Film Indonesia

3 Pasangan Ikonik Film Romantis Indonesia, Salah Satunya Pasangan Nyata!

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

Kisah cinta memang selalu menarik untuk diangkat ke dalam layar lebar. Film ini selalu memunculkan pasangan ikonik yang mampu menyihir para penonton. Tak heran jika film romantis menjadi salah satu film dengan jumlah penggemar terbanyak di Indonesia.

Film romantis, tidak selalu menggambarkan manisnya menjalin hubungan. Tidak sedikit, cerita yang berakhir dengan sad ending. Ada banyak alasan orang menyukai kisah romansa. Namun, yang berada di urutan paling atas, karena kisah cinta sangat dekat dengan kehidupan manusia.

Diantaranya banyaknya film bergenre romantis yang ada, ada sejumlah film yang mendapatkan apresiasi sangat tinggi. Bahkan menjadi ikon pasangan romantis sepanjang masa. Uniknya, segelintir orang kerap menggunakan nama tokoh tersebut sebagai nama untuk buah hatinya.

Lantas, pasangan mana saja yang dianggap paling ikonik?

Rangga & Cinta

Jika di luar negeri sana ada pasangan Romeo dan Juliet, maka di Indonesia ada Rangga dan Cinta. Meski, pasangan ini merupakan tokoh fiksi, tapi sangat melekat kuat di hati para penonton.

Nama, Rangga dan Cinta sendiri mulai menjadi topik pembicaraan setelah film Ada Apa Dengan Cinta ditayangkan pada tahun 2002. Tak hanya berpusat pada hubungan antara Cinta dan Rangga yang penuh lika-liku, melainkan juga tentang arti persahabatan.

Pasangan Ikonik

Rangga dan Cinta – AADC

Pasangan Rangga dan Cinta dapat dikatakan hampir sempurna. Rangga, bertubuh tinggi dan sangat mencintai dunia sastra. Rangga jago membuat puisi, yang dijamin membuat siapa saja berdecak kagum. Sementara Cinta, gadis cantik yang dikelilingi 4 sahabat ini juga tak kalah hebat. Cinta sangat berbakat dan berprestasi di sekolah.

Meski pada awalnya, Cinta kurang menyukai Rangga karena merasa cemburu saat Rangga keluar sebagai juara menulis puisi, tapi lambat laun Cinta justru menaruh hati pada pemuda tersebut. Dengan segala daya tarik dan kecerdasan Rangga, Cinta benar-benar jatuh cinta.

Film Ada Apa Dengan Cinta menjadi tontonan yang tidak hanya menghibur, tetapi juga memberikan pengaruh positif pada dunia perfilman Indonesia. Tidak mengherankan, jika sekuel Ada Apa Dengan Cinta 2 pun terbilang sukses di pasaran.

Galih & Ratna

Pasangan ini merupakan tokoh utama dalam film Gita Cinta dari SMA yang pertama kali ditayangkan pada tahun 1979. Kala itu, film yang dibintangi oleh Rano Karno dan Yessi Gusman ini menjadi film dengan jumlah penonton terbanyak ketiga.

Kisahnya sendiri tentang pelajar SMA yang berprestasi. Baik Galih maupun Ratna sama-sama bintang kelas. Kepribadiannya pun baik. Singkatnya, Galih dan Ratna adalah murid teladan yang menjadi contoh bagi teman-temannya.

Galih dan Ratna – Gita Cinta dari SMA

Sayangnya, kisah cinta Galih dan Ratna ditentang oleh Ayahanda Ratna hanya karena Galih merupakan pemuda asal Sunda, sedangkan Ratna gadis Jawa. Sang Ayah kemudian menjodohkan Ratna dengan seorang pria yang berkuliah di Yogyakarta.

Meski kisah cinta keduanya sempat putus, tetapi berkat bantuan dari kakak Ratna dan teman-teman yang menyayanginya, Galih dan Ratna dapat bertemu secara diam-diam. Di malam perpisahan, Galih dan Ratna mendapat penghargaan sebagai murid terbaik.

Sayangnya, kisah cinta Galih dan Ratna tidak berakhir bahagia lantaran Ratna harus melanjutkan pendidikannya di Yogyakarta. Kendati demikian nama Galih dan Ratna menjadi pasangan ikonik hingga puluhan tahun berlalu.

Habibie & Ainun

Pasangan ikonik lain yang sangat menginspirasi penonton adalah Habibie dan Ainun. Berbeda dengan 2 film sebelumnya yang merupakan hasil karangan. Film Habibie dan Ainun diadaptasi dari kisah nyata B.J Habibie.

Film ini menceritakan perjalanan kisah cinta mantan presiden RI ketiga dengan almarhumah istrinya. Penonton akan diajak bernostalgia tentang bagaimana awal mula Habibie bertemu dengan Ainun, menjalin hubungan hingga menikah. Kisah cinta yang dikemas dengan sangat apik ini membuat penonton terbawa suasana.

Habibie dan Ainun versi Film

Tidak melulu menyuguhkan adegan mesra sepasang kekasih, ada beberapa adegan yang akan membuat penonton terpesona, terperangah, hingga meneteskan air mata karena haru dan sedih. Film ini menggambarkan betapa seorang Habibie sangat mencintai Ainun dengan begitu dalam. Bahkan hingga kematian menjemput sang istri tercinta, cinta Habibie pada Ainun tetap abadi. Tak ayal Habibie dan Ainun menjadi pasangan ikonik yang selalu terkenang dalam ingatan setiap orang.

Nah, itulah 3 pasangan ikonik dalam dunia perfilman Indonesia. Siapa favoritmu?

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top