Film Indonesia

Resensi Film Pai Kau: Drama Suspense dengan Twist yang Aduhai

Film Pai Kau
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
3

Menjelang perayaan Imlek, tentu hal-hal yang bernuansa Tionghoa mulai muncul. Tak ketinggalan di dunia film. Kali ini, kembali muncul satu film yang membahas adat istiadat khas Tionghoa, namun dengan penyajian yang berbeda nih!

Film ini berjudul Pai Kau. Film yang digarap oleh sutradara Sidi Saleh ini hadir untuk menyemarakkan perayaan Imlek yang akan tiba dalam beberapa hari lagi. Pai Kau sendiri juga menjadi debut film panjang pertama garapan Sidi Saleh. Sutradara yang selama ini dikenal akan film-film pendeknya itu tentu tak sembarangan menggarap debut film layar lebar pertamanya ini.

Dengan mengambil tradisi pernikahan Tionghoa, Sidi Saleh siap mengejutkan para penonton di tanah air lewat film Pai Kau. Lalu, seperti apa sih film Pai Kau ini?

Pai Kau

Alur Cerita Film

Film Pai Kau bercerita tentang rencana balas dendam seorang gadis keturunan Tionghoa bernama Siska. Sebelumnya, Siska (Ineke Valentina) sempat menjalin kasih dengan seorang pria bernama Edy (Anthony Xi). Sayang, hubungannya kandas, dan yang lebih parah, Siska mendengar kabar bahwa Edy akan segera menikah dengan seorang wanita bernama Lucy (Irina Chiu).

Siska yang masih memendam kasih sekaligus amarah akibat ditinggal Edy akhirnya berniat untuk melancarkan aksi balas dendam. Ia berniat untuk memutarkan video mesranya yang dulu sempat ia rekam saat masih bersama Edy di resepsi pernikahan Edy dan Lucy.

Pai Kau

 

Niat ini segera ia wujudkan dengan mendatangi pernikahan Edy dan Lucy. Berbekal cd berisi video mesra di tangannya, Siska mulai melancarkan segala cara agar cd tersebut bisa dimainkan sesuai rencana. Siska bahkan mengaku sebagai sepupu Edy ketika Lucy menangkapnya tengah berdebat dengan Edy. Namun karena hal ini, ia malah disuruh menjadi bridesmaids oleh Lucy untuk menggantikan temannya yang batal hadir.

Apakah dengan menjadi bridesmaids Siska lebih mudah melancarkan aksi balas dendamnya? Atau di tengah jalan, aksinya ini berhasil digagalkan?

Ulasan Film

Film Pai Kau hadir mengusung genre drama suspense. Jika Anda ingat film-film asal Hongkong yang dulu sempat hits, nah formula yang digunakan film Pai Kau ini hampir serupa. Banyak adegan-adegan “sadis” terjadi di film ini. Membuat film Pai Kau tampil meneggangkan.

Nah, jika Anda bertanya-tanya apa maksud dari Pai Kau, judul film ini diambil dari permainan domino asal negeri Tiongkok. Permainan domino inipun juga terselip di dalam film sebagai selingan antar adegan-adegan utama di film ini.

Film yang digarap secara independent ini menurut kami cukup mengejutkan. Mulai dari pengambilan adegan-adegan yang terbilang berani seperti menampilkan wanita dengan busana yang cukup seksi, adegan-adegan sensual, dan beberapa realitas gelap yang terjadi di dunia bisnis.

Alur cerita mengalun dengan sangat ringan. Mudah dipahami namun tetap saja menegangkan. Belum lagi twist mengejutkan yang dihadirkan oleh film Pai Kau, menimbulkan decak kagum dari kami yang telah menontonnya. Akting dari para pemain juga mendukung film ini. Bahkan kami merasa sedikit tertipu oleh beberapa karakter yang tampil mengejutkan di akhir. Perhatikan beberapa detail dalam film yang mungkin akan membuat kamu berkata “oh iyaaa” di akhir film.

Di film ini, kita juga bisa melihat penampilan dari band indie White Shoes & the Couples Company membawakan lagunya yang berjudul Aksi Kucing untuk soundtrack dari film ini. Pemilihan soundtrack Aksi Kucingpun diambil agar suasana tegang kembali tercairkan. Selain itu, jika kita telaah liriknya sepertinya memang sedikit berhubungan dengan aksi para karakter di dalam film.

Overall, kami sangat puas dengan film Pai Kau karya Sidi Saleh ini. Kami tak segan memberikan rate 8,5 / 10 untuk film yang segera rilis pada 8 Februari 2018 ini. Tapi satu hal yang penting, film ini tidak ditujukan untuk kalangan semua umur. Kalau kamu sudah berusia minimal 17 tahun, baru deh bisa menyaksikan film ini di bioskop-bioskop terdekat yah Pelayar!

COMMENT
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
3
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top