Connect with us

Hi, what are you looking for?

Film Indonesia

Sinopsis Film Indonesia Teori Cakrawala, Guru Punya Obsesi, Asa & Cinta

Teori Cakrawala.
Teori Cakrawala.

Terakhir diperbarui 9 Juni, 2024

Layar.id – Film Teori Cakrawala karya sutradara Ivan Oche sudah tayang di bioskop seluruh Indonesia dan mendapatkan review yang menarik. Film tersebut berkisah tentang perjalanan seorang guru muda konvensional bernama Cakrawala (Elissa Knapp) yang mendapat tugas dari Dinas Pendidikan Kabupaten Jember untuk menjadi salah satu guru sekolah keliling di sana. Teori Cakrawala mengambil sudut pandang dari sosok guru melalui cara mengajar dan tantangan – tantangan yang dihadapinya dalam berbagai ilmu. Tidak hanya itu, film Teori Cakrawala bersangkutan dengan Filosofi Dunia Khayalan dimana banyak menghasilkan karya – karya eksotis tentang keanekaragaman wilayah Indonesia. Antara lain seperti film Suwang yang menampilkan kesenian tarian Jawa Jathilan, serta beberapa film documenter ihwal ragam budaya masyarakat Minang, Indramayu dan Sumba. Film Teori Cakrawala ini diklasifikasikan untuk penonton usia 13 tahun ke atas.

Sinopsis Teori Cakrawala

Teori Cakrawala Film_2b

Teori Cakrawala Film.

Ken Arina Cakrawala yang biasa disapa dengan Cakra. Ia mendapat peruntas tugas untuk menjadi salah satu guru sekolah keliling yan diberikan oleh Dinas Pendidikan Kabupaten Jember. Berbeda dengan guru – guru yang lain, Cakra menerima tugas ini dengan penuh semangat. Ketika Cakra sampaikan soal tugas ini dengan penuh semangat.

Ketika Cakra sampaikan solal tugas ini kepada kedua orang tuanya, Cakra harus sedikit berdebat dengan Ayahnya yakni Pak Sya’roni terutama tentang waktu yang pasti tidak akan sama dengan jika cakra mengajar di sekolah biasa. Namun, setelah Cakra dapat dukungan dari ibunya, yaitu bu Siti Pertiwi, Cakra berhasil meyakinkan ayahnya.

Hari pertama mengajar, Cakra langsung bertemu masalah. Pertama, Cakra melihat Guru lain memaksakan pola standar belajar mengajar yang konservatif, menonton dan membosankan seperti ketika mengajar dalam sebuah kelas.

Kedua, ada Guru yang terpaksa melakukan tugas hanya karena mengejar kondite, maka berlaku suka – suka. Ketiga, respon murid – murid yang tidak antusias mengikuti pelajaran. Cakra berkomitmen untuk mengubah standar pengajaran tersebut meskipun menghadapi tantangan lain dalam kehidupannya.

Dalam menghadapi tantangan tersebut, Cakrawala bertemu dengan seorang pemula lulusan S2 bernama Rajasa (Risky Mickey). Hubungan mereka kurang baik hingga sering kali terjadi konflik. Akan tetapi, dari konflik itu ternyata membantu Cakrawala menemukan metode mengajar yang berbeda, hingga mereka berdua saling jatuh cinta. Setelah beberapa waktu mengenal, Rajasa ternyata harus kembali ke Belanda untuk melanjutkan studi S3-nya yang sempat tertunda karena pandemi.

Dari kasus tersebut, Cakra jadi bertekad untuk membuktikan bahwa dirinya hanya berani protes namun memang memiliki ide dan solusi mengajar yang dapat dipertanggung jawabkan. Ide Cakra dalam mengajar murid – murid belajar di alam terbuka mendapat respon yang bagus dari para murid.

Yang paling real, murid – murid tampak berkembang atas pemahaman setiap pelajaran yang mereka terima. Murid – murid selalu antusias setiap kali diajar oleh Cakra.

Baca juga: Sinopsis Film Horor Kutukan Peti Mati, Naskah Kuno 300 Tahun Membawa Petaka

Para Pemain di Filmnya

Teori Cakrawala Film_3c

Teori Cakrawala Film.

Selain Agnes dan Risky, film Indonesia Teori Cakrawala ini juga dibintangi oleh beberapa artis lainnya. Berikut ini beberapa daftar pemain film Indonesia Teori Cakrawala, yaitu:

  • Risky Mickey
  • Elissa Knapp
  • Agnes Rambaho
  • Awan Rambaho

Film yang memiliki durasi 1 jam 14 menit ini merupakan sebuah genre drama yang diproduksi oleh filosofi Dunia Khayalan.

Melalui film ini, Filosofi Dunia Khayalan berusaha untuk menampilkan kekayaan alam dan budaya di Indonesia, yaitu daerah Jember. Khususnya keindahan pantai yang terbentang luas pada teknik sinematik yang digunakan dalam film tersebut.

Apabila penasaran dan ingin merasakan keindahan alam Indonesia, jangan lupa saksikan film Teori Cakrawala di bioskop terdekat, ya!

 

 

Sumber & Foto: Dari berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi layar.id.
Advertisement
Advertisement

Baca Juga

TV Series

Layar.id – Kawin Tangan, series indonesia terbaru 2024, resmi tayang di We TV mulai 14 Juni 2024. Series ini hadirkan kisah permasalahan rumah tangga...

Film Indonesia

Layar.id – Ipar Adalah Maut merupakan film Indonesia terbaru yang tayang mulai Kamis, 13 Juni 2024, di bioskop. Film Ipar Adalah Maut dibintangi oleh...

Film Indonesia

Terakhir diperbarui 9 Juni, 2024 Layar.id – Film Nona Manis Sayange merupakan salah satu film pembuka di bulan November. Film ini dijadwalkan tayang diseluruh...

Sinopsis

Terakhir diperbarui 9 Juni, 2024 Layar.id – Bangsatnya Cinta Pertama merupakan film Indonesia yang sudah tayang di bioskop – bioskop pada Kamis, 5 Oktober...