hidup sebatang kara di sebuah desa nelayan yang asri di tepi danau Maninjau, Sumatra Barat. Angku Wan dikisahkan memenangkan hadiah undian dari sebuah perusaahaan sabun. Hadiah yang nilainya mencapai miliaran rupiah tersebut digunakan Angku untuk tujuan yang mulia, yakni membangun desa demi kesejahteraan bersama.

Namun, sebelum bisa mengklaim hadiah besarnya, Angku Wan meninggal dunia. Sepeninggal Angku Wan, warga serta pemimpin desa menyusun rencana besar. Di mana mereka berusaha meyakinkan perusahaan sabun tersebut bahwa Angku Wan masih hidup demi menuntut hadiah dan mewujudkan pesan terakhir Angku Wan.

Tetapi, keadaan semakin tidak kondusif saat dua orang perwakilan perusahaan sabun tersebut datang ke desa secara tiba-tiba, untuk memvalidasi pemenang. Dengan kerja sama dan gotong royong, warga desa terus berusaha memperjuangkan pesan terakhir Angku Wan.

Film yang akan rilis 22 Juni 2023 ini tentu sangat dinantikan dan diminati oleh masyarakat Indonesia.

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi layar.id.
Advertisement
Advertisement

Baca Juga

Film

Terakhir diperbarui 17 Juni, 2024 Layar.id – Sebuah film Action seharusnya itu bisa berikan kesan dan motif yang bikin orang tertarik sekali. Inilah yang...

Film

Terakhir diperbarui 17 Juni, 2024 Layar.id – Mungkin kata terlalu berat ini sedikit mewakili beberapa komentar pedas bahkan pertanyaan buat film ini. Apakah mungkin...

Film

Terakhir diperbarui 17 Juni, 2024 Layar.id – Mungkin sudah saatnya Ali Topan ini jadi sebuah film yang buat semua orang berpikir. Kalau semudah itu...

Aktor/ Aktris

Layar.id – serial web ini sudah dapat di tonton hingga episdode 4 perhari ini. Namun bagi para pengguna aplikasi Vidio Reguler, serial ini mulai...