Connect with us

Hi, what are you looking for?

Film Indonesia

“Mau Jadi Apa?”: Film Komedi Anak Kuliah Indonesia

Cuplikan adegan Mau Jadi Apa?

Jakarta, Layar.id – Salah satu produksi dari Starvision Plus adalah sebuah film komedi dengan judul Mau Jadi Apa? yang ditulis dengan sutradarai Soleh Solihun.

Berlatarkan tahun 1997, film ini menceritakan kisah nyata Soleh Solihun yang duduk di bangku perkuliahan Fikom Unpad. 

Berawal dari Soleh yang mendirikan sebuah majalah kampus alternatif yang mengangkat hal-hal ringan seperti musik, film, olahraga, dan gosip percintaan antar mahasiswa.

Majalah ini diberikan nama Karung Goni dengan kepanjangan dari Kabar, Ungkapan, Gosip, dan Opini.

SEKILAS TENTANG FILM “MAU JADI APA?”

Aktor Mau Jadi Apa?

Aktor Mau Jadi Apa? (sumber wartakota)

Mau Jadi Apa? adalah komedi terbaru Indonesia dengan sutradara Soleh Solihun dan Monty Tiwa pada bawah naungan rumah produksi Starvision.

Proses syuting Mau Jadi Apa? sudah dimulai sejak Agustus 2017. Film dengan genre komedi memakai nama Universitas Padjajaran.

Keunikan dari film ini yang belum pernah ada sebelumnya adalah film ini disebut memakai latar Unpad. Walaupun ada yang berlokasi di sana, tetapi tidak terang-terangan menyebut nama universitasnya.

Film yang menghadirkan cerita yang ringan tetapi sarat pesan berbobot. Faktanya, film karya Soleh Solihun ini mengangkat realita keresahan remaja dalam dunia perkuliahan yang masih seringkali merasa galau “mau jadi apa” ke depannya.

Latar dari Mau Jadi Apa? digambarkan pada tahun 90’an yang menceritakan kisah Soleh Solihun ketika duduk di bangku perkuliahan Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjadjaran, Jatinangor bersama dengan Lukman (Boris Bokir), Marsyel (Adjisdoaibu), Eko (Awwe), Fey (Anggika Bolsterli), dan Syarif (Ricky Wattimena). 

Membangun dan mengelola Karung Goni bukanlah hal yang mudah.

Soleh dan gengnya harus menghadapi cibiran dari anak-anak Fakta Jatinangor, majalah yang mendominasi kampus yang dipimpin oleh si arogan Panji (Ronal Surapradja).

Selain itu, Soleh sedang berjuang merebut hati Ros (Aurelie Moeremans).

Soleh Solihun

Soleh Solihun (sumber brilio)

Baca juga: Film Keluarga Cemara Membawa Ajaran Nilai Kehidupan

Kita telah mengenal Soleh Solihun sebagai stand up comedy kawakan sehingga memberikan hiburan pada penonton dengan celotehannya.

Lewat film ini, Soleh mulai masuk pada ranah dunia perfilman. Secara tidak langsung, Mau Jadi Apa? adalah film perdana yang disutradarai dan ditulis langsung olehnya.

BERBAGAI BINTANG KOMEDI

Beberapa komika yang ikut berperan dalam film ini adalah Soleh Solihun, Boris Bokir, Awwe, Ricky Wattimena, Adjis Doaibu, Anggika Bolsterli, dan Aurelie Moeremans.

Sedangkan pemeran pendukung dalam film memiliki daya tarik tersendiri di antaranya Ronal Surapradja, Ernest Prakasa, Surya Syaputra, Gading Marten, Andhika Pratama, Putri Marino, dan lain-lain.

SOUNDTRACK NOSTALGIA

Jika kita melihat film dari Mau Jadi Apa? maka yang terpikir lagi adalah deretan 11 lagu lawas yang membuat rasa nostalgia kembali ke era 90’an.

Ada lagu-lagu dari Slank, Pas Band, Naif, Netral, Pure Saturday, hingga lagu Lalieur Laleuleus Paregel yang dibawakan oleh band Soleh ketika duduk di bangku kuliah.

PENUH PESAN MORAL

Film yang hadir dengan berbagai pesan yang dapat dipetik dari  unsur persahabatan sehingga para penonton khususnya remaja dapat memahami pilihan-pilihan dalam menentukan masa depan. Maka dari itu, cerita dalam film dapat dinikmati oleh semua usia. (Prs/Eve)

 

 Sumber dan foto: berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi layar.id.

Baca Juga

Film Indonesia

Layar.id – Dari judulnya saja kemungkinan kita merasa asing dengan maknanya. Film Twivortiare bercerita mengenai sepasang suami istri yang kembali menjalani pernikahan kedua kalinya....

Film

Jakarta, Layar.id – Kabar baik bagi Anda penggemar film pendek, karena Red Sky Entertainment baru saja merilis salah satu judul film pendeknya, bertajuk Savage...

Berita Hiburan

Jakarta, Layar.id – Aktor muda Rey Bong memang tengah naik daun. Meski demikian, ia memilih untuk rehat sejenak dari kesibukannya di dunia hiburan selama...

Film

Jakarta, Layar.id – Untuk Anda yang ingin mengisi libur panjang dengan menyaksikan film favorit, tak ada salahnya melirik film horor Tanah Air yang satu...