Connect with us

Hi, what are you looking for?

Film Asia

Daftar Film Kung Fu Terpopuler di Indonesia

Film Kung Fu Terpopuler di Indonesia
Film Kung Fu Terpopuler di Indonesia | foto: Sony Pictures Releasing

Layar.id Film dengan genre bela diri merupakan salah satu genre yang cukup laris di pasar Indonesia.

Selain karena alur cerita yang bisa dinikmati siapapun, suntikan aksi bela diri pun menjadi bumbu yang sesuai.

Dengan Indonesia yang juga memiliki banyak bela diri khas, tentu mudah untuk menerima hiburan dengan tema bela diri. Salah satu bela diri dari luar negeri yang populer di Indonesia adalah kung fu.

Ilmu bela diri yang berasal dari negeri Tiongkok ini merupakan salah satu yang paling populer sedunia.

Berbagai macam turunan kung fu seperti shaolin, wing chun, dan tai chi juga cukup populer di luar negeri. Ini juga terbantu karena efek dari Hollywood.

Siapa yang tidak kenal sosok Bruce Lee. Pria inilah yang mempopulerkan wing chun ke seluruh dunia. Melalui kemampuan bela diri dan filmnya di Hollywood, Lee mampu menggaet lebih banyak penggemar untuk olahraga ini.

Baca juga: Rekomendasi Film Kung Fu dari 5 Aktor Laga Besar

Dalam dunia perfilman, umumnya film kung fu mayoritas masih merupakan buatan negara Asia Timur, utamanya Tiongkok dan Hong Kong. Sebagai negara asal dari kung fu, tentu mereka bisa membuat cerita senatural mungkin. Meskipun tidak perlu dipungkiri beberapa film kung fu memiliki aspek fantasi yang membuat ceritanya menjadi lebih seru.

Di Indonesia pun beberapa film bertema kung fu cukup populer bagi para penonton. Berikut ini beberapa judul film bertema kung fu yang digemari publik Indonesia.

1. Kung Fu Hustle

Kung Fu Hustle

Film Kung Fu terpopuler, Kung Fu Hustle | foto: Sony Pictures Releasing

Kung Fu Hustle merupakan film laga komedi dengan latar Tiongkok era 1940-an. Film ini mengisahkan perubahan sikap Xing (Stephen Chow) yang amat baik ketika kecil dan menjadi jahat bahkan kriminal ketika dewasa.

Kondisi ekonomi membuat Xing ingin menjadi anggota geng kapak merah yang dikuasai Sum (Danny Chan). Geng tersebut ingin mencoba menguasai kota dan menghabisi semua orang yang hendak menghalangi rencana mereka. Demi menjadi anggota, beberapa tantangan harus ia lalui

Sutradara: Stephen Chow

Pemeran: Stephen Show, Danny Chan, Yuen Wah, Yuen Qiu, Eva Huang, Leung Siu-lung

2. Shaolin Soccer

Shaolin Soccer

Film Kung Fu terpopuler, Shaolin Soccer | foto: Universe Entertainment Ltd.

Kisahnya mengikuti tokoh utama bernama Sing (Stephen Chow) yang memiliki tujuan hidup memperkenalkan seni kuno Kung Fu Shaolin ke dunia modern.

Namun, setelah gagal mempromosikannya, secara tidak sengaja Sing bertemu Fung (Ng Man Tat) hingga keduanya membentuk aliansi. Fung menawarkan sepak bola sebagai jawaban atas masalahnya. Tanpa ragu, Sing setuju dan mulai bergegas membentuk tim sepak bola terhebat sepanjang masa.

Sutradara: Stephen Chow

Pemeran: Stephen Chow, Zhao Wei, Ng Man-tat, Patrick Tse, Danny Chan Kwok-kwan

Baca juga: 5 Rekomendasi Film Stephen Chow dengan Rating Tertinggi

3. Police Story

Police Story

Film Kung Fu terbaik, Police Story | foto: Golden Harvest

Salah satu atau mungkin film terbaik dari Jackie Chan, ini merupakan edisi pertama dari total 7 film pada franchise Police Story.

Menceritakan tentang Chan Ka-kui (Jackie Chan), polisi yang melindungi kekasih seorang bos mafia sekaligus informan baginya. Ia kemudian dituduh membunuh seorang polisi korup dan melarikan dirinya. Iapun berusaha untuk membersihkan namanya dari kasus ini.

Sutradara: Jackie Chan

Pemeran: Jackie Chan, Brigitte Lin, Maggie Cheung, Chor Yuen, Charlie Cho

4. Crouching Tiger, Hidden Dragon

Crouching Tiger Hidden Dragon

Film Kung Fu Crouching Tiger, Hidden Dragon | foto: Sony Pictures Releasing

Li Mu Bai (Chow Yun-fat) adalah pendekar pedang Wudang yang jatuh hati kepada Yu Shu Lien (Michelle Yeoh), pemimpin pasukan keamanan. Namun, keduanya memilih memendam perasaan masing-masing karena Shu Lien telah bertunagan dengan Meng Sizhao, teman dekat Mu Bai.

Setelah sebuah insiden, Mu Bai kemudian pergi untuk mencari pedangnya yang tercuri. Setelah melacak pencurinya bersama Shu Lien, mereka bertemu dengan Jade Fox (Cheng Pei-pei), yang dulu membunuh guru Mu Bai. Di situlah Mu Bai menemukan alasan sebenarnya Jade Fox memilih membunuh gurunya.

Sutradara: Ang Lee

Pemeran: Chow Yun Fat, Mihcelle Yeoh, Zhang Ziyi, Cheng Pei-pei, Chang Chen, Lang Sihung

5. Ip Man

Ip Man

Film Kung Fu Ip Man | foto: Mandarin Films

Seperti Police Story, Ip Man merupakan serial film yang sangat populer di Indonesia. Dari empat film yang ada di franchise ini, bisa dibilang semuanya sama-sama populer di kalangan pecinta film kung fu.

Semua film ini berpusat pada cerita Ip Man (Donnie Yen) mulai dari awal kehidupannya hingga ia meninggal. Film pertama sendiri menceritakan kehidupannya di Foshan pada jaman penjajahan Jepang. Ia juga baru memulai membuat perguruan wing chun miliknya.

Di film kedua, ketiga, dan keempat, diceritakan bagaimana petualangan Ip Man bertemu dan melawan banyak orang dari latar belakang berbeda sampai akhirnya ia meninggal karena kanker.

Sutradara: Wilson Yip

Pemeran: Donnie Yen, Sammo Hung, Lynn Hung

 

Sumber: Berbagai sumber

Foto: Berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi layar.id.
Advertisement
Advertisement

Baca Juga

Film

Layar.id – Sobat Layar mungkin sudah tak asing lagi dengan aktor asal Tiongkok bernama Donnie Yen. Aktor yang lahir di Guangzhou, Republik Rakyat Cina...

Aktor/ Aktris

Jakarta, Layar.id – Bicara soal film aksi, film kung fu dari negara Tirai Bambu adalah salah satu genre yang digemari seluruh dunia. Berbeda dengan...

Aktor/ Aktris

Jakarta, Layar.id – Stephen Chow adalah aktor komedi legendaris dari Hong Kong. Film-filmnya sudah menemani masa muda orang tua dan juga masa kecil anak-anak....

Film

Terakhir diperbarui 1 September, 2022 RAJA KOMEDI HONG KONG STEPHEN CHOW YANG TERKENAL DENGAN FILM KUNG FU HUSTLE MENGUMUMKAN KERJASAMA BARU DENGAN TENCENT. Jakarta,...