Connect with us

Film

ISLE OF DOGS – Film Stop-Motion Terbaik Masuk Nominasi Oscar 2019

KARYA TERBARU WES ANDERSON FILM ANIMASI STOP-MOTION BERTAJUK ISLE OF DOGS TERBAIK MASUK NOMINASI OSCAR 2019.

Jakarta, Layar.id – Film animasi stop-motion kedua Anderson berjudul ISLE OF DOGS dengan setting di Jepang pada masa depan ini sudah tayang beberapa waktu lalu.

Namun demikian, Isle Of Dogs adalah film animasi stop motion terbaik yang digadang-gadang bisa memenangkan piala Oscar 2019 mendatang.

Isle of Dogs ini adalah salah satu karya termutakhir sutradara Wes Anderson.

Setelah Coco (2017) tampil gemilang sebagai pemenang film animasi terbaik di ajang Oscar 2018, kini 25 sejumlah film animasi kembali bersaing ketat untuk menjadi peraih Oscar di kategori tersebut.

Menariknya, kali ini ada delapan film anime yang ikut berkompetisi di Oscar 2019 nanti.

Beberapa kandidat yang pesonanya sangat kuat untuk masuk nominasi di kategori best anime Oscar 2019 nanti adalah film box office keluaran Pixar yaitu The Incredibles 2.

Selain itu, masih ada film stop-motion karya Wes Anderson yang bertajuk Isle of Dogs dan animasi keluaran Sony Pictures Animation yang akan rilis pada Desember nanti yaitu Spider-Man: Into the Spider-Verse.

PERSAINGAN KETAT

ISLE OF DOGS – Film Stop-Motion Terbaik Masuk Nominasi Oscar 2019

Maksimal akan ada 5 film yang bisa menjadi nominasi di kategori animasi terbaik. Jika ketiga film tadi sudah masuk nominasi, maka setidaknya masih ada dua tempat kosong yang bisa diperebutkan oleh 23 kandidat lain.

Sebut saja adalah film animasi keluaran Kyoto Animation Studio berjudul Liz and the Blue Bird juga termasuk salah satu calon nominasi yang masuk di ajang Oscar 2019. Film ini bercerita tentang dinamika dua sahabat bernama Mizore Yoroizuka dan Nozomi Kiasi di SMA.

Selain itu, ada film animasi produksi 4°C dan Ankama yang bertajuk MFKZ juga didaftarkan sebagai kandidat nominasi.

Sebagai informasi bahwa sampai saat ini, belum ada film anime yang berhasil menjadi pemenang di kategori “Best Animated Feature” selain film karya Hayao Miyazaki, berjudul Spirited Away. Film anime ini pernah menyabet gelar tersebut pada ajang Oscar ke-75 yang dilangsungkan tahun 2002.

PLOT CERITA ISLE OF DOGS

ISLE OF DOGS – Film Stop-Motion Terbaik Masuk Nominasi Oscar 2019

Film anime Isle Of Dogs ini berlatar masa depan yang mempunyai premis kelam.

Melalui karakter Walikota Kobayashi, pemimpin korup kota Megasaki ini dikisahkan bertekad untuk menciptakan dunia tanpa anjing.

Populasi anjing telah mencapai taraf yang menyesakkan, flu anjing pun merebak sehingga meresahkan penduduk Megasaki.

Wali kota memerintahkan agar semua anjing dikumpulkan dan dipenjarakan di Pulau Sampah yang dijuluki Isle of Dogs.

Enam bulan kemudian, anak yatim piatu berusia 12 tahun, bernama Atari, menerbangkan pesawat dan jatuh di pulau itu, saat ia mencoba mencari hewan peliharaan kesayangannya, Spots.

Sekelompok anjing yang terabaikan dan kelaparan – King, Duke, Rex, dan Chief – bergabung dalam pencarian Atari.

Apakah Atari dapat berhasil menemukan hewan peliharaan kesayangannya?

PENGISI SUARA

ISLE OF DOGS – Film Stop-Motion Terbaik Masuk Nominasi Oscar 2019Wes Anderson sang sutradara pun memanggil teman-temannya untuk mengisi suara dalam film ini.

Beberapa diantaranya , seperti Bill Murray, Edward Norton, Frances McDormand dan Greta Gerwig.

Untuk tim penulis ada Jason Schwartzmann dan Kunzi Nomura yang ikut menggarap film Grand Budapest Hotel, yang menjadi pengisi suara sebagai Walikota Kobayashi.

Suara kasar Bryan Cranston sangat cocok untuk mengisi suara ketua komplotan yang terluka secara emosional.

Sedangkan Scarlett Johannsson menjadi pengisi suara anjing pertunjukan bernama Nutmeg.

Koyu Rankin mengisi suara Atari. Pada saat pemutaran film perdana pada malam pembukaan Festival Film Berlin ia sedang berulang tahun yang kesebelas.

Sedangkan Tilda Swinton mungkin tampil sebagai cameo terbaik dalam kariernya sebagai anjing pug bernama Oracle. Ia memerankan suara anjing yang dapat melihat ke masa depan karena dia memahami perkiraan cuaca TV.

PENGHORMATAN KEPADA SINEMA JEPANG

ISLE OF DOGS – Film Stop-Motion Terbaik Masuk Nominasi Oscar 2019Isle of Dogs muncul sebagai bentuk penghormatan sutradara Wes Anderson kepada sinema Jepang.

Salah satunya adalah penghormatan kepada Hayao Miyazaki, salah satu pendiri rumah animasi Studio Ghibli, serta Akira Kurosawa yang legendaris.

Arahan Kurosawa dalam pemandangan kota di film-film seperti Stray Dog dan High and Low telah menginspirasi Kota Megasaki.

Sementara kolaborator lama Kurosawa, Toshiro Mifune, memberikan inspirasi untuk wajah Walikota Kobayashi.

Terlepas dari pengaruh tokoh sinema Jepang itu, Wes Anderson lebih dari mampu untuk menciptakan sendiri alam semestanya yang luar biasa.

Seperti animasi stop-motion terakhirnya, berjudul Fantastic Mr Fox, maka Isle of Dogs juga sangat imajinatif – seperti adaptasi karya seni tradisional abad ke-19 hingga dunia anjing yang futuristik.

Anderson juga memperhatian hal-hal detail seperti tempat minum-minum yang terbuat dari botol saki bekas.

Pulau Sampah digambarkan sebagai gurun nuklir dari tempat pembuangan sampah. Semacam sebuah kuburan untuk fosil industri bahan bakar dan barang-barang tua yang hancur akibat bencana alam.

Jelas sekali ini merupakan referensi mengenai sejarah Jepang yang lebih baru dan traumatis.

Sebenarnya film ini termasuk jenis petualangan klasik tentang anak laki-laki dan anjingnya.

Namun rupanya Wes Anderson justru memberikan suguhan tentang sisi gelap tahun 1930an di Hotel Grand Budapest, yang menjadi masalah kekinian di Isle of Dogs.

Baca Juga :

OUTLAW KING Kisah Historis Penuh Adegan Epik Tayang Di Netflix – Segera!

SINEMATOGRAFI KEREN

ISLE OF DOGS – Film Stop-Motion Terbaik Masuk Nominasi Oscar 2019Secara plot cerita, film ini memang terlihat standar, namun karena perpaduan sinematografi dan jalan cerita yang tepat, Isle of Dogs, mampu menghadirkan emosi ke dalam karakter-karakternya.

Film ini nilainya hampir sempurna, namun mengkombinasikan bahasa Inggris dan Jepang terasa sedikit canggung dan agak membingungkan.

Untungnya ada subtitle pengganti jika bagi para pemirsa film ini melalui layanan legal atau resmi.

Sebagai sebuah film stop-motion tentunya membutuhkan pengisi suara yang tepat. Nama beberapa aktor dan aktris Hollywood hadir memeriahkan film Isle of Dogs.

Mereka adalah deretan aktor dan aktris kenamaan, yang memang sudah jagonya di dunia seni peran.

Sempat menjadi pembuka beberapa film Hollywood yang akan tayang di bioskop Indonesia. Namun, pada faktanya, Isle of Dogs tidak kunjung tayang dan tidak pernah muncul di jaringan bioskop Indonesia.

Ingin melihat keindahan dan menerjemahkan review Isle of Dogs sendiri?

Caranya mudah,  karena sejak tanggal 26 Juni 2018, film Isle of Dogs bisa didapatkan melalui kanal digital resmi seperti Google Play Movies, Amazon, serta iTunes.

Jadi.., segera simak melalui kanal-kanal resmi untuk bisa melihat keseruan petuangalan Atari dalam Isle of Dogs. Atau, simak dulu trailernya di layar.id

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Popular

Simak Trailer Pertama Film “Lupin III The First”

Film

Reaksi Pertama Usai Pemutaran “The Lion King”

Film

Telah Resmi, “Friends’’ Tinggalkan Netflix untuk HBO Max

TV

Trailer “Maleficent: Mistress of Evil” Menyuguhkan Kembalinya Angelina Jolie

Film

Advertisement
Connect
Newsletter Signup