Connect with us

Hi, what are you looking for?

Film Jepang

Profil dan Karya Film Makoto Shinkai

Makoto Shinkai

Layar.id – Makoto Shinkai dikenal sebagai salah satu pencipta anime dengan dramatisasi memukau dan sinematografi menawan.

Ia selalu menghadirkan karya-karya terbaik setiap tahunnya, seperti Your Name (Kimi no Na wa), Children Who Chase Lost Voices dan Suzume no Tojimari.

Berikut adalah profil lengkap Makoto Shinkai beserta karya-karyanya.

Profil Makoto Shinkai

Makoto Shinkai lahir di Koumi, Prefektur Nagano, Jepang, pada 9 Februari 1973. Tahun ini, Shinkai menginjak usia 50 tahun.

Ia menikah dengan aktris dan produser film Jepang terkenal, Chieko Misaka, dan dikaruniai seorang putri bernama Chise Niitsu pada tahun 2010.

Putrinya ini juga merupakan seorang artis cilik yang sering membintangi film dan iklan.

Setelah menyelesaikan pendidikan di SMA Nozawa Kita pada tahun 1991.

Shinkai melanjutkan studi di Universitas Chuo, mengambil jurusan Sastra Jepang.

Selama masa kuliah, ia aktif di klub sastra dan menggambar manga.

Karier Shinkai dimulai setelah lulus dari Universitas Chuo pada tahun 1996.

Ia bekerja di perusahaan produksi game Falcom selama lima tahun, membuat video klip game dan desain grafis untuk situs web perusahaan.

Pada tahun 1999, Shinkai merilis film pendek berjudul She and Her Cat yang mendapat banyak pujian dan memenangkan kontes animasi DoGA CG ke-12.

Pada tahun 2001, Shinkai berhenti dari Falcom dan menandatangani kontrak dengan perusahaan aplikasi smartphone untuk membuat animasi.

Dari tahun 2001 hingga 2002, ia fokus membuat Voices of a Distant Star  dan mulai aktif memproduksi anime, baik durasi pendek maupun penuh.

Baca juga: Pemeran Saat Menghadap Tuhan, Banyak Wajah Baru!

Karya Film Makoto Shinkai

Makoto Shinkai Anime

The Place Promised in Our Early Days (2004)

Film ini adalah debut panjang Shinkai. Bercerita tentang Jepang yang terbagi setelah perang, dua remaja, Hiroki dan Takuya, membangun pesawat kecil untuk mencapai menara raksasa di Hokkaido.

Cerita berlanjut dengan upaya mereka membangunkan teman mereka, Sayuri, yang tertidur akibat penyakit misterius.

5 Centimeters Per Second (2007)

Film ini terdiri dari tiga bagian: Cherry Blossom, Cosmonaut, dan 5 Centimeters per Second.

Mengisahkan perjuangan hidup Takaki Tono dan Akari Shinohara yang terpisah sejak sekolah dasar dan pertemuan mereka yang penuh emosi setelah bertahun-tahun.

Weathering with You (2019)

Hodaka, seorang remaja yang melarikan diri ke Tokyo, bertemu dengan Hina, gadis yang dapat mengendalikan cuaca. Film ini diadaptasi menjadi novel oleh Shinkai dan menjadi perwakilan Jepang di ajang Academy Awards ke-92.

Your Name (2016)

Mengisahkan dua remaja, Taki dan Mitsuha, yang tubuhnya saling tertukar. Mereka mencoba berkomunikasi dan menemukan bahwa jarak fisik bukanlah satu-satunya penghalang dalam hubungan mereka. Film ini memenangkan berbagai penghargaan internasional dan menjadi nominasi dalam Japan Academy Prize.

The Garden of Words (2013)

Takao, seorang siswa yang bercita-cita menjadi pembuat sepatu, bertemu dengan Yukino di taman saat hujan. Hubungan mereka berkembang melalui pertemuan di taman tersebut, meskipun musim hujan akan segera berakhir.

The Place Promised in Our Early Days (2004)

Dalam timeline alternatif, Jepang pasca-Perang Dunia II terbagi antara dua kekuatan.

Tiga teman membangun pesawat untuk mengungkap misteri menara raksasa di Hokkaido, tetapi proyek mereka terhenti setelah hilangnya Sayuri.

Ketika mengetahui Sayuri koma, mereka berusaha menyelamatkannya, terkait dengan rahasia menara UNION.

Makoto Shinkai telah membawa nuansa baru dalam dunia animasi Jepang melalui karya-karyanya yang kaya akan emosi dan visual yang indah.

Karya-karyanya selalu dinantikan oleh penggemar anime di seluruh dunia.

 

 

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi layar.id.

Baca Juga

Sinopsis

Layar.id – Menjalin suatu hubungan terlebih hubungan jarak jauh atau istilah kerennya: Long Distance Relationship, tidaklah pernah mudah. Banyak yang menemui kegagalan. Meski ada...

Film Animasi

Layar.id – Siapa yang tak kenal Makoto Shinkai? Sutradara dari film seperti Weathering With You (Tenki no Ko) serta Your Name (Kimi no Namae...

Film Animasi

Layar.id – Jika dibandingkan dengan saat sekolah dulu, rasanya waktu yang dihabiskan untuk bersantai dengan menonton film anime sudah jauh berkurang. Ini karena seiring...

Film

Jakarta, Layar.id Shinkai terkenal sebagai produsen film anime bertema magic paling sukses di Jepang. Setelah absen selama hampir tiga tahun, studio akhirnya merilis poster...