Connect with us

Hi, what are you looking for?

Film Asia

Kisah Pelacur yang Memperjuangkan Kebebasan di Film Begum Jaan

Film Begum Jaan

Film Begum Jaan merupakan salah satu film Bollywood yang sarat akan nilai-nilai kehidupan. Film yang dibintangi oleh Vidya Balan ini digadang-gadang mengantarkan pesan feminis kepada masyarakat.

Begum Jaan adalah sebuah film yang judulnya diambil dari nama sang tokoh utama. Begum Jaan, yang diperankan oleh Vidya Balan, adalah seorang pelacur yang memiliki bisnis rumah bordil saat perang tengah berlangsung di kawasan tempat tinggalnya.

“Begum Jaan memiliki makna bahwa ia punya kebebasannya sendiri, terkait tubuhnya, rumahnya bahkan ia berjuang atas peraturannya sendiri.”

Begum Jaan mengelola bisnis rumah bordilnya seorang diri. Ia merektrut para perempuan yang tidak diakui oleh keluarganya untuk bekerja sebagai pelacur. Rumah bordil miliknya ini terletak di antara kota Sakkergarh dan Dorangla. Tak cuma pelacur, ada dua pekerja lokal yang bertugas membawa pelanggan, yakni Amma (Ila Arun) dan Sujeet (Pitobash Tripathy). Kemudian adapula sang penjaga yang membawa senjata bernama Paman Salim yang diperankan oleh Sumit Nijhawan.

Suatu hari, para pekerja Begum Jaan ini dipukuli oleh petugas pemerintah karena bisnisnya dinilai menyalahi aturan. Begum Jaan pun menerima berbagai ancaman hingga akhirnya ia marah dan meminta Paman Salim untuk melatih para pelacurnya menggunakan senjata dan berperang.

Perjuangan Begum Jaan mencapai kemerdekaan dan kebebasan pun berakhir tragis. Tak hanya dikhianati oleh pekerjanya sendiri, rumah bordilnya pun akhirnya dibakar. Begum Jaan dan para pekerjanya kemudian memilih mati di dalam rumah bordil mereka dalam keadaan tersenyum.

Film ini tak hanya mengisahkan para pelacur yang berjuang mencapai kebebasan. Banyak yang menilai bahwa Begum Jaan sengaja dibuat demi mengantarkan pesan feminis kepada khalayak. Begum Jaan memiliki makna bahwa ia punya kebebasannya sendiri, terkait tubuhnya, rumahnya bahkan ia berjuang atas peraturannya sendiri.

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi layar.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Viu Indonesia

Last updated on 26 November, 2022 Layar.id – Drakor terbaru dari jTBC, Reborn Rich tayang perdana pada hari ini, Jumat, 18 November 2022. Drama...

Film Barat

Last updated on 23 November, 2022 Layar.id – Film drama sejarah The Wonder tayang perdana pada hari ini, Rabu (16/11/2022) di platform streaming Netflix....

Disney+

Last updated on 25 November, 2022 Layar.id – Drama Korea Revenge of Others rilis pada 9 November 2022, sebuah drama thriller berjumlah 12 episode....

Jadwal Tayang

Last updated on 25 November, 2022 Layar.id – Drama terbaru SBS The First Responders tayang perdana pada Sabtu, 12 November 2022 sebanyak 12 episode....