Connect with us

Film Indonesia

Adegan Film Dilan 1990 Banyak Dihapus, Begini Komentar Sutradara

Setelah meluncurkan trailer yang memancing kontroversi, kini giliran penggemar meributkan beberapa adegan yang akan dihapus dalam film Dilan 1990. Menanggapi hal ini, sutradara Fajar Bustomipun angkat bicara.

Jakarta, Layar.id – Film Dilan 1990 yang akan tayang pada akhir Januari 2018 mendatang tengah menjadi perbincangan hangat di kalangan netizen. Tak hanya kontroversi mengenai Iqbaal Dhiafakhri Ramadhan yang dinilai kurang cocok memerankan karakter Dilan, melainkan juga tentang banyaknya adegan penting yang dihapus.

Hal tersebut terpaksa dilakukan lantaran terbentur durasi tayang yang hanya sekitar 2 jam saja. Namun, tim produksi memastikan bahwa pemangkasan adegan tidak akan mengurangi keindahan isi cerita.

Sutradara film Dilan 1990, Fajar Bustomi mengatakan bahwa bukan kemauan dirinya untuk meniadakan beberapa adegan penting seperti yang ada di dalam novel. Ia pun mengaku sedih atas hal tersebut.

“Saya merupakan fans Dilan juga. Pastinya semua adegan pingin dimasukkan semua. Cuma Dilan kan 300 halaman kalau dijadikan dua jam susah juga. Akhirnya diputuskan ada beberapa adegan yang dihilangkan,” katanya.

Dilan 1990

Novel Dilan karya Pidi Baiq

Meski merasa sedih, tetapi Fajar Bustomi menekankan bahwa adegan yang dihilangkan tidak akan memengaruhi jalan cerita film Dilan 1990.

Ia bisa saja tidak menghilangkan adegan tersebut dengan membagi film Dilan 1990 menjadi 2 bagian. Namun, hal tersebut diurungkan lantaran Fajar merasa akan ada kelanjutan dari kisah antara Dilan dan Milea ini.

“Kalau mau dijadikan dua film, tetapi masih ada dua buku lagi (yang ingin difilmkan). Agak sedih sih sebenarnya, tetapi saya tetap optimis karena novel ini romantis sekali. Dengan sudut pandang cerita yang luas.”

Reaksi Pidi Baiq Terkait Pengurangan Adegan

Sebelum memutuskan untuk menghapus beberapa adegan, Fajar mengaku dirinya lebih dulu melakukan konsultasi pada Pidi Baiq selaku penulis novel populer tersebut.

Keduanya sepakat untuk memangkas beberapa adegan dengan catatan tidak mengurangi ataupun menghilangkan inti dari cerita yang ingin disampaikan pada penonton.

“Saya berdiskusi dengan Pidi Baiq karena dia orang yang paling tahu tentang Dilan. Banyak hal yang harus kita sharing to the point dari buku yang hilang. Ketika ceritanya diangkat, jangan sampai intinya nggak dapat.”

Dilan 1990

Kang Emil jadi Cameo di film Dilan 1990

Fajar pun menyakinkan penonton untuk tak merasa cemas atas pengurangan adegan di film Dilan 1990.

“Menurut saya sudah bisa mewakili orang yang tidak pernah baca bukunya, bisa tetap menikmati indahnya buku lewat film ini,” kata Fajar Bustomi.

Sinopsis Dilan 1990

Film ini berkisah tentang Milea (Vanesha Prescilla) yang harus pindah dari Jakarta ke Bandung, mengikuti orang tuanya. Di sekolahnya yang baru, Milea bertemu dengan seorang pemuda bernama Dilan (Iqbaal). Sejak pertemuan pertama tersebut, Milea tidak dapat menghilangkan bayangan Dilan dari pikirannya. Bagaimana bisa jika Dilan merupakan sosok yang nyentrik sekaligus sedikit nyeleneh. Di mulai dari dirinya yang mengaku peramal hingga gombalan-gombalan tak biasa yang dilontarkan Dilan pada Milea, rasa suka keduanya pun tumbuh.

Milea pun tak dapat menampik pesona Dilan. Meski banyak orang yang menilai Dilan adalah anak nakal yang suka berbuat seenaknya, tetapi bagi Milea, Dilan adalah sosok pemuda yang pintar, baik hati, dan juga romantis dengan caranya sendiri.

Dilanku 1990

Dilanku 1990

Perjalanan hubungan keduanya tak selalu berjalan mulus. Banyak konflik yang dihadapi keduanya. Namun, dengan caranya sendiri, Dilan selalu mampu membuat Milea percaya bahwa ia akan baik-baik saja. Bagi Milea, dunianya akan terasa berbeda tanpa Dilan.

Kisah romantis antara Milea dengan Dilan semakin manis dengan latar belakang kota Kembang Bandung tempo dulu. Di mana masih banyak pepohonan rindang menghiasi jalanan kota Bandung yang kini dikenal macet.

Lantas akan seperti apakah kisah keduanya? Mampukah film Dilan 1990 melepas dahaga para pecinta film? Sanggupkah akting Iqbaal memukau para penonton dan mematahkan spekulasi bahwa dirinya tak pantas berperan sebagai Dilan?

Saksikan film Dilan 1990 di bioskop seluruh Tanah Air mulai 25 Januari 2018 mendatang. Sebelum filmnya resmi tayang, tidak ada salahnya untuk mengintip trailer-nya terlebih dahulu dan jangan lupa untuk selalu update berita terbaru mengenai film Indonesia hanya di Layar.id. Jangan sampai ketinggalan ya! (Edit/Claudia)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Popular

Kisah Persahabatan Anjing dan Manusia Yang Manis, Segera Tayang di Bioskop!

Film

Adipati Dolken Kembali Berperan dengan Sejuta Pesonanya dalam Film “Akhirat – A Love Story”!

Film

Kabar Baik, Klikfilm Bekerjasama dengan Tvn Movies dan Celestial Movies Lho!

Film

Premier Eksklusif Warkop DKI Reborn 4 Siap Tayang 25 September 2020

Film

Advertisement
Connect
Newsletter Signup