Connect with us

Hi, what are you looking for?

Film Barat

5 Film Terbaik Bertema Jurnalistik, Wajib Ditonton

Layar.id – Jurnalistik merupakan profesi yang bertugas untuk menulis dan mengumpulkan informasi yang didapat, lalu dipublikasikan dalam bentuk berita untuk masyarakat luas. Mungkin profesi jurnalistik kurang diminati oleh masyarakat, terlebih profesi ini terkadang riskan dan berisiko disaat berhadapan dengan kasus-kasus yang berat. Tetapi hal itu bisa menarik perhatian dan menghibur khalayak ramai, seperti beberapa film di bawah ini. Berikut 5 rekomendasi film bertema jurnalistik.

1. The Insider (1999)


Film drama garapan Michael Mann ini menceritakan seorang jurnalis Lowell Bergman (Ai Pacino), yang mendapat informasi dari Jeffrey Wigand (Russel Crowe), salah satu staf pabrik perusahaan rokok di Amerika.

Disaat Lowell berusaha menyiarkan interview secara utuh dalam acara televisi 60 Minutes CBS, ia mendapat intervensi dari perusahaan rokok tersebut yang berusaha menggagalkannya.

Pihak perusahaan menghalangi Lowell karena takut akan mempengaruhi nama baik mereka. Film ini diadaptasi dari artikel Vanity Fair “The Man Who Knew Too Much” karya Marie Benner.

2. 5 Days of War (2011)


Film ini menggambarkan keadaan profesi jurnalis yang tidak jarang berisiko. Berlatar perang Rusia-Georgia, film ini menceritakan seorang jurnalis asal Amerika Thomas Anders (Rupert Friend), pada 2007 nyawanya diselamatkan oleh pasukan Georgia saat perang berlangsung.

Setahun kemudian pada 2008 ia kembali ke Los Angeles, California, tetapi segera kembali ke Georgia saat mendengar saran temannya bahwa di Tbilisi terjadi konflik besar. Bersama juru kameranya Sebastian Ganz (Richard Coyle) mereka pergi dan menyelidiki kondisi yang terjadi, dan bertemu seorang perempuan Georgia (Emmanuelle Chriqui) saat penyerangan terjadi di tengah perayaan pernikahan penduduk.

Mereka berjuang untuk bertahan hidup, sekaligus berusaha mengabarkan keadaan perang kala itu.

3. Kill the Messenger (2014)

Menceritakan kisah nyata jurnalis Gary Webb, film ini menceritakan keterlibatan CIA dalam mengimpor kokain dengan jumlah besar ke Amerika dan dijual di seluruh negeri untuk membiayai pemberontak Nikaragua.

Berlatar tahun 1996, Gary Webb (Jeremy Renner) mewawancarai pengedar narkoba Ronny Quail (Robert Patrick) yang marah karena asetnya disita pemerintah setelah ia bebas. Selanjutnya Gary mengumpulkan panggilan telepon yang dilakukan berulang kali oleh perempuan bernama Coral Baca (Paz Vega), yang mengatakan bahwa ia memiliki bukti dokumen penjualan yang disponsori oleh pemerintah, dan setuju untuk bertemu dengannya.

Setelah ia merilis pernyataannya di depan jaksa, hidup dan keluarganya berada dalam bahaya.

4. Nightcrawler (2014)


Louis “Lou” Bloom (Jake Gyllenhaal) yang mencari pekerjaan tidak sengaja melihat insiden tabrakan mobil ketika perjalanan pulang. Ketika seorang fotografer lepas Joe Loder (Bill Paxton) datang dan memfoto kejadian, ia berkata pada Lou bahwa ia menjual hasil foto mereka ke stasiun berita lokal.

Karena itulah ia terinspirasi untuk membeli kamera perekam dari hasilnya mencuri dan menggadaikan sepeda. Lou mulai menjalankan aksinya pada malam hari untuk mencari kejadian yang bisa direkamnya. Pada satu malam rekamannya menarik perhatian seorang direktur berita, Nina (Rene Russo) yang membutuhkan berita penting dan baru untuk siarannya.

Karena tergiur dengan bayaran yang besar, Lou mulai berambisi dan tanpa sadar hal itu membawanya ke dalam situasi yang berbahaya.

5. Bombshell (2019)


Megyn Kelly (Charlize Theron), Gretchen Carlson (Nicole Kidman), dan Kayla Pospisil (Margot Robbie) yang meniti karir mereka di stasiun televisi Amerika. Mereka mempunyai rahasia yang sama selama mereka berkarir di stasiun televisi tersebut, yaitu sama-sama pernah dilecehkan oleh pemimpin mereka, Roger Ailes (John Lithgow).

Gretchen yang awalnya menuntut Roger tidak mendapat dukungan dari siapa pun, terlebih ia belum lama dipecat dari posisinya sebagai pembawa berita. Megyn yang memiliki pengalaman sama akhirnya turut buka suara dan mencari korban yang lain, bahkan Kayla yang belum lama bekerja di stasiun televisi tersebut juga turut bersaksi sebagai korban.

Dikarenakan banyaknya dukungan yang mengalir, pengacara dari Gretchen akhirnya melanjutkan kasus ke ranah hukum. Hal itu membuat Rupert Murdoch (Malcolm McDowell) meminta Ailes untuk mundur dari jabatannya. Film ini diadaptasi dari kisah nyata skandal stasiun televisi Fox News pada tahun 2016 dan mendapat banyak sorotan di publik.

Sumber: dari berbagai sumber

 

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi layar.id.
Advertisement
Advertisement

Baca Juga

Film

Terakhir diperbarui 19 April, 2022 BONG JON HOO DAN FILM “PARASITE” MENCETAK SEJARAH FILM ASIA YANG BOYONG EMPAT SEKALIGUS PIALA OSCAR 2020. Layar.id –...

Film

Terakhir diperbarui 15 Mei, 2022 HAMPIR 30 TAHUN SEJAK FILM PERTAMANYA, KINI KEANU REEVES KEMBALI BINTANGI “BILL & TED FACE THE MUSIC”. Layar.id –...

Film

Terakhir diperbarui 19 April, 2022 Layar.id – Lionsgate baru saja merilis video teaser untuk film drama Bombshell yang bertabur bintang papan atas wanita Hollywood....

Film

FILM HOROR NETFLIX YANG AKAN DIBINTANGI JAKE GYLLENHAAL BERTAJUK VELVET BUZZSAW MERILIS TRAILER. Jakarta, Layar.id – Film terbaru Netflix yang dibintangi Jake Gyllenhaal dan...