Connect with us

Hi, what are you looking for?

Berita Hiburan

Fakta Unik Avatar: The Way of The Water

fakta unik avatar the way of water
Avatar: The Way of Water (sumber: @ad_illustrator/Instagram dan @reald3d/Instagram, 20th Century Studios)

Layar.id Avatar: The Way of The Water adalah film fiksi epik yang disutradarai oleh James Cameron dan diproduksi oleh Lighstorm Entertaiment dan TSG Entertaiment.

Avatar: The Way of The Water merupakan sekuel dari Avatar (2009). Sekuel ini telah rilis di bioskop pada tanggal 16 Desember 2022 (14 Desember 2022 di Indonesia).

Meski penampilannya seperti film animasi, namun sekuel ini dibintangi oleh aktris-aktor papan atas seperti Sam Worthington, Zoe Saldana, Stephen Lang, Joel David, Kate Winslet ,dan masih banyak lagi.

Baca juga: Avatar: The Way of Water Menjadi Film Berdurasi Terpanjang

Film ini mendapatkan respon yang cukup bagus. Terbukti hingga saat ini beberapa bioskop Indonesia masih menanyangkan aksi Jake Sully di Pandora.

Berikut beberapa fakta menarik yang ada di Avatar: The Way of Water.

1. James Cameron terinspirasi oleh suku di Indonesia

Dalam sebuah wawancara dengan National Geographic, James Cameron menyebutkan bahwa suku Metkayina yang menguasai lautan merupakan ‘suku’ hasil risetnya selama bertahun-tahun.

Ia menyebutkan bahwa suku Bajo (Sama-Bajau) di Indonesia adalah salah satu sumber inspirasi dalam menciptakan suku Metkayina.

Diketahui, suku Bajo dikenal sebagai komunitas yang tangguh di laut. Penduduk suku Bajo memiliki kemampuan menyelam di atas rata-rata. Bahkan sebagian besar mereka mampu menyelam tanpa peralatan selama 13 menit di dalam laut bahkan dengan kedalaman 60 m.

Baru-baru ini, Menteri Kemenparekraf, Sandiaga Uno, membagikan berita ini melalui akun pribadinya di akun instagramnya.

Baca juga: Pandora di “Avatar 2” Jauh Lebih Baik dari Film Pertama

avatar 2

(sumber: 20th Century Studios)

2. Butuh 13 tahun hingga Avatar:The Way of The Water rilis

Film Avatar yang pertama tayang pada tahun 2009. Sedangkan sekuelnya ini rilis pada 2022. Itu artinya jarak sekuel ini selama 13 tahun.

Proses syuting telah dimulai pada tahun 2017, namun sempat terhenti karena pandemi Covid-19. Baru kemudian dilanjutkan kembali pada 2020.

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, James Cameron selaku sutradara juga melakukan riset yang mendalam agar karakter suku Metkayina ini menjadi karakter yang tangguh. Sehingga wajar jika riset ini memakan waktu yang cukup lama dan berdampak pada proses produksi.

Diberitakan, proses pengambilan gambar utama untuk film Avatar 3 sudah selesai dan mendapatkan jadwal rilis pada 2024. Kali ini hanya memerlukan 2 tahun untuk sekuel berikutnya.

3. Menjadi film termahal sepanjang sejarah

Di film pertamanya, Avatar menjadi film termahal di tahunnya dengan total biaya produksi 237 juta dolar AS.

Kini, film sekuelnya juga menjadi film termahal dibandingkan dengan film-film lain yang rilis di bulan yang sama.

Dikutip dari The Hollywood Reporter, film Avatar: The Way of Water diperkirakan menghabiskan bujet 350 juta dolar AS sampai 400 juta dolar AS.

Teknologi dan teknik yang diaplikasikan dalam film ini yang mendorong biaya produksi film Avatar.

Salah satu adegan mengharuskan para kru dan pemain menggunakan teknik Underwater Motion Capture. Dimana teknik ini menggunakan 3,4 juta liter air.

Selain itu, penggunaan kamera super canggih dipilih James Cameron dalam pembuatan Avatar kedua ini. Kamera tersebut adalah Sony Venice, yang merupakan kamera film full-frame pertama dan diproduksi oleh Sony dan Lightstrom Entertaiment.

Pelayar bisa dapat melihat salah satu proses syuting yang dibagikan kanal 20th Century Studios UK di Youtube, berikut ini:

4. Butuh 2 Miliar Dolar AS untuk dianggap sukses

Dalam wawancara  dengan GQ Magazine, James Cameron mengungkapkan biaya produksi Avatar 2  yang besar menjadi “kasus bisnis terburuk dalam sejarah film”, namun tak memberikan angka pasti.

James menambahkan bahwa sekuel ini paling tidak perlu menempati posisi ketiga dan keempat film dengan pendapatan kotor terbesar sepanjang masa (tanpa menyesuaikan inflasi) agar balik modal.

Saat ini daftar film dengan pendapatan kotor terbesar adalah, posisi 4 Star Wars: The Force Awakens dengan 2,06 miliar dolar AS, dan posisi 3 ditempati Titanic dengan 2,18 miliar dolar AS.

Artinya, Avatar: The Way of The Water diharapkan dapat meraup box office lebih dari 2 miliar dolar AS.

Sementara posisi dua film dengan pendapatan kotor terbesar adalah Avengers: Endgame dengan 2,79 milar dolar AS dan posisi teratas di duduki oleh Avatar dengan 2,92 miliar dollar AS.

Per 21 Desember 2022, Avatar: The Way of The Water mengumpulkan 183 juta dolar AS box office lokal dan 426, 8 juta dolar AS box office internasional, dengan total seluruh dunia sebesar 609,8 juta dolar AS.

Dapatkah sekuel ini mengulang kesuksesan film pertamanya? Kita lihat saja.

Ikuti fakta unik film lainnya di layar.id! (Ari/Crs)

 

Sumber: berbagai sumber

Foto: 20th Century Studios, @ad_illustrator, @reald3d

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi layar.id.
Advertisement
Advertisement
Advertisement

Baca Juga

Berita Hiburan

Jakarta, Layar.id – Avatar: The Way of Water karya James Cameron mengerdilkan semua film Natal lainnya pada liburan akhir tahun 2022 dengan penjualan tiket...

Berita Hiburan

Layar.id – Reboot Terminator sedang dalam proses diskusi menurut penuturan James Cameron, sutradara yang berasal dari Kanada yang telah menyutradarai banyak film Hollywood. Dalam...

Film Barat

Terakhir diperbarui 14 November, 2022 Layar.id – Kisah manusia biru akan kembali lagi dengan durasi penanyangan yang lebih panjang. Film Avatar: The Way of...

Film Animasi

Terakhir diperbarui 1 November, 2022 Layar.id – Film dengan genre animasi sudah banyak bermunculan. Salah satu diantaranya adalah Avatar, karya dari sutradara James Cameron...