Connect with us

Hi, what are you looking for?

Berita Hiburan

Event POPCON ASIA 2018 Segera Digelar Di ICE BSD Pekan Depan

Event POPCON ASIA 2018 Segera Digelar Di ICE BSD Pekan Depan

Last updated on 19 September, 2018

SEBUAH EVENT BESAR BAGI PENGGIAT INDUSTRI KREATIF POP YAITU POPCON ASIA 2018 SEGERA DIGELAR.

Jakarta, Layar.id – Popcon Asia 2018 merupakan ajang festival budaya pop berskala internasional terbesar di Indonesia siap digelar pada akhir September nanti.

Sebuah ajang yang berisi konten dari industri kreatif, seperti komik, mainan, film, dan animasi ini akan digelar di ICE BSD, Tangerang Selatan. Dalam gelaran festival kali ini mengangkat tema, Clash of Pop.

POPCON Asia 2018 sudah diadakan sebanyak tujuh kali. Acara ini berskala international dan akan menyajikan banyak kegiatan sebagai bentuk dukungan bagi para kreator industri kreatif dan pop culture.

Melalui akun Facebooknya, Popcon Asia menyatakan bahwa perhelatan pop akbar tersebut akan digelar kembali pada tanggal 22 dan 23 September 2018 mendatang.

Tidak seperti tahun-tahun sebelumnya, perhelatan tahun ini akan digelar di Indonesian Convention Exhibition (ICE BSD).

Popcon Asia adalah platform untuk merayakan dan mengapresiasi para profesional, artist, dan kreator di bidang Industri kreatif, terutama komik, games, toys, film, dan animasi.

Tujuannya adalah untuk mendukung ekosistem industri kreatif, menjadi tempat untuk networking dan kolaborasi antara kreator, brand, pemerintah, media dan pemangku kepentingan lainnya.

Semuanya memiliki tujuan yang sama, yaitu untuk menumbuhkan industri kreatif se-Asia.

Tidak hanya itu saja, POPCON Asia 2018 juga akan memposisikan diri agar dapat menjadi wadah bagi para pelaku industri perfilman tanah air untuk bertemu dengan penonton dan fans.

Oleh karena itu, dalam festival ini panitia juga akan menghadirkan berbagai konten menarik dan akan ada beberapa film yang akan ditampilkan. Diantaranya adalah Dreadout, Dear Nathan Hello Salma, Foxtrot Six hingga Gundala.

ACARA TAHUNAN YANG LEBIH BESAR

 

Event POPCON ASIA 2018 Segera Digelar Di ICE BSD Pekan DepanBuat para penikmat film, terlebih yang menggandrungi semesta komik, tentu sudah tahu bahwa San Diego Comic-Con (SDCC) baru saja selesai digelar minggu lalu.

Acara tahunan yang berlangsung selama 4 hari tersebut, awalnya hannya berfokus pada buku komik serta film dan serial TV scifi.

Namun seiring berjalannya waktu, ia berevolusi menjadi konvensi entertainment terbesar di dunia.

Menjadi sebuah event yang mewadahi berbagai aspek budaya pop. Terdiri dari film dan TV dari berbagai genre, animasi, anime, manga, novel, sampai mainan dan video games.

Yenny Wangsawidjaja, Managing Director POPCON Inc menyampaikan mereka harus bisa mengakomoadi berbagai pihak terkait. Sehingga ajang ini bisa menjadi wadah bagi segenap pelaku industri kreatif tanah air khususnya pop culture.

Oleh karena itu penyelenggaraan POPCON Asia 2018 mencoba menggandeng pegiat & kreator, fans & penikmat. Juga, pemerintah serta tidak ketinggalan tentu saja brand yang memungkinkan adanya kolaborasi karya.

Dengan mengusung tema “Clash of Pop”, acara tahun ini dipastikan lebih besar dan meriah dibanding tahun-tahun sebelumnya.

BERBAGAI ACARA DIGELAR

Event POPCON ASIA 2018 Segera Digelar Di ICE BSD Pekan Depan

Seperti halnya dengan SDCC (San Diego), Popcon juga akan diisi dengan rangkaian acara seminar, panel, workshop, preview, serta pemberian awards untuk berbagai kategori.

Selain untuk merayakan budaya populer bersama para penggemar, Popcon juga punya tujuan yang positif.

Diantaranya adalah mendukung ekosistem industri kreatif dengan jalan memberi platform bagi para profesional, artist, dan kreator di bidang Industri kreatif. Terutama untuk komik, games, toys, film, dan animasi.

Jadi nanti bakal ada wadah yang memfasilitasi networking dan kolaborasi antara kreator, brand, eksibitor, pemerintah, media dan stakeholder lainnya.

Beberapa konten khas yang akan hadir dalam Popcon Asia 2018 adalah Doodle Art Battle, board game Tabletopia, eksibisi Popconnect, Popcon Cosplay Challenge, dan Popcon Awards.

Khusus untuk Popcon Cosplay Challenge, panitia telah menyiapkan hadiah senilai Rp 36 juta.

Tahun ini, untuk pertama kalinya akan menghadirkan panggung musik bertajuk #POPCONCERT. Dengan penampil The Adams, Goodnight Electric, dan White Shoes and the Couples Company di hari terakhir penyelenggaraan.

Bagi penggemar film, tak perlu risau karena seperti lazimnya SDCC yang juga kerap dijadikan sarana promo film yang akan tayang, demikian pula Popcon.

Tahun ini beberapa film yang akan hadir dengan materi promosi masing-masing, antara lain seperti Dreadout, Dear Nathan: Hello Salma, Foxtrot Six, dan Gundala.

Bahkan panitia akan mengekspansi slot Popcon Award, dari yang biasanya hanya komik, video online, dan games – kali ini menambahkan kategori Feature Film.

BINTANG TAMU

Event POPCON ASIA 2018 Segera Digelar Di ICE BSD Pekan Depan

POPCON Asia 2018 juga akan dihadiri oleh para nama besar POPSTAR. Kabarnya, tahun ini akan ada Kael Ngu (ilustrator dari Malaysia), Mico Suayan (artis komik dari Filipina).

Kemudian, Ronny Gani (founder Bengkel Animasi dan Senior Animator di Singapura) dan Monez Gusmang (ilustrator dari Bali yang jadi duta Apple Inc).

Kita semua tahu bahwa Kael Ngu, ilustrator asal Malaysia ini pernah mengerjakan kaver untuk komik Justice League dari DC Comics.

Sedangkan Mico Suayan, komikus Filipina pernah terlibat dalam penggarapan komik-komik Marvel.

Sedangkan Ronny Gani, pernah terlibat dalam film blockbuster Hollywood seperti Pacific Rim, Transformers: Age of Extinction, Warcraft, Ready Player One, dan Avengers: Infinity War.

Untuk bintang tamu lokal yang dihadirkan diantaranya Franki Indasmoro Sumbodo (Pepeng Naif) yang siap membawa komiknya.

Komikus si Juki Faza Meonk, kreator game Dreadout Rachmad Imron, dan desainer toys Paulus Hyu.

Ada juga bintang tamu penyanyi asal Jepang yang juga kerap menjadi seiyuu, Tetsuya Kakihara. Penggemar anime tentu sudah familiar sebab ia pernah mengisi suara untuk karakter Natsu di Fairy Tail.

Selain itu juga karakter Simon di Tengen Toppa Guren Lagann, Pegasus di Saint Seiya: Lost Canvas, Prompto di Final Fantasy XV, Toudou Jinpachi di Yowamushi Pedal, dll.

Tahun lalu Popcon kedatangan karakter Ranger Biru dari Power Rangers DinoCharge.

Tahun ini Popcon akan mengundang Ranger Merah dari film Power Rangers paling legendaris, yaitu Mighty Morphin Power Rangers. Pemerannya adalah Austin St John, yang memerankan karakter Jason.

KONTEN SPESIAL DAN UNIK

Ada banyak kejutan spesial di ajang POPCON Asia 2018 kali ini. Diantarnaya adalah akan ada konten spesial Tabletopia.

Tabletopia adalah sebuah arena yang bisa digunakan para pengunjung untuk bermain board game kreasi anak bangsa.

POPCON Asia 2018 juga akan menampilkan hal unik lainnya yaitu akan adanya pertandingan e-sports dan konser musik dari band seperti White Shoes and The Couple Company dan Goodnight Electric.

Selain itu, POPCON 2018 juga mengadakan Doodle Battle, Popconnect, POPCON Cosplay, POPCON Award, dan konser musik dari banyak musisi.

Nah.., jika tertarik untuk hadir dalam Popular Culture Convention Asia (POPCON Asia) langsung beli tiketnya di laman resmi Popcon.Asia.

Untuk harga tiket POPCON Asia 2018 (early bird) telah dibuka dari harga Rp 75.000 (satu hari) dan RP 130.000 (dua hari).

Catat tanggalnya di 22-23 September 2018. Jadi.., tinggal 5 hari lagi. Jangan sampai kelewatan dan segera beli tiketnya. Selamat berkunjung!

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi layar.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Baca Juga

Film

Last updated on 14 Mei, 2022 Perhatian: Artikel ini memiliki SPOILER film Doctor Strange in the Multiverse of Madness Layar.id – Bila Pelayar sudah...

Berita Hiburan

Layar.id – Sebelum nonton Doctor strange 2 baiknya cek dulu daftar film dan serial Marvel Cinematic Universe (MCU) berikut ini, untuk mengingatkan kembali sampai...

Berita Hiburan

Last updated on 12 Mei, 2022 Jakarta, Layar.id – Paruh pertama tahun 2022 yang mengejutkan telah memberi kita beberapa K-Drama yang luar biasa. mulai...

Berita Hiburan

Jakarta, Layar.id – Dalam sekejap mata, bulan April akan segera terlewati, dan memasuki bulan berikutnya Mei. Meskipun produktivitas adalah kunci kesuksesan, namun jangan lupa...