Connect with us

Hi, what are you looking for?

Aktor/ Aktris

Aktor Indonesia Yang Pernah Perankan Bung Karno

Aryo Bayu Soekarno_1abs
Ada beberapa daftar aktor Indonesia yang pernah memerankan sosok Bung Karno di dalam film. (Sumber: Brilio)

Layar.id – Siapa yang tidak kenal dengan Bung Karno atau yang biasa dikenal juga dengan nama Soekarno? Sang tokoh bapak bangsa dan juga proklamator dari Indonesia ini memang memiliki daya tarik tersendiri bagi masyarakat secara keseluruhan.

Dengan kepopulerannya tersebut, sang bapak bangsa ini juga sering diangkat ke dalam film sebagai seorang tokoh yang mencintai negaranya dan juga rela berjuang dengan segenap hati bagi Indonesia.

Sejalan akan hal itu, terdapat beberapa aktor Indonesia yang pernah memerangkan sosok Bung Karno di dalam film layar lebar nasional yang menarik diketahui bagi para penontonnya. Lantas, siapakan para aktor tersebut? Berikut informasinya!

1. Umar Kayam

Umar Kayam_1uk

Umar Kayam pernah memerangkan tokoh Bung Karno di dalam film sejarah Penumpasan Pengkhianatan G30 S/PKI yang fenomenal. (Sumber: Twitter)

Sosok peran dari Bung Karno pertama kali ditampilkan di dalam sineas layar lebar Indonesia di dalam film Penumpasan Pengkhianatan G-30 S/PKI di tahun 1984 silam. Dalam pemerannya, sosok Bung Karno diperankan oleh aktor bernama Umar Kayam. Bagi yang belum tahu, Umar Kayam sendiri merupakan seorang budayawan dan juga seniman yang cukup terkenal pada masanya.

Menariknya, Umar sendiri bersahabat dekat dengan sang sutradara dari film yang mengangkat kisah sejarah tak terlupakan di Indonesia itu. Ya, Umar merupakan sahabat dari Arifin C Noer dan persahabatan mereka bisa dibilang cukup akrab satu dengan yang lainnya.

2. Anjasmara

Mendengar nama Anjasmara, pastinya para penonton sudah tidak asing dengan serial-serial sinteron yang diperankannya di era tahun 90an bukan? Perlu diketahui bahwa Anjasmara pernah memerankan tokoh Bung Karno lho. Ya, Anjasmara diketahui memainkan peran bapak bangsa tersebut di dalam serial drama documenter Pustaka Tokoh Bangsa yang hadir di Trans TV pada tahun 2003 silam.

Pustaka Tokoh Bangsa mendapatkan arahan dari sutradara Hanung Bramantyo dan Dian W Sasmita, sehingga menghasilan sebuah tontonan yang cukup menarik bagi keluarga Indonesia.

Baca juga: 5 Aktor Indonesia Dulunya Pernah Jadi Atlet

3. Baim Wong

Baim Wong Soekarno_2

Baim Wong pernah mendapatkan kesempatan untuk memerankan film sebagai seorang Soekarno. (Sumber: Nalar.id)

Pemeran sang proklamator berikutnya adalah sosok aktor terkenal Indonesia lainnya yaitu Baim Wong. Baim Wong sendiri berkesempatan untuk memainkan sosok tokoh Bung Karno di dalam film berjudul Ketika Bung di Ende yang dirilis di tahun 2013 silam. Film yang disutradari oleh Viva Westi ini mengangkat sisi lain dari Soekarno di dalam kisah hidupnya.

Dalam film ini, menceritakan pada masa pembuangan Bung Karno bersama istrinya yaitu Inggit Ganarsih di Ende, Flores, Nusa Tenggara Timur oleh pemerintah Belanda. Di sini, sosok Inggit Ganarsih diperankan oleh Paramitha Rusady yang mampu menghdirkan peran penting di dalam kesinambungan cerita bersejarah tersebut.

4. Ario Bayu

Sosok aktor Indonesia lainnya yang memerangkan tokoh Bung Karno di dalam serial film tanah air adalah Ario Bayu. Ario sendiri berkesempatan untuk bisa menjadi sang proklamator dalam film berjudul Soekarno yang dirilis pada tahun 2013 silam.

Film Soekarno mengangkat kisah tentang menceirtakan secara khusus dari masa muda Bung Karno sampai dengan masa kemerdekaan di tahun 1945.

Dari pilihan ke empat aktor Indonesia tersebut, manakah yang menjadi favorit dari para penggunanya di dalam penggambaran sosok Bung Karno di dalam layar kaca? Tentu masing-masing aktor tersebut memiliki ciri khasnya tersendiri yang memberikan peran terbaik untuk memerankan sosok penting bagi bangsa Indonesia ini.

 

 

Sumber & Foto: Dari berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi layar.id.
Advertisement
Advertisement

Baca Juga

Aktor/ Aktris

Terakhir diperbarui 9 Juni, 2024 Layar.id – Di bulan April 2019, James C. Strouse akan menulis dan menyutradarai sebuah film yang sementara di beri...

Film Indonesia

Terakhir diperbarui 9 Juni, 2024 Layar.id – Semakin banyak film Indonesia yang berlatar keindahan Nusantara. Salah satunya yaitu Nona Manis Sayange yang disutradarai oleh...

Aktor/ Aktris

Layar.id – Nama Ganindra Bimo tengah menjadi sorotan public setelah dia mengaku tidak mepunyai mobil di rumah. Saat akan bepergian, Bimo sering menggunakan kendaraan...

Amazon Prime Video

Layar.id – Kalau saja ada film yang gambarkan kehidupan seorang aktor, mungkin film ini cocok sekali. Iya, Calm Before Storm merupakan film yang penuh dengan...