Connect with us

Hi, what are you looking for?

Drama China

3 Drama China Kriminal Menegangkan dari Novelis Ding Mo

Drama Ding Mo
Drama Ding Mo - Memory Lost, When a Snail Fall in Love (sumber sohu)

Jakarta, Layar.id – Berbicara tentang drama China kriminal dan detektif, novelis Ding Mo bisa dibilang mendominasi. Tiga drama yang diadaptasi dari novelnya berhasil masuk peringkat tinggi untuk jenis drama ini. Ketiga drama ini memiliki kesamaan, yaitu cerita terdiri dari deretan kasus-kasus yang harus dipecahkan oleh para tokohnya.

Namun ketiga drama China kriminal ini juga memiliki kesamaan, yaitu tokoh utamanya tergabung dalam kepolisian. Keunikan lain dari drama kriminal karangan Ding Mo adalah selalu memasukkan unsur teknik criminal profiling. Teknik yang menganalisa bukti dan tempat kejadian untuk membentuk gambaran profil pelaku ini sudah mulai populer bahkan di kalangan awam. Namun bukan berarti teknik ini menjadi sesuatu yang mudah diterapkan.

Penasaran dengan dramanya? Berikut adalah judul dan sinopsis singkat drama China kriminal dari Ding Mo:

Love Me If You Dare (2015)

Love Me If You Dare

Love Me If You Dare (sumber amazon UK)

Drama ini diadaptasi dari novel Ding Mo yang berjudul Close Your Eyes, Stay Close to Me. Kisah di dalamnya fokus pada seorang profesor psikologi kriminal di Universitas Maryland bernama Bo Jin Yan atau nama inggrisnya Simon (Wallace Huo). Ia sering diminta tolong oleh polisi untuk menyelidiki kasus pelik dan memakai kemampuannya untuk menebak pikiran pelaku. 

Suatu hari, ia mencari seorang asisten dan penerjemah selama di China. Suatu hari, Jenny atau nama China Jian Yao (Sandra Ma) datang dan lolos tes kerjanya. Jian Yao yang dari awal merasa aneh dengan tugas penerjemah ini akhirnya tahu sebenarnya ia bertugas sebagai asisten Bo Jin Yan dalam menangani kasus sulit.

Lama kelamaan, ia pun mulai belajar psikologi kriminal dan mulai membantu penyelidikan kasus Bo Jin Yan. Tidak hanya itu, semakin banyak waktu yang dihabiskan bersama, mereka juga semakin tertarik satu sama lain. Namun tanpa mereka ketahui, seorang kriminal jahat juga mulai mengincar mereka.

Baca juga: Kisah Nyata di Balik Silenced: Sekolah Difabel Sarang Kejahatan

When a Snail Falls in Love (2016)

When a Snail Falls in Love

When a Snail Falls in Love (sumber oh press)

Drama satu ini menampilkan kisah cinta di antara dua polisi. kisahnya diadaptasi dari novel Ding Mo yang berjudul sama. Dikisahkan detektif polisi Ji Bai (Wang Kai) mendapatkan dua anggota baru dalam timnya. Salah satunya adalah polwan lulusan baru criminal profiler bernama Xu Xu (Wang Zi Wen).

Xu Xu memiliki kemampuan profiling yang bagus dengan pengamatan yang detail. Ia juga pandai menebak pikiran orang. Namun ia sulit berinteraksi dengan orang lain. Meskipun demikian, bukan itu alasan Jin Bai tidak menyukai anggota baru ini. Xu Xu memang bertalenta dalam profiling, tetapi kemampuan fisiknya sangat rendah.

Namun lama kelamaan, mereka mulai terkesima dengan keunggulan satu sama lain dan mulai bekerja sama dengan baik. Pasangan guru dan murid ini pun mulai tertarik satu sama lain di tengah penyelidikan kasus mereka. 

Memory Lost (2016)

Memory Lost 3

Memory Lost 3 (sumber fixdrama)

Polisi berbakat Han Chen (Bai Yu) kehilangan tunangannya 5 tahun lalu bersama dengan ingatannya. Saat semua orang berkata tunangannya telah meninggal, ia tidak percaya dan terus mencari. Saat ditugaskan ke kota lain, ia bertemu dengan polwan Bai Jin Xi (Yang Rong), polwan ceria dengan kemampuan criminal profiling seperti tunangannya.

Bai Jin Xi kemudian dipindahkan ke tim Han Chen yang terdiri dari mereka berdua. Xiao Zhu An, Cold Face, dan Prate dengan nama tim Black Shield. Bersama, mereka bekerja sama memecahkan kasus peluk hingga muncul kelompok kriminal misterius dengan kode nama alfabet.

Mereka terus berlawanan untuk menyelamatkan nyawa masyarakat dari ancaman serangan mereka. Lama kelamaan, misteri di balik ingatan Han Chen dan Bai Jin Xi yang hilang juga mulai terkuak. Tidak hanya tentang mereka berdua, tetapi juga kelompok kriminal misterius ini. 

Drama ini terdiri dari 3 season. Season pertama diakhir dengan kemunculan anggota pertama kelompok alfabet dengan kode T. Selain itu, Han Chen juga sudah tahu Bai Jin Xi adalah tunangan yang dicarinya. Namun ingatan mereka sama-sama hilang dan hal ini berhubungan dengan kasus yang mereka selidiki saat itu.

Di season kedua, T mengundang tim Black Shield dalam sebuah permainan mematikan dengan nyawa warga sebagai taruhan. Hingga di akhir season, semua anggota kelompok kriminal alfabet menunjukkan identitas mereka. Namun masih ada 1 orang misterius lagi yang merupakan si tokoh pemimpin. Siapa dia dan apa tujuannya?

 

Itulah 3 drama China bertema kriminal yang diadaptasi dari novel karangan Ding Mo. Setiap kasus yang diangkat memiliki keunikan dan plot twist masing-masing. Digabungkan dengan kisah romansa dengan kadar yang pas, tidak heran novelnya banyak diadaptasi dan banyak disukai. 

 

Sumber: MyDramaList
Foto: berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi layar.id.

Baca Juga

Drama China

Layar.id – Bakal tayang tanggal 22 April mendatang, drama China Will Love in Spring menjadi drama yang pantang untuk kamu lewatkan. Apalagi drama ini...

Drama China

Layar.id – Hana Lin dan Pan Yi Hong akan beradu peran dalam drama China bergenre wuxia yang telah tayang pada 18 Januari 2024 di...

Drama China

Layar.id – Siapa nih yang suka maraton nonton drama China? Yang setiap hari nonton drama China sampai lupa waktu? Kalian pasti sudah menunggu dan...

Drama China

Layar.id – Di bulan Oktober 2023, untuk kalian para pecinta drama dari Negeri Tirai Bambu, China, kalian pasti menunggu drama mini series yang satu...