Connect with us

Hi, what are you looking for?

Berita Hiburan

Mengenal Siti Raham, Istri Buya Hamka yang Diperankan Laudya Chintya Bella

Laudya Chintya Bella sebagai Siti Raham
Siti Raham diperankan oleh Laudya Chintya Bella (kanan) dalam film Buya Hamka (sumber: @laudyachintyabella/Instagram)

Layar.id Film Buya Hamka akan tayang dalam waktu dekat. Tepatnya pada tanggal 20 April 2023, yang juga merupakan bulan suci ramadan sekaligus berdekatan dengan bulan syawal.

Film ini tentu menarik perhatian banyak orang karena akan menceritakan kisah hidup seorang ulama terkenal, Buya Hamka. Selain seorang ulama, beliau adalah sastrawan yang menghadirkan kisah-kisah menarik dalam karyanya, salah satunya adalah Tenggelamnya Kapal Van der Wijck.

Buya Hamka juga akan menghadirkan pemain papan atas seperti Vino G. Bastian, Laudya Chintya Bella, dan beberapa bintang lainnya.

Vino akan memerankan Buya Hamka, sedangkan Laudya Chintya Bella akan berperan sebagai istri dari Buya Hamka, Siti Raham.

Baca juga: Daftar Pemeran Film Buya Hamka

Sosok istri bagi Buya Hamka tentu memiliki sisi menarik untuk diceritakan. Namun siapakah Siti Raham sebenarnya?

Profil Siti Raham

Laudya Chintya Bella sebagai Siti Raham dalam Buya Hamka

Laudya Chintya Bella sebagai Siti Raham dalam Buya Hamka (sumber: instagram/laudyachintyabella)

Siti Raham memiliki nama asli Siti Raham binti Rasul Endah Sutan. Beliau merupakan anak kedua dari empat bersaudara yang lahir pada tahun 1914.

Keberadaan Siti Raham dalam kehidupan Buya Hamka memberikan dampak yang luar biasa. Ketabahan beliau dalam mengarungi bahtera rumah tangga yang sulit, disertai zaman penjajahan yang belum selesai, tentu patut ditiru.

Menikah dengan Buya Hamka

Pernikahan antara Siti Raham dengan Buya Hamka tidak terlalu spesial. Mereka menikah pada tahun 1929, lebih tepatnya pada tanggal 15 april.

Buya Hamka meminang Siti Raham saat mereka masih cukup muda. Saat itu, Buya Hamka berusia 21 tahun sedangkan Siti Raham masih berusia 15 tahun.

Terdapat selisih cukup panjang antara usia Siti Raham dengan Buya Hamka saat itu, yakni 6 tahun.

Bahtera rumah tangga yang dilalui oleh Siti Raham dan Buya Hamka bukanlah jalan yang mudah.

Suka duka yang terjadi dalam biduk rumah tangga antara Buya Hamka dengan Siti Raham terjadi silih berganti. Ulama ini tak salah memilih Siti Raham sebagai pendamping hidupnya, karena pada diri sang istri terdapat motivasi yang kuat baginya.

Kehidupan yang prihatin dalam perkara ekonomi tak membuat cinta di antara mereka berdua goyah dengan mudah. Suasana hidup dalam kemiskinan membuat sekeluarga harus bergantian untuk sembahyang, karena di rumah hanya ada sehelai kain.

Kehadiran anak ketiga dari rahim sang istri adalah puncak kemiskinan keluarga Hamka. Rusydi Hamka, sang anak ketiga, dilahirkan di dalam kamar asrama, Kulliyatul Mubalighin, Padang Panjang pada tahun 1935.

Meski dalam kondisi yang memprihatinkan, tak lantas membuat Siti Raham meninggalkan Buya Hamka. Harta-harta yang tersimpan olehnya dijual untuk kebutuhan sehari-hari.

Kalung-kalung, gelang emas, hingga batik yang dimiliki oleh Siti Raham dijual dengan harga di bawah pasar guna membeli beras atau uang sekolah anak-anak.

Siti Raham memanggil Buya Hamka dengan Angku Haji.

Suatu saat Buya Hamka menawarkan beberapa kain bugisnya untuk dijual. Namun, Siti Raham melarangnya. Hal itu dilakukan agar Buya Hamka tidak terlihat sebagai orang miskin.

Sikap tersebut menunjukkan betapa amanahnya seorang istri dari seorang ulama ini.

 

Sumber: berbagai sumber

Foto: @laudyachintyabella

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi layar.id.
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement

Baca Juga

Film Indonesia

Layar.id РFilm bertema biografi dan sejarah berjudul Buya Hamka bercerita tentang perjalanan hidup Abdul Malik Karim Amrullah atau dikenal dengan Buya Hamka. Secara keseluruhan...

Aktor/ Aktris

Layar.id – Layar Bioskop Indonesia akan menghadirkan film luar biasa pada ramadhan tahun ini. Sebuah karya yang mengangkat kisah salah satu ulama besar di...

Film Indonesia

Layar.id – Sosok yang terpandang dalam dunia muslim, Buya Hamka. Tokoh yang cerita hidupnya akan dijadikan film biopik Indonesia karya dari Fajar Bustomi. Buya...

Film Indonesia

Last updated on 29 Juni, 2022 Layar.id – Reza Rahadian baru saja tampil dalam film terbarunya berjudul Garis Waktu dengan lawan main Michelle Ziudith,...