Connect with us

Hi, what are you looking for?

Film Barat

Jim Carrey Ulang Tahun ke-60, Berikut 10 Film Terbaiknya

Jim Carrey
Jim Carrey (sumber Movs World)

Jakarta, Layar.id – Jim Carrey memiliki tempat tersendiri di Hollywood sebagai seorang aktor dan komedian. Aktor kelahiran 17 Januari 1962 ini baru saja merayakan ulang tahun ke-60-nya. Menurut Britannica, ia menghabiskan masa kecilnya di Toronto, Kanada dan menemukan bakat dalam mengatur ekspresi di usia 8 tahun.

Ia kemudian meninggalkan sekolah untuk bekerja mendukung keluarganya di tahun 1978. Ia pun memulai karirnya di dunia entertainment sebagai seorang stand up comedian saat berusia 15 tahun di klub Toronto. Di tahun 1979, ia sudah hidup sepenuh dari pekerjaan ini.

Karirnya di Hollywood dimulai saat ia berusia 19 tahun dengan berakting di film dan televisi. Tahun 1983, ia mendapatkan peran dalam film televisi Kanada Introducing…Janet. Namanya mulai terkenal setelah ia tampil dalam In Living Color, sebuah seri televisi komedi Amerika.

Setelah itu adalah deretan film-film yang berhasil mengangkat namanya sebagai aktor komedian Amerika. Bisa dibilang tahun 1994 adalah tahun untuk Jim Carrey. Baru-baru ini, ia juga tampil sebagai antagonis ikonik Dr. Robotnik dalam Sonic the Hedgehog. Berikut adalah 10 film terbaik Jim Carrey sepanjang karirnya.

  1. Bruce Almighty (2003)

bruce almighty

sumber small screen

Film ini merupakan hasil karya kawan lama Jim Carrey, sutradara Tom Shadyac yang kembali berhasil menampilkan sihir komedi si aktor. Tampil dalam film ini juga adalah Jennifer Aniston dan Morgan Freeman.

Bruce Almighty menceritakan tentang Bruce Nolan (Jim Carrey) yang selalu sial dan suka mengeluh kepada Tuhan. Akhirnya ia pun diberikan kemampuan untuk mengontrol segalanya. Tujuannya agar ia tahu seberapa sulit Tuhan mengatur dan menjalankan dunia ini.

  1. Ace Ventura: Pet Detective (1994)

ace ventura pet detective

sumber imdb

Film ini merupakan film pertama yang menaikkan nama Jim Carrey sebagai aktor film komedi. Tom Shadyac menjadi sutradara dan mengumpulkan aktris Courteney Cox, Sean Young, Tone Loc, legenda sepak bola Dan Marino, dan lain-lain untuk akting bersama.

FIlm ini bercerita tentang seorang detektif unik bernama Ace Ventura. Orang yang suka bercanda ini mengkhususkan dirinya dalam kasus-kasus hewan. Suatu hari, ia mendapatkan misi untuk mencari kembali mascot Miami Dolphins yang hilang.

  1. The Mask (1994)

the mask jim carrey

sumber comingsoon

The Mask juga satu dari 3 film yang menaikkan karir Jim Carrey di tahun 1994. Film ini disutradarai oleh Chuck Russell dan dibintangi oleh Cameron Diaz, Peter Riegert, dan lain-lain. FIlm ini juga memberinya kesempatan mendapatkan nominasi Golden Globe untuk lead actor comedy.

The Mask menceritakan seorang petugas bank biasa bernama Stanley Ipkiss. Suatu hari, ia mendapatkan sebuah topeng yang akan mengubahnya menjadi sosok tidak terduga. Ia menjadi memiliki banyak kemampuan aneh layaknya tokoh komik dan berbuat sesuka hatinya.

  1. The Cable Guy (1996)

the cable guy

sumber casey’s movie mania

Dalam The Cable Guy, Jim bekerja sama dengan Matthew Broderick dan sutradara Ben Stiller untuk sebuah kisah komedi thriller. Dikisahkan ada seorang tukang kabel yang kesepian bernama Chip Douglas (Jim). Ia berteman dengan pelanggannya Steven Kovacs (Matthew) dengan menawarkan channel premium secara gratis.

Namun seiring waktu, Steven mulai menolak menemani Chip dan Chip pun menjadi stalker gila. Saat Steven mulai sadar bahwa tukang kabel ini berbahaya, meyakinkan polisi dan orang-orang sekitarnya bukan hal mudah.

Baca juga: 5 Rekomendasi Film Stephen Chow dengan Rating Tertinggi

  1. I Love You Phillip Morris (2009)

i love you phillip morris

sumber little white lies

Film ini ditulis dan disutradarai oleh John Requa dan Glenn Ficarra. Banyak yang menganggap ini adalah usaha terakhir untuk mendapatkan Oscar. Film ini menceritakan Steven Russell (Jim) yang setelah kecelakaan hebat, memutuskan untuk hidup sebagai dirinya sendiri.

Ia pun mengakui sebagai gay, menceraikan istrinya, dan pindah ke California untuk hidup dengan kartu kredit dan cek palsu. Setelah tertangkap, ia jatuh cinta dengan teman satu selnya, Phillip Morris (Ewan McGregor). Bersumpah memberikan kehidupan yang baik untuknya, Steven mulai menyusun rencana kriminal baru.

  1. Dumb and Dumber (1994)

dumb and dumber jim carrey

sumber medium

Inilah film ketiga di tahun Jim Carrey 1994. Film ini disutradarai oleh Peter Farrelly yang juga menuliskan naskahnya bersama Bobby Farrelly dan Bennett Yellin. Carrey beradu akting bersama Jeff Daniels.

Kisahnya berpusat pada dua sahabat Lloyd Christmas (Jim) dan Harry Dunne (Jeff) yang menemukan sebuah koper berisi uang di mobil Harry. Tas ini milik Mary Swanson (Lauren Holly) dan mereka pun memutuskan ke Aspen Colo. untuk mengembalikannya.

Mereka tidak sadar koper uang itu merupakan bagian dari kasus penculikan. Akhirnya di antara kejaran polisi dan pembunuh bayaran, mereka pun mengalami ujian otak dan persahabatan.

  1. The Truman Show (1998)

the truman show

sumber amazon

Film ini merupakan karya sutradara Peter Weir yang menceritakan kisah hidup seseorang yang selalu dikelilingi kamera. Hidup Truman Burbank (Jim) merupakan bagian dari acara TV besar yang diatur oleh produser Christof (Ed Harris). Semua gerak gerik Truman direkam dengan kamera tersembunyi dan disiarkan di The Truman Show.

Christof bahkan mulai memengaruhi kehidupan Truman, termasuk dengan menghilangkan kekasihnya Sylvia (Natascha McElhone) dan digantikan oleh Meryl (Laura Linney). Truman mulai menyadari kebenaran ini dan akan membuat keputusan baru.

  1. Man on the Moon (1999)

man on the moon jim carrey

sumber Geeky Craze

Sutradara pemenang Oscar Milos Forman membimbing Jim Carrey memerankan kisah hidup komedian Andy Kaufman. Film ini menceritakan kisah hidup si komedian, termasuk bagian-bagian ikonik karirnya. Lewat film ini, Jim berhasil memenangkan Golden Globe lead actor comedy untuk kedua kalinya berturut-turut dan mendapatkan nominasi SAG satu-satunya sepanjang karir.

  1. Liar Liar (1997)

liar liar 1997

sumber acfl.com.au

Kembali disutradarai oleh Tom Shadyac, Jim Carrey berperan sebagai Fletcher Reede, seorang pengacara yang tidak etis dan ayah yang selalu mengecewakan putranya. Karena kebohongan dan fokusnya pada pekerjaan, istri Fletcher sudah meninggalkannya dan memilih pria yang lebih baik.

Suatu hari, si putra membuat keinginan agar sang ayah tidak berbohong selama 24 jam. Fletcher pun tiba-tiba menemukan ia tidak bisa berbohong. Padahal hari itu, ada sebuah pengadilan penting yang akan menentukan karirnya di masa depan.

  1. Eternal Sunshine of the Spotless Mind (2004)

eternal shunshine of the spotless mind

sumber the movie database

Film ini dibuat oleh sutradara Michel Gondry bersama dengan aktor terkenal Kirsten Dunst, Mark Ruffalo, dan Tom Wilkinson. Dalam film ini Clementine (Kate WInslet) memutuskan untuk operasi menghilangkan ingatan setelah putus dari pacarnya Joel (Jim). Saat Joel tahu Clementine berbuat sejauh itu untuk menghilangkan dirinya, ia juga memutuskan untuk melakukan operasi yang sama.

 

Sumber: Variety, Rotten Tomates, IMDb, Britannica
Foto: berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi layar.id.

Baca Juga

Film

Last updated on 14 Mei, 2022 Perhatian: Artikel ini memiliki SPOILER film Doctor Strange in the Multiverse of Madness Layar.id – Bila Pelayar sudah...

Berita Hiburan

Layar.id – Sebelum nonton Doctor strange 2 baiknya cek dulu daftar film dan serial Marvel Cinematic Universe (MCU) berikut ini, untuk mengingatkan kembali sampai...

Berita Hiburan

Last updated on 26 April, 2022 Jakarta, Layar.id – Fantastic Beasts 3 akan segera tayang mulai besok di Bioskop Indonesia. Petualangan baru Newt Scamander...

Berita Hiburan

Layar.id – Di antara berbagai macam acara penghargaan di Korea Selatan yang didedikasikan untuk pertunjukan hiburan yang luar biasa, Baeksang Arts Awards adalah salah...