Connect with us

Hi, what are you looking for?

Film

BURNING Film Korea Rekomendasi Toronto International Film Festival 2018

poster film korea Burning

Last updated on 12 September, 2021

Jakarta, Layar.id – “Burning” film Korea Selatan tahun 2018 yang bergenre drama misteri yang disutradarai oleh Lee Chang-dong.

Film “Burning” dibintangi oleh Yoo Ah In, Jeon Jong Seo dan Steven Yeung.

“Burning” diadaptasi dari cerita pendek “Barn Burning” karya Haruki Murakami, di rilis di bioskop lokal Korea Selatan pada 17 Mei 2018 yang lalu.

Sehari sebelum rilis di bioskop lokal Korea Selatan, film Burning tayang premiere di Cannes Festival.

Dalam konferensi pers yang diadakan sebelum berangkat ke Cannes Film Festival 2018, Lee mengatakan bahwa film ini akan berkompetisi untuk Palme d’Or.

Burning mendapat banyak perhatian karena tak hanya dibintangi oleh aktor Hollywood Steven Yeun, tapi juga karena disutradarai oleh Lee Chang Dong.

Ia adalah sutradara yang dikenal dengan karyanya dalam membesut Peppermint Candy dan Oasis.

Film ini diproduksi oleh Pine House Films, NHK, Now Films dan berbahasa Korea.

Sinopsis Burning

scene dalam film burning

Burning mengisahkan seorang pria bernama Jong Soo (Yoo Ah In) yang merupakan sosok pria yang baik tapi pemalu dan tidak tegas.

Jong Soo yang punya impian menjadi penulis mengambil kerja sampingan sebagai kurir dan  bertemu dengan teman masa kecilnya Hae Mi (Jeon Jung Seo).

Hae Mi kemudian membuat janji bertemu dengan Jong Soo dan memintanya untuk merawat kucingnya karena dia akan segera melakukan perjalanan ke Afrika.

Sampai suatu hari, Hae Mi kembali pulang ke Korea dan mengenalkan Ben (Steven Yeun) kepada Jong Soo. Ben adalah seorang pria misterius yang dikenalnya di Afrika.

Suatu ketika, Ben dan Hae Mi mengunjungi tempat tinggal Jong Soo dan Ben memberitahu tentang hobi rahasianya.

Setelah Jong Soo mengetahui hobi misterius Ben, Hae Mi juga tiba-tiba menghilang.

Diliputi rasa kebingungan, Jong Soo berusaha untuk mencari keberadaan Hae Mi.

Film yang Menegangkan dan Penuh Misteri

BURNING Film Korea diperankan Yoo Ah In

Menonton film garapan Lee Chang Dong benar-benar bukan penikmat film tipe santai dan rileks. Film ini penuh dengan ketegangan dan misteri yang menantang penonton untuk terus menyimak setiap adegan.

Burning dibintangi oleh Yoo Ah In, Steven Yeun dan aktris pendatang baru Jeon Jong Seo.

“Film ini adalah kisah (untuk) anak muda, dan yang aku inginkan untuk berkomunikasi dengan mereka melalui sentimen dan emosi mereka,” ujar Lee.

Ia pun menambahkan bahwa meskipun pertanyaan tentang etika biasanya melibatkan intelektual, film ini lebih dekat dengan hati (perasaan).

Film ini berdasarkan “Barn Burning,” sebuah cerita pendek karya Haruki Murakami yang terinspirasi dari cerita pendek William Faulkner dengan judul sama. Secara garis besar, mengisahkan penyelidikan misteri tentang seorang pria yang membakar sebuah gudang.

Bekerja dengan sang sutradara untuk pertama kalinya, Yeun mengatakan bahwa meskipun film adaptasi, sang sutradara mampu mempertahankan perasaan dari kisah aslinya.

Menurut Yeun, sutradara berhasil mewarnai film tersebut dengan unsur-unsur Korea menjadi kisah dongeng universal.

Menjadi yang termuda diantara trio para pemain, Jeon mengatakan dia mengenali kisah anak muda yang disampaikan “Burning”.

Ia pun mengungkapkan jika film ini ada amarah dan perasaan yang – tanpa mereka sadari – dimiliki oleh anak muda. Ia berpikir banyak hal di kehidupan sehari-hari juga ada dalam film tersebut.

Baca Juga : Intip Poster Dan Teaser Film MISS BAEK – Siap Rilis Akhir Musim Ini

Film Korea Burning Meraih 1 Piala Cannes Film Festival

cast dan sutradara Burning

Meski tidak memenangkan piala top prize di Cannes Film Festival 2018, film Burning sukses meraih penghargaan Fipresci International Critics sebagai Film Terbaik.

Film Burning sukses meraih skor rata-rata 3.8 (dari 4) di penilaian juri sesi Screen International.

Para juri yang berasal dari The International Federation of Film Critics dengan anggota lebih dari 50 negara ini, menilai Burning sebagai film yang sangat memukau secara visual.

Selain itu juga berani mengangkat kisah rumit yang emosional. Ditambah dengan latar sosial kehidupan masa kini (kontemporer) membuat film ini memiliki pesona tersendiri.

Menjadi salah satu film yang ditayangkan premiere di Cannes Film Festival pada 16 Mei lalu, Burning sukses mendapatkan standing ovation dari para tamu undangan dan juri.

Sebagai satu-satunya film Korea yang tahun ini berkompetisi di Cannes, pencapaian Burning jadi catatan sejarah baru di dunia perfilman Korea Selatan.

Baca Juga : Simak Trailer Serial Original Antologi Horor FOLKLORE Tayang Di HBO Oktober

Come Back di Layar Lebar

Burning ini juga menandakan kembalinya aktor Yoo Ah In di layar lebar setelah vakum di dunia film selama 2 tahun.

Dalam poster Burning memperlihatkan tatapan tajam Yoo Ah In ke kamera. Ada sebuah kalimat yang tertera, ” Sekarang, katakan yang sebenarnya.”

Dari posternya saja sudah menandakan suasana misterius sebagai dominasi dari film Burning.

Penasaran dengan film-nya? Film drama misteri ini mempunyai jadwal tayang 26 Oktober 2018 dengan durasi 2 jam 28 menit.

Sekarang Pelayar dapat menyaksikan “Burning” di Viu atau Vidio.

Bila tertarik untuk menonton boleh simak trailernya dulu. Selamat menonton. (eli/crs)

Baca Juga

Berita Hiburan

Jakarta, Layar.id – Meskipun kedengarannya seperti penipuan, tetapi penundaan pada beberapa film blockbuster karena pandemi diharapkan segera berakhir. Tahun 2021 sudah hampir selesai, dan...

Drama Korea

Jakarta, Layar.id – Penyanyi dan aktor Rain akan kembali ke layar kaca dalam drama Ghost Doctor. Ini adalah drama pertama kalinya setelah dua tahun...

Drama Korea

Jakarta, Layar.id – Apakah para aktor drama mendatang serial Netflix populer Money Heist remake Korea ini cocok dengan karakter aslinya? Netflix Korea kembali mengonfirmasi...

Film

Jakarta, Layar.id – Netflix membawa kemenangan besar. Film “The Lost Daughter” berhasil mengantongi penghargaan Feature Terbaik dan Skenario Terbaik. Sedangkan kategori Sutradara Terobosan diraih...