Connect with us

Hi, what are you looking for?

Film Korea

Review I’m a Cyborg, But That’s OK: Film Korea Yang Highly Recommended

Poster film Korea garapan Park Chan-wook berjudul I'M Cyborg But That's OK bereritakan tentang gadis yang mempunyai kelainan mental bernama Young-goon (Im Soo-jung) yang kemudian bertemu dengan Il-Soon (Rain)
m.imbd.com

Layar.id – Sinema Korea perlahan tapi pasti sudah berhasil menggeser kedudukan sinema Jepang. Jalan cerita yang lebih mudah dicerna, ditambah Korean Wave yang melanda seluruh penjuru dunia, membuat film-film dari negara semenanjung tersebut makin dilirik.

Dan dari banyak nama kreator film Korea, terselip nama Park Chan-wook, sutradara Korea selalu muncul dengan karya-karya brutal dan nyeleneh yang terpengaruh sentuhan film Jepang yang sudah lebih dulu dikenal nyeleneh.

Salah satunya adalah I’m a Cyborg, But That’s OK (Ssaibogeujiman Gwaenchana) yang dirilis pada 2006 silam yang dibintangi oleh salah satu ikon Korean Wave, Rain.

Baca juga: Rain Dan Deretan Pemeran KDrama “Ghost Doctor”

Sinopsis I’m a Cyborg, But That’s OK

Cha Young-goon (Im Soo-jung), dari luar tampak tidak ada yang aneh dengan gadis ini. Sebagai pegawai di salah satu pabrik pembuatan radio, dia sangat rajin bekerja. Tapi ada yang salah dengan dirinya. Dia selalu menganggap dirinya sebagai cyborg

Cha Young-goon yang diperankan oleh Im Soo-jung, seorang gadis yang nampak biasa saja, bekerja di pabrik pembuatan radio namun menganggap dirinya sebagai cyborg

Suatu hari Cha Young-goon memotong pergelangan tangannya dan menyambungkannya dengan kabel. Cha Young-goon lantas kesetrum dan terbangun di sebuah rumah sakit jiwa.

Di sana, Young-goon bertemu dengan seorang wanita muda. Wanita tersebut memperkenalkan beberapa pasien yang mendapatkan perawatan di tempat tersebut. Salah satunya adalah Park Il-Soon (Rain), yang punya hobi main ping-pong dengan lengkap dengan topeng kelinci. 

Selain punya hobi main ping-pong, Il-Soon ternyata punya hobi lain yang amat digemari: mencuri. Young-goon lantas meminta Il-Soon untuk “mencuri” rasa simpatinya karena sebagai cyborg, Young-goon tidak butuh rasa simpati.

Sayangnya kondisi Young-goon makin memburuk karena dia menolak makan. Sebagai cyborg, harusnya Young-goon diberi makan batu batre. Begitu pikirnya.

Il-Soon membujuk Young-goon makan

Dan Il-Soon, yang tadinya diminta Young-goon untuk “mencuri” rasa simpati Young-goon, malah bersimpati padanya dan mulai membujuk dan mendekati Young-goon.

Review I’m a Cyborg, But That’s OK

Meski idenya nyeleneh, sutradara Park Chan-wook boleh dibilang sangat brilian dalam menggambarkan kondisi seseorang yang mengalami gangguan mental dengan sentuhan komedi. 

Lewat I’m a Cyborg, But That’s OK, Park Chan-wook menggali simpati penonton tentang orang-orang yang mengalami gangguan jiwa ternyata mengalami trauma yang sangat dalam akibat adanya ikatan dengan sesuatu yang sangat disayangi. Dalam kasus ini, Young-goon mempunyai ikatan yang kuat dengan neneknya.

Young-goon dan Il-Soon beserta semua pasien penghuni rumah sakit jiwa yang tidak akan mampu bertahan hiudp jika kembali ke tengah masyarakat

Semua karakter yang ada di film ini, tak akan bisa bertahan jika harus kembali hidup di masyarakat. Serta bagaimana mereka juga mati-matian menyangkal jika mereka menderita gangguan jiwa. Suatu keadaan yang berbanding terbalik dengan kondisi saat ini dimana punya gangguan jiwa itu keren sekali.

Im Soo-jung kembali memerankan gadis dengan gangguan mental seperti perannya sebagai Bae Su-mi di film horor A Tale of Two Sisters. Namun di sini, Im Soo-jung memerankan karakter Young-goon yang jauh lebih cerah, namun menyimpan kegelapan di dasar hatinya.

Akting Rain sebagai Il-Soon juga tergolong brilian. Apalagi ini adalah debutnya di layar lebar. Rain tidak sekedar bintang K-Pop yang hanya mampu membuat fans menjerit histeris lewat tarian dan nyanyiannya. Namun mampu membuat fans makin histeris, dan membuat penonton lain terpukau.

Dan jangan lupakan para aktor pendukung yang mampu menjadikan film ini makin hidup.

Buat Pelayar yang ingin merasakan pengalaman berbeda menonton film Korea tapi masih ingin menikmati unsur uwu, I’m a Cyborg, But That’s OK adalah pilihan yang lebih dari tepat.

Skor bolehlah 8 dari 10 alias Highly Recommended.

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi layar.id.
Advertisement
Advertisement

Baca Juga

Film

Terakhir diperbarui 28 Mei, 2024 Layar.id – Korea Selatan dikenal drama yang memiliki cerita sejarah atau biasa disebut saeguk. Selain dikenal dengan drama di...

Film

Terakhir diperbarui 26 Mei, 2024 Layar.id – Film yang dibintangi oleh Song Joong Ki itu diadaptasi dari novel “Met Loh Kwan” yang ditulis oleh...

Film Asia

Layar.id – My Name is Loh Kiwan merupakan salah satu film korea terbaru yang dibintangi oleh Song Joong-ki. Fim ini menjadi comeback Song Joong-ki...

Film Korea

Terakhir diperbarui 14 Mei, 2024 Layar.id – Apabila mendengar tentang Korea banyak hal positif yang terlintas di pikiran kita, mulai dari negara yang mempunyai...